Siapa Sangka, Makan Kiwi Ternyata bisa Bikin Mood Membaik


 Siapa Sangka, Makan Kiwi Ternyata bisa Bikin Mood Membaik

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Siapa sangka, buah Kiwi ternyata bisa mengangkat mood hanya dalam waktu empat hari setelah dikonsumsi. Para peneliti baru-baru ini menemukan fakta, mengonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan suasana hati dan vitalitas hanya dalam waktu empat hari, dan mencapai manfaat puncaknya sekitar dua minggu.

Selama ini, pola makan sehat yang kaya buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah-buahan, khususnya vitamin C, berkontribusi besar terhadap kesehatan mental.Vitamin C membantu dalam mensintesis neurotransmiter, dan hormon peptida serta mengkatalisis beberapa enzim penting untuk menjaga kesehatan fungsi otak, termasuk suasana hati.

Namun, penelitian yang dilakukan masih terbatas tentang seberapa cepat suasana hati membaik setelah mengonsumsi suplemen vitamin C atau sumber makanan utuh.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut, dengan menganalisis data survei yang dikumpulkan selama studi intervensi dietyang dilakukan sekitar delapan minggu. Survei tersebut mengamati perubahan harian dalam vitalitas, suasana hati, dan kesehatan pada 155 orang dewasa yang direkrut dengan kadar vitamin C rendah.

Sebagian peserta diberi suplemen vitamin C setiap hari, dan sebagian lagi diberi dua buah kiwi. Mereka kemudian diminta melaporkan vitalitas, suasana hati, pertumbuhan, kualitas tidur, kuantitas tidur, dan aktivitas fisik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi buah kiwi meningkatkan vitalitas dan suasana hati dalam waktu empat hari, dan manfaatnya mencapai puncaknya sekitar 14 hingga 16 hari. Para peserta juga menunjukkan peningkatan pertumbuhan sejak hari ke-14. Sementara itu, peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin C menunjukkan sedikit peningkatan hingga hari ke-12.

“Studi kami menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi, dan pada tingkat yang lebih rendah, suplementasi vitamin C, dapat menyebabkan perbaikan suasana hati dalam jangka waktu yang relatif singkat. Bahkan pada populasi yang relatif sehat dengan kesehatan mental yang baikkonsumsi buah kiwi menunjukkan peningkatan yang lebih besar dan lebih konsisten dari waktu ke waktu dibandingkan dengan vitamin C," tulis para peneliti.

Dr Ben Fletcher, penulis utama dalam penelitian itu menyebutkan bahwa, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa apa yang dikonsumsi bisa berdampak pada perasaan seseorang.

Peserta kami memiliki kesehatan mental yang relatif baik, sehingga hanya memiliki sedikit ruang untuk perbaikan. Namun tetap saja masih melaporkan manfaat dari intervensi buah kiwi atau vitamin C. Karena itu, kami mendorong pendekatan holistik terhadap nutrisi dan kesejahteraan, memasukkan berbagai makanan kaya nutrisi ke dalam pola makan Anda,” ujar Fletcher.

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lifestyle Terbaru