ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Pension Plan

Agar Bisa Pensiun Muda dan Mapan, Simak Trik Ini

Selasa , 29 Maret 2022 | 13:30
Agar Bisa Pensiun Muda dan Mapan, Simak Trik Ini
Kamu masih ada di usia produktif dan kiat mempersiapkan pensiun lebih muda. (generali.co.id)
POPULER
Ekonom Ini Nilai Krisis Ekonomi 2023 Berisiko Lebih Lama dan Akut

AGAR kamu dapat menjalani masa pensiun muda dengan tenang dan nyaman, kamu sebaiknya telah mempersiapkan berbagai hal sejak jauh-jauh hari.

Salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan adalah dana pensiun. Dana pensiun adalah dana yang akan kamu gunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari ketika nantinya kamu sudah pensiun dan tidak bekerja lagi. Dana ini harus kamu persiapkan dari pendapatan selama kamu masih bekerja.

Kamu masih ada di usia produktif? Pernahkah kamu memikirkan untuk mengambil pensiun lebih awal? Simak ulasan berikut untuk mengetahui strategi dan tips mengatur keuangan agar kamu bisa menjalani pensiun muda dengan mapan dikutip dari laman generali.co.id.

  1. Tentukan target kapan kamu akan pensiun

Agar mempermudah kamu untuk merencanakan kebutuhan selama pensiun, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah tentukan kapan target kamu akan mengambil pensiun. Perhitungkan dengan baik target yang akan kamu ambil. Rencanakan waktu pensiun sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu.

Selain menentukan waktu kapan kamu akan pensiun, tentukan juga apa saja rencana kamu kedepannya. Rencana tersebut dapat menyangkut dimana kamu tinggal dan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan untuk menghabiskan waktu setelah pensiun.

  1. Hitung perkiraan dana pensiun yang kamu butuhkan

Hitunglah berapa perkiraan dana yang kamu butuhkan untuk menjalani pensiun. Buatlah perkiraan jumlah dana pengeluaran kamu selama masa pensiun nanti. Perkiraan dana ini mencakup semua dana yang kamu butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari nantinya. Jika kamu telah memiliki pasangan, diskusikan hal ini dengan pasangan kamu.

  1. Sebelum pensiun, lunasi semua hutang yang kamu miliki

Jangan lupa untuk melunasi semua hutang yang kamu miliki sebelum masuk ke masa pensiun. Mulai dari sekarang, catatlah semua hutang yang kamu miliki (baik hutang dengan nominal yang besar maupun kecil), termasuk juga berbagai cicilan yang mungkin kamu miliki. Setelah itu, pastikan kamu mulai melunasi semua hutang tersebut satu per satu. Hal ini sebaiknya kamu lakukan agar kelak hutang-hutang tersebut tidak mengganggu masa pensiun kamu.

  1. Miliki tabungan pensiun

Mulailah mempersiapkan tabungan pensiun sedini mungkin. Kamu dapat mulai dengan menyisihkan pendapatan yang kamu dapat setiap bulannya. Jangan menunda membuat tabungan pensiun ketika kamu sudah memiliki penghasilan.

Selain menabung, cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu kamu mempersiapkan dana pensiun adalah dengan memiliki asuransi pensiun. Sebagai contoh, perusahaan asuransi Generali memiliki beberapa produk asuransi pensiun yang mereka tawarkan.

Salah satu produk asuransi pensiun tersebut adalah iPENSION. Program ini bersifat sukarela dengan besar iurannya dapat ditentukan oleh nasabah. Dengan kebijakan tersebut, nasabah dapat menentukan jumlah iuran sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan nasabah. iPENSION merupakan program yang dikelola secara individu (individual account).

Dengan memiliki dana pensiun yang bisa direncanakan melalui asuransi dana pensiun, kamu dapat memastikan bahwa kamu dapat menjalani pensiun mapan dan nyaman. Sehingga, penting untuk mulai mempertimbangkan untuk memiliki asuransi pensiun sejak kamu masih produktif. Kamu dapat mempersiapkan masa pensiun sejak jauh-jauh hari bersama pasangan kamu.

  1. Persiapkan dana darurat untuk kesehatan

Kondisi sakit dapat datang kapan saja, terutama apabila kamu sudah berusia lanjut. Maka, penting untuk kamu mempersiapkan dana darurat untuk hal tersebut. Selain dana darurat, kamu juga bisa memperoleh proteksi dengan memiliki atau mengikuti asuransi kesehatan.

Dengan asuransi kesehatan kamu dapat meminimalkan resiko finansial yang harus kamu tanggung. Sehingga, jika nanti kamu sakit, kamu bisa menjalani perawatan dengan tenang tanpa perlu memikirkan masalah biaya perawatan.

  1. Rencanakan strategi pengelolaan dana setelah kamu pensiun

Setelah kamu memiliki perkiraan dana yang kamu butuhkan selama masa pensiun dan dari mana saja dana tersebut akan kamu dapatkan, selanjutnya kamu perlu merencanakan bagaimana strategi pengelolaan dana yang telah kamu miliki. Rencanakan strategi ini dengan matang agar dana yang kamu nanti miliki dapat kamu gunakan secara maksimal untuk menjalani kehidupan setelah pensiun.

Menjalani masa pensiun dengan tenang dan nyaman tentu merupakan cita-cita semua orang. Agar dapat mewujudkan hal tersebut, kamu perlu mempersiapkannya sejak dini. Berbagai cara dapat kamu lakukan. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, pensiun mapan tentu dapat dicapai. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengambil pensiun dini?

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR