ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Pension Plan

Bisnis Setelah Pensiun, Yuk Simak 12 Ide Bisnis untuk Usia Lebih dari 50-an

Minggu , 16 Mei 2021 | 08:00
Bisnis Setelah Pensiun, Yuk Simak 12 Ide Bisnis untuk Usia Lebih dari 50-an
Ilustrasi: Menghasilkan sedikit uang tambahan bisa berarti melakukan sesuatu yang Anda sukai dan memperkuat keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda. (Net)
POPULER
Menteri Tjahjo Kumolo Sebut Pemerintah Belum Berlakukan ‘Lockdown’

MELEPAS tanggung jawab dari suatu perusahaan, merupakan impian terbesar bagi beberapa orang. Bagi mereka, pensiun adalah masa depan yang sangat ditunggu-tunggu untuk beristirahat, bersantai di bawah sinar matahari, dan berpikir sesedikit mungkin selama 30 tahun ke depan dalam hidup mereka.

Bagi kebanyakan dari kita, kehidupan tanpa aktivitas dan pemikiran berat akan membuat kita depresi! Tentu, beberapa hari relaksasi itu menyenangkan, hebat, tetapi setelah itu, ketika saatnya untuk mengatasi sebuah masalah, belajar dan tumbuh darinya, dan kemudian dengan cepat dapat mengatasinya.

Bertindak berdasarkan hasrat kita dan menetapkan tujuan masa depan benar-benar dapat berpengaruh besar pada pikiran, tubuh, dan jiwa seseorang. Jika Anda setuju dalam pernyataan ini, “Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis setelah pensiun?”

Ide bisnis untuk mereka yang usianya lebih dari 50-an tidak harus langsung memiliki perusahaan yang besar. Tidak perlu terlalu mengesankan. Carilah bisnis yang mungkin hanya untuk memenuhi kekosongan waktu Anda selama tahun-tahun kedepan.

Memulai bisnis setelah pensiun mungkin tepat untuk Anda jika Anda selalu ingin ….

Menjadi bos untuk diri Anda sendiri

Lakukan apa yang Anda sukai sepanjang waktu

Bantu orang lain secara langsung

Mempelajari sesuatu yang baru

Bangun bisnis besar dari nol

Memulai bisnis setelah pensiun bisa memungkinkan Anda untuk pensiun dini. (Atau hasilkan uang Anda lebih lama jika Anda sudah pensiun.)

Pikirkan tentang itu. Menghasilkan sedikit uang tambahan bisa berarti melakukan sesuatu yang Anda sukai dan memperkuat keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

Gunakan kalkulator perencanaan pensiun yang komprehensif untuk melihat apakah memulai bisnis setelah pensiun berdampak pada usia pensiun Anda atau keamanan finansial Anda selama masa pensiun.

Jika Anda akhirnya ingin memenuhi impian Anda dan menyukai ide menyiapkan tujuan pensiun, maka saya sarankan Anda serius mempertimbangkan 12 ide bisnis kecil ini untuk usia lebih 50-an, sebagai berikut :

1. Apa yang Anda cintai dan bagaimana cara mengubahnya menjadi bisnis?

Setiap orang memiliki minat dalam kehidupan dan tidak peduli apa itu, Anda mungkin dapat menemukan cara untuk menghasilkan uang.

Apakah kamu…

Bisakah Anda mengadakan pesta ulang tahun anak?

Bermain tenis? Bagaimana dengan membuka les privat? Atau untuk persiapan ujian sekolah atau olimpiade?

Bagaimana dengan memulai blog meninjau acara favorit?

Suka baseball? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk mengatur tur ke permainan atau stadion baseball?

Membaca dan memasak? Mungkin Anda bisa melayani restoran di rumah Anda berdasarkan buku yang berbeda setiap bulan.

2. Penasihat Keuangan

Jika Anda seringkali bertemu seseorang yang merupakan “penasihat keuangan” yang berusia muda? Tapi jangan salah, untuk usia lebih dari 50, anda bisa menjadi penasihat keuangan dimana mengajarkan orang-orang yang ingin menjalani masa pensiun yang indah.

Anda harus tahu bagaimana caranya menjual diri Anda sendiri dengan cara elegan.

Jika Anda telah melakukan dengan baik untuk diri sendiri secara finansial, jika Anda sudah mendapatkan gelar sarjana, dan jika Anda suka membantu orang, maka ide bisnis kecil ini untuk lebih dari 50-an mungkin adalah keuntungan untuk Anda.

3. Konsultan

Banyak ide bisnis yang tidak membuang banyak waktu dan tenaga, salah satunya adalah konsultan. Pekerjaan yang cocok untuk Anda yang sudah di atas usia 50-an, dan terlebih jika anda memiliki keahlian di bidang ini, akan sangat tepat untuk anda. Tapi tidak hanya konsultan, Anda bisa menjadi desain kantor, atau rumah, membuka organisasi, dan lain-lain.

