Anda Diabetes? 10 Obat Herbal ini Penting untuk Diketahui


 Anda Diabetes? 10 Obat Herbal ini Penting untuk Diketahui Obat alami diabetes yang dianggap mampu mengendalikan penyakit diabetes. (ciputrahospital.com)

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang paling umum bagi masyarakat Indonesia. Penyakit diabetes terjadi akibat tingginya gula darah dalam tubuh seseorang. Penyebab diabetes banyak, seperti faktor keturunan, pola hidup yang kurang sehat, dan obesitas. Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Salah satu cara untuk dapat mengobati dan mengendalikan gejala diabetes adalah dengan menggunakan obat herbal diabetes. Selain tentunya tetap berobat ke dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan/menambah obat herbal, karena sifat dari penyakit diabetes yang tidak bisa sembuh, namun dapat dikendalikan (mengendalikan gula darah).

Bagi masyarakat Indonesia, menggunakan obat alami atau herbal masih sering menjadi pilihan utama. Pasalnya, obat alami dianggap lebih aman dan ampuh dalam mengobati berbagai penyakit. Lalu, apa saja obat alami diabetes yang dianggap mampu mengendalikan penyakit diabetes?

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal memiliki segudang manfaat. Kebanyakan orang hanya mengetahui lidah buaya baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Padahal, manfaat lain dari lidah buaya dapat mengurangi kadar gula agar tidak tinggi. Selain itu, lidah buaya juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar lemak. Kandungan lektin, mannans, dan antrakuinon dalam lidah buaya juga dipercaya dapat membantu meringankan luka diabetes. Senyawa aktif tersebut akan meredakan pembengkakan serta mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah alami yang berasal dari kulit pohon. Kayu manis banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam permen atau makanan manis lainnya. Dibalik manfaatnya sebagai bahan makanan. Ternyata kayu manis juga dapat digunakan sebagai obat alami diabetes. Kayu manis dianggap dapat menurunkan risiko resistensi insulin, menurunkan glukosa setelah makan, dan mengurangi lemak dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi kayu manis 1-6 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah agar tidak tinggi. Untuk memanfaatkannya, Anda dapat mencampurkan kayu manis dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi setiap harinya.

  1. Pare

Negara lain, seperti China dan India menggunakan sayur pare selama berabad-abad sebagai obat tradisional. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sayur pare dipercaya dapat membantu mengatasi gejala diabetes yang muncul. Sayur pare yang dikonsumsi akan membantu menurunkan kadar gula darah agar tidak naik. Sayur pare dapat Anda konsumsi dalam bentuk jus, olahan sayur, atau suplemen.

  1. Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Mediterania. Fenugreek sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami mengatasi berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Biji dari tanaman fenugreek dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Fenugreek mengandung banyak serat dan bahan kimia yang dapat membantu memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan gula. Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa biji fenugreek dapat membantu menunda dan mencegah timbulnya diabetes tipe 2. Oleh karena itu, fenugreek dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan obat alami diabetes. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa membuatnya menjadi ramuan, menambahkan dengan air hangat atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

  1. Jahe

Jahe adalah ramuan alami yang telah digunakan orang selama ribuan tahun lalu sebagai obat. Kebanyakan orang memanfaatkan jahe sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar gula darah selama 3 bulan. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa jahe dianggap dapat membantu mengobati diabetes. Anda dapat menjadikan jahe sebagai obat alami diabetes dengan cara diseduh bersama air hangat, menambahkan bubuk jahe ke dalam masakan atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Obat alami diabetes

Sebaiknya tetap berobat ke dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat herbal.

  1. Gymnema

Tanaman gymnema adalah tanaman rambat yang berasal dari hutan tropis di India. Tanaman rambat ini dikenal dapat dijadikan sebagai obat diabetes. Karena ampuh untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes 1 dan 2. Sebuah tinjauan tahun 2013 yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 1 dan 2 menunjukkan adanya tanda-tanda perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, tanaman ini disebut dengan “penghancur gula” bagi penderita diabetes. Anda dapat memanfaatkannya sebagai ekstrak untuk di diseduh dengan air hangat.

  1. Ginseng

Ginseng juga dipercaya dapat menjadi obat alami diabetes. Kandungan alami ginseng bermanfaat untuk mengatur penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah nya naik. Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa ginseng dapat secara signifikan meningkatkan kontrol gula darah dan glukosa puasa dengan meningkatkan sensitivitas insulin tubuh Anda. Oleh karena itu, ginseng dianggap dapat digunakan sebagai obat alami diabetes. Anda bisa memanfaatkan ginseng mulai dari akar, buah, dan daunnya sebagai obat herbal.

  1. Jintan Hitam

Jintan hitam atau dikenal dengan habbatussauda juga dianggap mampu menjadi obat alami penyakit diabetes. Jintan hitam diketahui memiliki antioksidan yang mampu mengendalikan kadar gula darah, sehingga dianggap dapat membantu menurunkan jumlah gula darah puasa, gula darah sesudah makan, dan HbA1c. Selain itu, antioksidan dalam jintan hitam juga membantu proses produksi sekresi insulin. Dengan manfaat tersebut, jintan hitam dapat dijadikan obat alami diabetes. 

  1. Kunyit

Selain banyak digunakan sebagai penyedap makanan, kunyit juga dianggap dapat membantu mengatasi penyakit diabetes. Sebuah penelitian yang dikutip dalam jurnal Diabetes Care. Menunjukkan bahwa mereka yang mengalami prediabetes dan rutin mengkonsumsi 1.5 gram kunyit setiap hari selama 9 bulan dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kunyit setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar gula darah hingga 18%. Selain itu, kunyit juga dapat membantu mencegah agar diabetes yang Anda alami tidak mengalami komplikasi. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan antioksidan di dalam kunyit.

  1. Bawang Merah

Bawang merah dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menjadi obat alami diabetes. Bawang merah dipercaya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Sebuah studi dalam jurnal Environmental Health Insight yang dilakukan pada penderita diabetes. Menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi bawang merah 100 gram per hari dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan dalam bawang merah juga membantu meningkatkan kadar insulin tubuh.

Anda tetap perlu mencari saran dokter sebelum menggunakannya untuk mencegah terjadinya kondisi yang tidak diinginkan, misalnya komplikasi atau kondisi lain seperti rendahnya kadar gula dari normal. Semoga bermanfaat. (Diolah dari berbagai sumber)

 

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Herbal Medicine Terbaru