Wow! Pensiun Asyik tanpa Panik


 Wow!  Pensiun Asyik tanpa Panik Ilustrasi: Pensiun asyik tanpa panik. (DPBCA)

Oleh: Muljono, M.Ak, M.H, CFP®

Pensiun sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi banyak karyawan saat ini. Survey HSBC tahun 2019 juga mengatakan bahwa 9 dari 10 karyawan tidak siap pensiun. Bayangan hidup tanpa penghasilan tetap, ketidakpastian finansial, ketidakpastian aktivitas , harga diri dengan lingkungan  dan kekhawatiran akan kesehatan di masa tua bisa membuat siapa saja panik.

Namun, sebenarnya, pensiun bisa menjadi fase hidup yang asyik dan menyenangkan jika semuanya dipersiapkan dengan baik untuk tiba saatnya pensiun. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan pensiun Anda penuh dengan kegembiraan dan bebas dari kecemasan.

  1. Rencanakan Keuangan Anda Sejak Dini

Mulailah menyisihkan dana  untuk dana pensiun sedini mungkin. Semakin awal Anda mulai, semakin besar dana yang dapat Anda kumpulkan melalui bunga majemuk atau capital gain atau hasil usaha. Buatlah anggaran pengelolaan keuangan yang mencakup pendapatan, pengeluaran harian, proteksi, dan investasi. Manfaatkan berbagai produk investasi seperti saham, obligasi, dan reksa dana untuk memperbesar dana pensiun Anda.

  1. Manfaatkan Program Pensiun Perusahaan

Jika perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan program pensiun, manfaatkan sepenuhnya. Banyak perusahaan yang memberikan kontribusi tambahan ke dana pensiun karyawan mereka, yang dapat secara signifikan menambah dana pensiun Anda. Pastikan Anda memahami ketentuan dan manfaat dari program ini.

  1. Rencanakan Proteksi

Kesehatan adalah aset terbesar Anda. Seiring bertambahnya usia, biaya kesehatan cenderung meningkat. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan yang memadai sangat penting. Pilihlah polis yang mencakup berbagai kebutuhan medis, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan jangka panjang.

  1. Diversifikasi Sumber Pendapatan

Jangan hanya mengandalkan satu sumber pendapatan saat pensiun. Cobalah untuk memiliki beberapa sumber pendapatan pasif seperti properti sewaan, dividen dari investasi saham, atau bahkan usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah. Diversifikasi ini akan membantu Anda tetap stabil secara finansial.

  1. Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Menjaga kesehatan fisik dan mental sangat penting agar pensiun Anda menyenangkan. Lakukan olahraga secara teratur, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan tetap aktif secara sosial. Bergabunglah dengan komunitas atau klub yang sesuai dengan minat Anda untuk menjaga koneksi sosial dan mencegah perasaan kesepian.

  1. Pelajari Keterampilan Baru

Pensiun adalah waktu yang tepat untuk mengejar hobi dan minat baru. Pelajari keterampilan baru yang selalu Anda inginkan tetapi tidak pernah punya waktu saat bekerja. Ini tidak hanya memberikan rasa pencapaian tetapi juga menjaga pikiran Anda tetap tajam dan aktif. Dan juga harapan dapat menjadi peluang penghasilan tambahan.

  1. Rencanakan Karir Kedua

Buatlah rencana dengan sumber daya yang Anda miliki, seperti : tenaga, waktu, pengetahuan, pengalaman, kreatifitas bahkan relasi yang dapat dikolaborasikan agar dapat bermanfaat bagi orang banyak dan menambah produktifias, aktifitas serta tetap berpenghasilan.

  1. Rencanakan Aktivitas

Buatlah daftar kegiatan dan tujuan yang ingin Anda capai selama pensiun. Ini bisa berupa perjalanan, proyek sukarela, atau bahkan menulis buku. Memiliki rencana aktivitas akan memberi Anda sesuatu untuk dinantikan dan membantu menjaga semangat hidup dan mempunyai manfaat bagi banyak orang.

  1. Pertimbangkan Lokasi Pensiun

Pikirkan juga tentang tempat Anda ingin menghabiskan masa pensiun Anda. Beberapa daerah mungkin menawarkan biaya hidup yang lebih rendah, akses kesehatan yang lebih baik, atau iklim yang lebih sesuai dengan preferensi Anda. Pertimbangan ini dapat berdampak besar pada kualitas hidup Anda di masa pensiun.

Dengan perencanaan pensiun  yang tepat dan sikap yang positif, pensiun bisa menjadi fase hidup yang penuh dengan petualangan baru dan kebahagiaan. Inilah dinamika hidup yang harus dilewati dengan bertindak dan berpikir positif.  Jadi, siapkan diri Anda sejak sekarang dan nikmati pensiun yang asyik tanpa panik!

Editor : Farida Denura
Penulis : Muljono, M.Ak, M.H, CFP

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Finansialku Terbaru