4. Pemasaran, Pembukuan & Administrasi

Jika Anda berasal dari latar belakang bisnis dengan keterampilan di bidang administrasi, pemasaran, akuntansi atau keuangan dan tahu cara mengatur bisnis, mengkategorikan pengeluaran dengan benar dan melakukan pembayaran, Anda mungkin bisa menangani pekerjaan ini dengan sesuka hati Anda dan bersenang-senang menjalaninya.

Lebih baik lagi, banyak dari kegiatan ini dapat dilakukan hampir kapan saja dan di mana saja. Fleksibilitas semacam ini menjadikannya ide bisnis terbaik untuk usia 50-an. Dan, menurut Robert Half, bidang konsultan yang paling banyak diminati adalah: keuangan / akuntansi, sistem bisnis, pajak, mitigasi risiko dan optimalisasi.

Dan ada kebutuhan besar untuk layanan administrasi, pemasaran dan pembukuan. Juga bisnis online tetapi banyak pengusaha tidak perlu memiliki pengalaman dengan menjalankan bisnis.

5. Membuka Bisnis Sewa Kos-kos-an dan Properti

Untuk membuka bisnis sewa rumah, atau sewa kos-kos-an, adalah bisnis yang tidak bisa dalam waktu dekat membuat Anda menjadi jutawan. Karena bisnis jangka panjang ini walaupun sederhana, tapi tidak semudah untuk membantu Anda secara langsung. Tapi jika pada awalnya, Anda membangun Real Estate dengan modal miliayaran langsung, Anda akan menjadi jutawan bahkan miliarder dalam waktu singkat. Anda bisa memulai dengan mencari tempat strategis, dan juga banyak di lewati oleh turis untuk membangun bisnis ini menjadi fondasi Anda menjadi orang sukses di umut 50-an.

6. Beli Bisnis

Membangun suatu bisnis tidaklah mudah. Bahkan rata-rat 4 dari 5 bisnis gagal dalam lima tahun pertama. Jika anda ingin menjalankan bisnis tanpa mau berjuang bertahun-tahun, Anda bisa mencari sebuah bisnis dan membelinya, tentu Anda bisa mencari bisnis yang sudah memiliki beberapa klien.

Jika anda memiliki keuangan untuk langsung menjalankannya, sudah merupakan langkah yang menguntungkan dalam potensi langsung sebuah bisnis.

7. Bisnis Waralaba

Dari sekian banyak ide bisnis yang bisa di jalani mulai umur 50 tahun, bisnis waralaba atau bisnis kerja sama adalah bisnis yang paling banyak mendapatkan perhatian. Untuk bisnis ini, ada yang akan membantu Anda, demi kepentingan yang terbaik, mereka melakukannya sebagai pemilik.

Bukan hanya McDonald yang menjadi contoh bisnis waralaba yang sukses. Berikut adalah daftar singkat dari waralaba teratas di luar sana saat ini:

8. Menjadi Investor

Setelah bekerja keras, ada waktunya Anda beristirahat. Pada saat anda sudah memasuki masa pensiun, menjadi investor adalah cara lain untuk mencari penghasilan secara pasif karena Anda tidak perlu bekerja keras untuk menjalaninya.

Untuk menjadi investor sendiri, Jika uang bukanlah masalah buat anda, anda bisa menginvestasikan sebagian uang anda. Namun, untuk mencari tempat investasi yang baik, tentu anda harus cermat dalam memilih.

9. Beli lalu Jual

Apa anda pernah menemukan info mengenai suatu produk dengan harga di bawah harga pasar?

Mungkin Anda tidak sengaja menemukannya di sebuah web, kenalan seseorang, atau mendapatkan informasi di market place.

Ini bisa menjadi suatu bisnis yang sangat menguntungkan jika Anda menjalaninya dengan sabar juga semangat.

Apa pun masalahnya, jika Anda terbiasa membeli produk harga dibawah harga pasar, maka mungkin sudah saatnya Anda mencoba membeli dan menjual untuk mendapatkan keuntungan.

Konsepnya sangat sederhana (pada kenyataannya, kami sudah membahasnya diawal. Anda hanya perlu menemukan cara untuk membeli produk yang super murah tersebut, lalu mulai menjualnya di sosial media Anda atau menawarkan pada teman atau tetangga Anda. Biasanya anda akan menemukan produk-produk itu di web resmi, pabrik langsung, atau market place.

10. Jasa Perbaikan Rumah, Interior

Hanya ada sesuatu memuaskan tentang mengecat interior rumah. Mungkin sapuan kuas yang menenangkan, atau mungkin rasa pencapaian dan kebanggaan yang Anda dapatkan setelah pekerjaan selesai. Apa pun itu, anehnya itu menyenangkan untuk dilakukan … DAN Anda dapat menghasilkan uang, cukup bagus juga!

11. Membuka Tempat Les atau Menjadi Pelatih

Setelah membaca judul nomor 11 ini, jika anda merasabahwa ini tepat untuk anda, lebih baik anda mulai dari sekarang. Anda bisa memanfaatkan Jika, dalam paragraf awal artikel ini, mata Anda berbinar saat memikirkan dampak kehidupan seseorang dan membuat perbedaan nyata di dunia ini, maka ini kemungkinan merupakan pilihan bisnis kecil bagi Anda.

Dunia saat ini adalah dunia yang menarik, terutama bagi mereka yang berada di awal karir mereka.

Dewasa muda sering:

“Pemimpin” yang blak-blakan, tetapi hanya tahu sedikit tentang topik yang ada

Percaya diri dan bahagia, tetapi malu, ditarik, dan tidak aman di dalam

Bersedia melakukan apa yang diperlukan untuk berhasil, tetapi benar-benar tidak tahu apa definisi kesuksesan mereka

Dengan kata lain, orang dewasa muda terlihat luar biasa, terdengar luar biasa, tetapi benar-benar tidak tahu tentang kehidupan secara umum.

Mereka membutuhkan bantuan Anda.

Anda telah melakukannya di sana. Anda telah menaiki tangga, melakukan networking, mendapatkan atta-boys, dan melihat dolar. Tetapi yang paling penting, Anda sekarang tahu apa artinya semua itu.

Menjadi pelatih kehidupan untuk membantu orang lain sukses – tidak hanya di dunia korporat, tetapi di semua bidang kehidupan. Dan tahukah Anda? Mereka akan dengan senang hati membayar Anda untuk hidup mereka dengan baik.

12. Bisnis Multi Level Marketing (Bisnis Penjualan Langsung/Pemasaran Jaringan)

Penjualan langsung dan pemasaran jaringan – Anda mungkin tidak percaya bahwa yang ini masuk daftar, ya? Bagi banyak dari Anda, jenis bisnis ini adalah lelucon mutlak, tetapi Anda harus menyadari bahwa beberapa orang mendapatkan kehidupan yang fantastis di sini. Itu mungkin.

Anda pernah mendengar tentang beberapa perusahaan top: Amway Avon, Mary Kay, Chef yang dimanjakan … dan jelas ada banyak lagi.

Jika Anda menyukai gagasan menjual produk yang Anda sukai DAN mengajari orang lain cara menjualnya juga, maka Anda benar-benar mendapat peluang untuk berhasil dengan model pemasaran jaringan.

Sebagian besar tidak berpenghasilan lebih dari seratus dolar sebulan, tetapi beberapa menemukan cara untuk menghasilkan ratusan ribu setiap bulan. Jika Anda pikir Anda bisa unggul dan menjadi yang terakhir, usaha itu jelas akan sepadan dengan usaha.

Anda ingin tahu mengapa kebanyakan perusahaan kecil gagal? Pemilik baru yang terlalu bersemangat menaruh pemikiran minimal pada ide bisnis mereka.

Begini cara kerjanya. Mereka melihat daftar di atas, berkata kepada diri mereka sendiri, “Saya suka … # 10”, dan kemudian melanjutkan untuk membeli mesin pemotong rumput, pemangkas gulma, dan mungkin bahkan beberapa kemeja mencolok, dan kemudian menemukan bahwa terlalu sulit untuk menghidupkan bisnis baru dan segera berhenti.

Namun, Anda berbeda. Anda sudah berhasil dalam kehidupan ini. Anda tahu bahwa kesuksesan tidak datang secara kebetulan. Sebaliknya, itu datang dengan perencanaan, tekad, dan pembelajaran yang cermat. Usaha ini tidak berbeda.

Pertama, jujurlah pada diri sendiri dan pilih bisnis yang paling cocok untuk keahlian Anda, kepribadian Anda, dan minat Anda.

Kedua, pertimbangkan kewajiban keuangan. Apakah ada biaya besar di muka? Berapa pendapatan yang mungkin dalam beberapa tahun pertama? Berapa biaya berulang? Apakah Anda perlu membeli asuransi? Lakukan riset Anda di sini jauh sebelum Anda bahkan menghabiskan dolar pertama Anda.

Ketiga, ketika Anda memulai, bersikaplah keras dan jangan berhenti selama setidaknya 6 bulan. Apa pun usaha bisnis Anda, itu akan membutuhkan upaya dan fokus yang konsisten.

Secara konstan rencanakan, lakukan, periksa, sesuaikan. Jika sesuatu berfungsi, perluaslah. Jika tidak, lemparkan atau ubah secara dramatis sehingga berbelok di tikungan.

 

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR