Yuk Simak, Ragam Usaha Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil Raup Untung Besar


 Yuk Simak, Ragam Usaha Ibu Rumah Tangga  dengan Modal Kecil Raup Untung Besar Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar. (Foto: Net)

JIKA Anda seorang ibu, ingin memulai usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar, tapi bingung mau bisnis apa? Artikel berikut bisa menginspirasi Anda!

Jadi ibu rumah tangga memang sibuk dengan urusan rumah, tetapi ini bukan berarti kamu tidak bisa memulai bisnis! Bahkan, kamu bisa menjalankan usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar asal kamu bisa melakukan bisnis tersebut dengan tekun.

Masih bingung dan penasaran apa saja ide usaha rumahan yang butuh modal kecil tetapi bisa menghasilkan untung besar? Yuk, cari tahu beberapa ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar di artikel berikut!

  1. Jual Makanan untuk Sarapan

Nasi kuning, nasi uduk, nasi pecel… kamu pasti sudah tahu kalau menu-menu makanan tersebut banyak dijual pada pagi hari sebagai menu sarapan. Nah, jika kamu punya hobi memasak, kegiatan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai ide usaha, lho!

Tak hanya menjual makanan untuk sarapan, kamu bisa menjual kue basah yang biasa dijadikan camilan di pagi hari. Seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin kamu akan menerima pesanan dari orang-orang yang sudah mencicipi masakanmu. Kalau sudah begitu, makin cuan, nih!

  1. Jual Kue Kiloan

Kalau membuat masakan tiap hari terasa merepotkan, ide menjual kue kiloan bisa banget kamu coba. Kamu tidak perlu membuat kue sendiri karena hanya perlu menjual kue kiloan yang kamu beli dari suplier. Usaha ini tidak hanya ramai musiman, kok. Jadi, kamu tidak perlu khawatir!

Selain memberikan harga yang ramah di kantong pelanggan, mencari suplier yang menyediakan harga dan kualitas produk terbaik serta memperbanyak variasi kue kiloan yang dijual merupakan dua kunci sukses bisnis jual kue kiloan. Jangan lupa juga untuk menggencarkan pemasaran.

  1. Reseller Barang

Kamu pasti sudah kenal dengan ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar yang satu ini. Sejak kemunculan bisnis online di Indonesia, sudah banyak orang yang menjalankan bisnis reseller—apa pun produknya.

Nah, kalau kamu berminat untuk menjadi reseller suatu produk, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produk apa yang ingin dijual. Akan lebih baik jika produk yang kamu jual dikenal baik oleh publik sehingga kamu tidak perlu susah-susah lagi mengenalkan produk kepada calon pembeli.

Setelah itu, cari supliernya. Jika memungkinkan, kamu bisa mencari suplier resmi supaya bisa mendapatkan harga terbaik dan kualitas produk yang baik juga.

  1. Jual Pulsa dan Kuota Internet

Ide usaha rumah tangga modal kecil untung besar selanjutnya adalah menjual pulsa serta kuota internet. Kalau kamu punya rumah di pinggir jalan besar, maka berjualan dua produk digital ini sangat menguntungkan.

Meski saat ini banyak penyedia layanan Wi-Fi murah, pulsa dan kuota internet tetap dibutuhkan oleh para mengguna smartphone. Apa alasannya?

Pulsa tetap dibutuhkan karena ada layanan seluler yang hanya bisa dilakukan dengan pulsa (misalnya telepon dan SMS). Di sisi lain, kuota internet tetap dibutuhkan karena tidak semua orang berlangganan Wi-Fi di rumahnya.

Selain itu, dengan menggunakan kuota internet, kamu bisa mengakses internet di luar wilayah yang tidak terjangkau Wi-Fi.

  1. Membuka Agen PPOB

Selain berjualan pulsa, kamu juga bisa membuka bisnis PPOB di rumah sebagai cara untuk menambah pundi-pundi pemasukan.

Apa itu bisnis PPOB? PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Dengan menjalankan bisnis ini, kamu menyediakan layanan pembayaran dengan memanfaatkan fasilitas perbankan.

Dengan menjalankan bisnis ini, kamu bisa membantu orang-orang membayar tagihan bulanan mereka dengan lebih mudah. Baik itu tagihan listrik, tagihan PDAM, tagihan cicilan motor, dsb. Bahkan, layanan PPOB bisa digunakan untuk membayar tagihan belanja di marketplace.

Lantas, dari mana kamu akan mendapatkan penghasilan? Kamu perlu menerapkan biaya per transaksi pembayaran yang dilakukan. Dari sinilah kamu bisa mendapatkan pemasukan.

  1. Membuka Usaha Isi Ulang Air Minum

Apakah usaha isi ulang air minum merupakan bisnis yang cukup menjanjikan? Tentu saja! Bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis yang ‘awet’ dan bisa direalisasikan dengan modal yang tidak begitu besar.

Apalagi jika rumahmu berlokasi di kawasan perumahan yang padat penduduk, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Nah, kalau kamu merasa isi ulang air minum saja tidak cukup, kamu bisa turut menambahkan bisnis jual pulsa dan layanan PPOB di lokasi usaha yang sama. Dengan cara ini, semakin banyak juga cuan yang bisa kamu dapatkan, bukan?

  1. Menjadi Content Creator

Punya hobi memasak? Selain dengan menjual makanan (nasi bungkus), membuka warung, atau membuka katering, kamu juga bisa menjadi content creator, lho.

Saat ini, banyak orang yang membuat konten memasak dan mengunggahnya di platform media sosial. Misalnya seperti Tiktok, Instagram, maupun YouTube.

Selain dengan menjadi content creator dengan format media video, kamu juga bisa menjadi content creator dengan format konten blog. Dalam artian, kamu menjadi seorang blogger yang memposting resep-resep masakan.

Punya minat di bidang lain? Kamu bebas memilih bidang apa pun dan menggunakannya sebagai niche untuk konten, kok! Misalnya, kalau kamu tertarik dengan skincare, kamu bisa membuat konten video review produk atau edukasi umum tentang dunia skincare. 

  1. Menjual Makanan Beku (frozen food)

Menjual makanan beku mungkin terkesan sebagai bisnis yang butuh modal besar. Padahal, modal yang terbilang besar tersebut hanya kamu butuhkan pada awalnya saja. Pengeluaran yang cukup besar ini utamanya adalah untuk pembelian freezer.

Terkait produk apa yang ingin dijual, sebenarnya tidak ada patokan khusus berapa banyak modal yang perlu disiapkan.

Meski membutuhkan lebih banyak modal, memperbanyak variasi produk akan memberikan calon pembelimu lebih banyak opsi untuk dipilih. Semakin banyak variasi produk, tokomu akan terlihat lebih menarik sehingga pembeli pun mau singgah di tokomu.

Selain memperbanyak variasi produk, kamu yang ingin menggeluti bisnis frozen food perlu memikirkan bagaimana cara marketing agar barang bisa laku dengan cepat.

Pertimbangkan untuk menggunakan channel marketing media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui produk-produk yang kamu jual. Kamu juga bisa meletakkan barang di marketplace supaya bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

  1. Menjual Tanaman Hias

Usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar selanjutnya adalah menjual tanaman hias. Usaha yang satu ini cocok sekali jika kamu memiliki hobi berkebun.

Ada beragam tanaman hias yang bisa kamu jual. Tergantung dari modal yang kamu punya, kamu bisa menjual tanaman hias berharga murah seperti kaktus, atau tanaman hias yang berharga mahal seperti anggrek dan monstera.

Jika kamu memiliki lahan dan modal yang lebih banyak, kamu bisa menjual lebih banyak variasi tanaman hias. Bahkan, kamu bisa menerima pesanan pembuatan taman—baik untuk rumah maupun untuk tempat lainnya (perkantoran, rumah sakit, dsb.).

Nah, itulah 9 rekomendasi usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar. Semoga bisa memberimu inspirasi, ya!

Setelah memilih jenis bisnis apa yang ingin kamu jalankan, jangan lupa untuk segera mewujudkannya. Lakukan perencanaan bisnis yang baik, misalnya seperti melakukan riset pasar, membuat anggaran modal, serta menentukan strategi pemasaran. (Diolah dari berbagai sumber)

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Arah Preneur Terbaru