ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Pension Plan

Pilih Pensiun Dini? 7 Hal Ini Perlu Anda Ketahui

Jumat , 18 Juni 2021 | 07:00
Pilih Pensiun Dini? 7 Hal Ini Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi: Pensiun Dini. (Net)
POPULER
Potensi Ekonomi Maritim Indonesia Capai 1,4 Triliun Dolar AS

AKHIR-akhir sering mendengar dari banyak orang yang memilih pensiun dini, banyak dari mereka mengatakan ada hal baik dan buruknya dari keputusan itu.

Tidak ada yang memberi tahu, bahwa pensiun dini dapat memicu kritik dari teman dan keluarga, atau terkadang tidak selalu nyaman pada akhirnya.

Menyimpan uang yang cukup untuk rentang selama beberapa dekade bisa tampak mustahil, dan alasan bertahan selama itu tampaknya tidak semua orang dapat melakukannya. Dan, banyak yang bertanya, apa yang harus dilakukan dengan waktu mereka selama pensiun dini?

Apa hal yang baik dan buruknya? Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk pensiun mungkin tidak sebanyak yang Anda pikirkan. Hal buruknya? Anda mungkin menghadapi beberapa kritik dari orang lain yang tidak memahami keputusan Anda untuk pensiun dini.

Inilah yang tidak Anda ketahui tentang pensiun dini diolah dari berbagai sumber:

  1. Anda Akan Dikritik

Tn. Tako, yang pensiun pada usia 38 dan menulis blog, Tn. Tako Escapes, sebelumnya mengatakan kepada Business Insider bahwa ia tidak berharap akan menghadapi kritik seperti itu ketika pensiun dini. Hal ini bisa tidak berlaku untuk semua orang. Ada beberapa yang mungkin tidak menimbulkan kritik.

  1. Tidak Ada Waktu yang Tepat untuk Pensiun Dini

Banyak pensiunan awal berharap mereka tidak menunggu terlalu lama untuk terjun ke pensiun dini – bahkan jika mereka tidak memiliki banyak uang yang dihemat seperti yang mereka inginkan. Beberapa bahkan mengatakan bahwa uang seharusnya tidak menjadi faktor penentu untuk pensiun dini.

“Saya berharap saya tahu bahwa tidak apa-apa untuk menentukan keputusan sebelum Anda berpikir Anda siap,” Joe Olson, yang pensiun pada usia 29 dengan istrinya, Ali, sebelumnya mengatakan kepada Business Insider. Bersama-sama, mereka melakukan perjalanan dan menjalankan blog yang disebut Adventuring Along. “Anda kemungkinan besar akan baik-baik saja, dan jika Anda tidak, ada begitu banyak peluang dalam hidup, Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang nanti jika dibutuhkan.”

Chris Reining, yang pensiun sebagai miliarder buatan sendiri pada usia 37 dan menjalankan blog, juga berharap ia pensiun lebih cepat. “Yang lucu tentang uang adalah Anda selalu merasa seperti Anda membutuhkan lebih banyak – bahkan ketika Anda punya cukup, Anda tidak pernah punya cukup,” katanya.

Apakah Anda mencapai tujuan tabungan Anda atau tidak, Anda mungkin tidak akan pernah merasa benar-benar siap untuk pensiun dini – tetapi itu seharusnya tidak menghentikan Anda.

  1. Anda Membutuhkan Sedikit Uang dari Target Tabungan Anda

Hal ini menjadi hal positif. Jika Anda memiliki biaya hidup yang rendah dan potensi untuk pertumbuhan investasi dan pendapatan pasif, berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk pensiun dini mungkin tidak setinggi yang Anda pikirkan.

Ketika Reining berencana untuk pensiun, ia bertujuan untuk menabung cukup sekitar ” 4%”: Anda dapat menarik 4% dari rekening investasi Anda dengan nyaman setiap tahun, sambil menyesuaikan inflasi dan tanpa kehabisan uang.

Namun, dia akhirnya pensiun dini ketika dia bisa menarik 3% dari rekening investasinya setahun. Setelah tahun kedua pensiun, ia menarik hanya 2%, semua karena ia hidup di bawah kemampuannya.

“Menjadi mandiri secara finansial bukan tentang berapa banyak uang yang Anda miliki, ini tentang berapa banyak yang Anda belanjakan, karena berapa banyak yang Anda belanjakan menentukan berapa banyak yang Anda butuhkan,” tulisnya.

  1. Anda Tidak Akan Berhenti Menghasilkan Uang

Pensiun dini bukan berarti Anda tidak bekerja sama sekali. Banyak pensiunan dini terus menghasilkan uang melalui pertumbuhan investasi dan pendapatan pasif.

Justin McCurry pensiun pada usia 33 dengan portofolio investasi $ 1,3 juta, yang telah tumbuh menjadi lebih dari $ 1,7 juta selama lima tahun berkat investasi strategis. Dia juga mendapatkan penghasilan bulanan melalui blognya, Root of Good.

J.P. Livingston, yang pensiun pada usia 28 dengan penghasilan lebih dari $ 2 juta, menghasilkan lebih dari $ 62.000 dalam pendapatan pasif melalui komisi afiliasi dan iklan di blognya, The Money Habit, setelah tahun pertamanya.

“Sulit untuk bangun selama 60-jam lebih dalam seminggu dan tidak menemukan satu cara yang menyenangkan untuk mendapatkan uang,” katanya sebelumnya kepada Business Insider.

  1. Uang Bukan Fokus Utama Setelah Anda Pensiun

Menurut banyak pensiunan, uang tidak masalah begitu Anda pensiun dini.

“Saya selalu berpikir bahwa saya akan menghabiskan pensiun dini saya untuk wirausaha, tetapi sekarang saya punya cukup uang,” Brandon dari blog Mad Fientist, yang pensiun pada usia 34, sebelumnya mengatakan kepada Business Insider, menambahkan bahwa dia berharap dia tahu bagaimana uang “tidak penting dan tidak signifikan” setelah pensiun dini.

Alih-alih uang, menemukan kesenangan selama pensiun tergantung pada memaksimalkan waktu Anda dan menciptakan gaya hidup baru.

“Jika Anda melihat uang sebagai tujuan, maka Anda kehilangan intinya,” Grant Sabatier, yang pensiun pada usia 30 tahun dengan $ 1,25 juta dan menjalankan blog Millennial Money, menulis dalam posting yang diterbitkan di Business Insider. “Uang tidak terbatas, tetapi waktu tidak.”

  1. Menyesuaikan Diri dengan Pensiun Dini Memakan Waktu Cukup Lama

Mampu menghabiskan hari-hari Anda dengan santai, apakah Anda sedang bersantai di pantai atau berayun di tempat tidur gantung dengan buku yang bagus, adalah salah satu bagian pensiun yang paling didambakan. Tetapi mungkin lebih sulit daripada yang Anda pikirkan untuk mendapatkannya.

McCurry sebelumnya mengatakan kepada Business Insider bahwa dia berharap dia tahu itu akan memakan waktu setidaknya enam bulan untuk tenang, rileks, setelah pensiun.

 

“Saya merasa harus produktif setidaknya untuk sebagian hari ini,” katanya. “Akhirnya, saya menyadari bahwa ini adalah sisa hidup saya untuk menikmatinya! Saya meningkatkan waktu yang saya habiskan di tempat tidur gantung, mengejar antrean Netflix, dan membaca banyak buku.”

  1. Pensiun Dini Bukan untuk Semua Orang

jika Anda tidak merencanakan dengan baik secara finansial dan mental, mungkin ada beberapa kerugian untuk berhenti bekerja lebih awal, menurut John dari ESI Money dalam posting yang diterbitkan di Business Insider.

Jika Anda tidak siap secara memadai, Anda bisa melihat hilangnya pendapatan Jaminan Sosial, masalah perawatan kesehatan, dan penurunan mental dan fisik. Ada juga beberapa tantangan yang dapat terjadi jika Anda telah berinvestasi secara emosional dalam pekerjaan Anda selama bertahun-tahun, seperti kehilangan interaksi sosial, kebosanan, kehilangan identitas, dan kurangnya tantangan atau tujuan.

 

 

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR