ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Pension Plan

Retirement Planning, Penting untuk Persiapkan Diri Jadi PENSIUN SAKTI

Minggu , 11 Oktober 2020 | 21:30
Retirement Planning, Penting untuk Persiapkan Diri Jadi PENSIUN SAKTI
Ilustrasi: Retirement Planning, penting untuk persiapkan diri Jadi PENSIUN SAKTI. (Foto: Istimewa)
POPULER
Presiden Tegaskan Sumpah Pemuda Membawa Energi Positif Persatukan Bangsa

RETIREMENT Planning adalah sangat penting untuk setiap karyawan membutuhkannya, apalagi menjelang pensiun itu sangat diperlukan. Wawasan untuk persiapan pensiun harus dibuka dan pembekalan perlu dilakukan agar masa depan lebih bahagia.

Fakta menyatakan 6 dari 10 Pensiunan adalah TIDAK SIAP, maka dari fakta tersebut, para calon pensiunan harus mempersiapkan diri. Hal yang harus dipersiapkan adalah aspek psikologi, dimana para pensiunan harus siap karena siklus kehidupan manusia semua ada waktunya. Sekarang waktu persiapan pensiun dan bagaimana mempersiapkannya dengan baik.

Ada sesuatu yang hilang (pekerjaan, penghasilan bulanan, citra, kekuasaan) dan masih ada yang dipunyai para pensiunan (waktu, uang pesangon, pengalaman, kemampuan, Jejaring). Itu sesuatu siklus yang pasti terjadi bagaimana para pensiunan Berani Berubah dan FOKUS pada kekuatan yang ada. Jangan Post Power Syndrome, hadapilah kehidupan ini dengan bersyukur dan nikmati masa depan.

Kemudian Cara Bijak Mengelola Uang Pesangon, disini diajarkan untuk Financial Check Up, bagaimana keadaan Asset para pensiunan, Bagaimana Cash Flow pensiunan positif? Dan disana diajarkan tahap tahap Perencanaan Keuangan yaitu: Bayar Zakat atau Perpuluhan, Bayar Utang, Bentuk Dana Darurat, Uang Investasi, Uang Usaha , dan Parkir di ORI. Jangan uang pesangon digunakan untuk hal hal: renovasi rumah, beli kendaraan, beli sesuatu untuk gaya hidup, meminjamkan. Hal yang menarik adalah diajarkan kendaraan investasi yang digunakan para pensiunan: Deposito, Obligasi, Emas,Reksadana, Property dan Emas dengan segala kelebihan dan kekurangan serta disesuaikan dengan tingkat profil para pensiunan.

Jadi banyak pelajaran yang dapat dipelajari dari 2 topik ini, baik dan sangat berharga buat bekal para pensiunan dan tetap nantikan sesi sesi berikut nya agar para pensiunan menjadi PENSIUN SAKTI yang artinya adalah Pensiun yang Sehat, Aktif, Kreatif, Tangguh dan Iman yang kuat.

Yuk sesudah baca boleh share agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Salam Sehat ,


Muljono, M. Ak, M.H, CFP ®

 

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR