Generasi Sandwich Perlu Tahu Langkah Bijak Mengatur Keuangan


 Generasi Sandwich Perlu Tahu Langkah Bijak Mengatur Keuangan Generasi Sandwich adalah orang yang harus menanggung biaya hidup orang tua dan istri serta anak-anaknya. (Hai Bunda)

GENERASI Sandwich adalah orang yang harus menanggung biaya hidup orang tua dan istri serta anak-anaknya. Mereka berada di antara dua generasi yang memerlukan perhatian dan tanggung jawab dalam hal finansial.

Oleh karena banyaknya tanggung jawab tersebut, mereka sering kali sulit memenuhi kebutuhan finansialnya sendiri dan anak-anaknya. Mereka berada di antara dua generasi yang memerlukan perhatian dan tanggung jawab dalam hal finansial. Mereka sering kali sulit memenuhi kebutuhan finansialnya sendiri.

Dikutip dari website Kompas.id, hasil survei Litbang Kompas pada bulan 2022 menyatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang tergolong generasi sandwich mencapai 67 persen atau sekitar 56.000.000 jiwa penduduk usia produktif. Inilah pentingnya mengatur keuangan bagi generasi sandwich, yaitu agar generasi di bawah Anda tidak perlu mengalami kondisi yang sama.

Generasi Sandwich harus mencari cara untuk memenuhi kebutuhan keuangan dari kedua generasi sehingga mengalami kesulitan untuk menyisihkan uang untuk keperluan pribadi. Mereka juga harus berjuang untuk menyeimbangkan kebutuhan kedua generasi, seperti membayar biaya pendidikan, biaya kesehatan, dan biaya hidup lainnya.

Anda perlu mengetahui langkah yang bijak dalam mengelola keuangan. Ada beberapa tips efektif untuk mengatur keuangan bagi generasi sandwich. Lihat penjelasan di bawah dirangkum dari laman prudential.co.id:

  1. Mengatur Anggaran dengan Bijak

Generasi Sandwich harus mengatur anggaran mereka dengan bijak, dengan cara memprioritaskan kebutuhan yang penting dan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. Mengatur anggaran dengan bijak berarti mengatur pengeluaran dengan cermat. Anda harus memahami berbagai pilihan yang tersedia untuk menghemat pengeluaran mereka.

Menghemat pengeluaran tidak berarti mengurangi kualitas hidup. Justru langkah ini bisa dilakukan dengan mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau, memilih alternatif produk dengan biaya minimum, dan menghindari pembelian yang tidak perlu. Dengan mengatur anggaran yang bijak, Anda dapat mencapai tujuan keuangan mereka dan menikmati hidup tanpa menghabiskan uang untuk hal yang tidak diperlukan.

  1. Melakukan Investasi yang Tepat

Walaupun harus memenuhi kebutuhan orang tua dan anak, generasi sandwich juga harus memikirkan masa depan mereka. Untuk mengatur keuangan untuk generasi sandwich, salah satu perencanaan keuangan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan investasi. Investasi yang tepat adalah salah satu cara yang dapat mereka lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Ada berbagai instrumen investasi dan mereka harus mempertimbangkan pilihan yang sesuai dengan profil risikonya. Selain itu, investasi juga perlu dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan tertentu, sehingga mereka perlu memperkirakan jangka waktu investasinya.

  1. Mengelola Utang dengan Cermat

Generasi sandwich juga perlu mengelola utang dengan cermat. Langkah ini dapat dilakukan dengan membuat daftar utang dan mengurutkannya berdasarkan tingkat suku bunga. Setelahnya, prioritaskan pembayaran utang yang memiliki bunga tertinggi. Selain itu, Anda juga harus mengurangi pembelanjaan yang tidak diperlukan dan menyimpan uang untuk membayar utang. Dengan mengikuti strategi ini, mereka dapat mengelola utang dengan cermat dan menghindari masalah keuangan pada masa depan.

  1. Menyusun Dana Darurat

Generasi Sandwich harus menyusun dana darurat untuk menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau kebutuhan medis yang mendesak. Dana darurat ini harus cukup untuk menutupi biaya hidup selama beberapa bulan, jadi pastikan agar Anda menyimpan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, transportasi, dan pembayaran tagihan.

Untuk Anda yang berkeluarga, Anda bisa menabung dana darurat sebanyak 6-12 kali pengeluaran bulanan keluarga. Apabila dana daruratnya terpakai untuk hal yang tidak terduga, isilah kembali tabungan dana darurat tersebut untuk penggunaan berikutnya.

  1. Mempersiapkan Masa Depan dari Risiko Kehidupan dengan Asuransi

Asuransi diperlukan untuk melindungi generasi sandwich dan keluarga dari risiko finansial yang muncul secara tidak terduga. Kehidupan memang tidak pasti dan penuh risiko, tetapi Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan memiliki asuransi untuk menghindari beban finansial akibat kondisi darurat. Anda pun dapat merencanakan masa depan dengan lebih baik apabila memiliki asuransi.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Finansialku Terbaru