ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Pension Plan

Punya Tabungan Ratusan Juta saat Pensiun, Why Not? Simak Tips Berikut….

Kamis , 26 Agustus 2021 | 08:00
Punya Tabungan Ratusan Juta saat Pensiun, Why Not? Simak Tips Berikut….
Pensiun merupakan suatu hal yang tak dapat dihindari dan harus dinikmati di masa tua. (Net)
POPULER
Presidensi G20 2022 Tingkatkan Pengakuan Kapabilitas Indonesia

SEIRING dengan bertambahnya usia, produktivitas kita juga akan semakin menurun. Oleh karena itu, sebagai pekerja, kita harus mengambil masa pensiun ketika menginjak usia tertentu.

Pensiun merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, agar kamu dapat menikmati masa pensiun kamu dengan tenang, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal penting jauh sebelum masa pensiun. Kalau dipersiapkan sejak dini, bisa-bisa, tabungan dana pensiun kamu mencapai ratusan juta nantinya. Apa saja tipsnya? Laman generali membagikan tipsnya. Anda simak! 

  1. Rencanakan Waktu Pensiun Kamu

Sebelum memulai mempersiapkan masa pensiun, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah merencanakan kapan waktu kamu akan mengambil masa pensiun. Terdapat 2 jenis pensiun yang dikenal yaitu pensiun normal dan pensiun dini.

Pensiun normal adalah pensiun ketika seseorang telah mencapai usia tertentu yang telah diatur oleh undang-undang (per 1 Januari 2019 adalah 57 tahun). Sedangkan, pensiun dini adalah pensiun yang dipilih sendiri ketika belum mencapai batas usia yang ditetapkan.

Rencanakanlah waktu pensiun kamu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Setelah itu, tentukan rencana kamu untuk pensiun, seperti dimana kamu akan tinggal dan apa saja kegiatan yang akan kamu lakukan.

Hal ini penting untuk digunakan sebagai dasar pertimbangan ketika akan mengambil keputusan yang akan berpengaruh terhadap masa pensiun kamu.

  1. Lunasi Hutang yang Kamu Miliki

Setelah kamu merencanakan waktu pensiun kamu, aturlah rencana untuk melunasi seluruh hutang yang kamu punya. Catat semua hutang yang masih kamu miliki, baik besar maupun kecil. Usahakan untuk melunasi semua hutang tersebut sebelum masuk ke masa pensiun agar tidak mengganggu masa pensiun kamu.

  1. Hitung kebutuhan dana

Idealnya, kamu telah mulai untuk menyusun rencana dana pensiun sejak sudah memiliki penghasilan. Buatlah estimasi atau perkiraan pengeluaran kamu selama masa pensiun nanti.

Hitunglah kebutuhan dana yang kamu butuhkan, serta rencanakanlah hal-hal yang akan kamu lakukan untuk memenuhi dana tersebut.

Jika kamu memiliki pasangan, diskusikanlah rencana kamu dengan pasangan. Dana pensiun perlu direncanakan dengan matang, mengingat sumber penghasilan utama yang sudah tidak ada.  

  1. Milikilah tabungan pensiun atau investasi

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan dana yang kamu perlukan selama masa pensiun, misalnya adalah dengan memiliki tabungan pensiun.

Hal sederhana yang dapat kamu lakukan adalah menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk disimpan dalam bentuk tabungan pensiun atau dapat pula dengan investasi.

Jangan tunda untuk memulai menabung ketika kamu sudah mulai memiliki penghasilan. Ketika akan berinvestasi untuk dana pensiun, taruhlah dana kamu di instrumen yang lebih rendah resiko. Karena, semakin tinggi resiko yang ada pada suatu instrumen, kemungkinan untuk terjadinya fluktuasi nilai juga semakin tinggi.

Jika kamu bekerja sebagai karyawan, kamu biasanya memiliki tunjangan dana pensiun yang diberikan oleh pemberi kerja (perusahaan). Perusahaan biasanya mengikutsertakan karyawannya dalam Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang dikelola oleh bank atau suatu perusahaan asuransi.

Selain itu, kamu juga dapat memperoleh proteksi masa pensiun kamu melalui produk-produk dana pensiun yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Terdapat produk dana pensiun yang dapat kamu ikuti sendiri tanpa melalui perusahaan tempat kamu bekerja.

Dengan mengikuti program dana pensiun ini, kamu dapat mulai untuk mempersiapkan dana pensiun yang nantinya akan kamu butuhkan. Ketika masa pensiun sudah dekat, cek seluruh saldo dalam semua program dana pensiun yang kamu ikuti.

  1. Persiapkan Dana Kesehatan

Semakin bertambahnya usia, kondisi tubuh juga kadang dapat menjadi semakin lemah. Penyakit dapat muncul mendadak dan terjadi kapan saja. Oleh karena itu, penting untuk kita mempersiapkan dana darurat yang dapat digunakan ketika kita sakit. Kamu juga dapat mendapatkan proteksi dana kesehatan ini jika mengikuti program asuransi kesehatan.

  1. Rencanakan strategi pengelolaan dana pensiun

Setelah mengurus semua hal diatas, kamu perlu merencanakan bagaimana pengelolaan dana pensiun yang telah kamu kumpulkan. Rencanakan pengelolaan tersebut dengan matang, agar ketika pensiun nanti, dana yang telah kamu kumpulkan dapat kamu gunakan dengan maksimal.

Setelah bekerja keras selama masa produktif, masa pensiun adalah masa yang wajib kamu nikmati. Dengan estimasi dan persiapan yang matang, kamu dapat menikmati masa pensiun dengan tenang dan nyaman. Lakukanlah kegiatan baru yang menarik agar kamu tidak merasa bosan. Jadi, apakah kamu sudah menetapkan kapan kamu akan pensiun?

 

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR