ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Parenting

Panduan MIT Technology untuk Lindungi Keluarga dari COVID-19

Selasa , 24 Maret 2020 | 15:30
Panduan MIT Technology untuk Lindungi Keluarga dari COVID-19
Tips MIT Technology cegah COVID-19. (Net)
POPULER
Presiden Brescia Ancam Mundur Jika Serie A Dilanjutkan

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Informasi seputar penyebarana virus Covid-19, kian meningkat, baik dari lokasi penyebaran maupun jumlah pasien yang terpapar virus tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama di saat-saat seperti ini.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah membiasakan pola hidup sehat, melalui asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup, serta menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, membersihkan seisi rumah dengan disinfektan. Dengan membiasakan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal, kita bisa mencegah terserang penyakit.

Selain cara-cara sederhana yang bisa dilakukan sebagai upaya preventif pencegahan virus, MIT Technology Review juga telah mengumpulkan tips dari dan tata cara untuk melakukan social distance atau jarak sosial untuk melindungi diri dan keluarga dari COVID-19. Tips dan tata cara ini dikumpulkan dari 6 ahli kesehatan.

1. Jaga Jarak

Pertama, mulailah untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain, minimal 6 kaki atau 2 meter.

2. Cuci Tangan dan Tidak Menyentuh Wajah

Mulailah untuk belajar tidak menyentuh wajahmu terlalu sering. Selain itu, cucilah tangan menggunakan air mengalir dan sabun lebih sering.

3. Saat Berada di Kendaraan Umum

Cobalah bepergian menggunakan transportasi umum di luar jam-jam sibuk. Sehingga kamu bisa meminimalkan diri untuk saling bersentuhan dengan orang lain. Juga hindari kontak langsung dengan permukaan fasilitas umum yang ada di dalam kendaraan.

4. Saat Bepergian Jarak Jauh

Saat bepergian jarak jauh, baik menggunakan pesawat atau kendaraan umum lainnya, pastikan kamu memeriksa atau memantau perkembangan status COVID-19 di tempat tujuan. Di tempat keramaian seperti bandar udara, stasiun, atau juga terminal, usahakan untuk menjaga jarak kira-kira 2 meter dari orang lain.

Jika perlu dan membuatmu lebih tenang, pakailah masker dan sarung tangan lateks untuk melindungimu dari paparan virus. Kemudian, setelah sampai di tempat tujuan, segeralah untuk membersihkan diri dan mandi.

5. Saat Sedang Sakit

Ketika sakit, pastikan kamu mengenakan masker medis ketika kamu harus bepergian. Tapi kalau bisa, tetaplah berada di rumah untuk menghindari penularan penyakit kepada dan dari orang lain.

 6. Saat Berolahraga

Jika bisa, berolahragalah di rumah atau di ruangan terbuka. Jika memang harus ke gym, hindari jam-jam ramai di mana banyak orang mengunjungi gym tersebut.

Selain itu, pastikan kamu tidak kontak langsung dengan alat-alat olahraga di gym dengan menggunakan sarung tangan lateks. Jangan lupa untuk langsung mandi setelah berolahraga, baik di gym atau pun di rumah dan di ruangan terbuka.

7. Saat Harus Keluar Rumah

Jika memang harus keluar rumah, usahakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dan kebutuhan sekaligus, dan di luar jam-jam sibuk. Setelah keluar rumah, pastikan kamu mengganti pakaian rumah yang bersih. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sama untuk kegiatan di luar dan di dalam rumah. Setiap kali pulang dari luar rumah, pastikan kamu mandi dengan bersih, ya.

8. Makan

Meski ada banyak restoran bersih dengan pramusaji yang mengenakan masker dan sarung tangan, cobalah untuk memasak sendiri makanan di rumah. Atau, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman makanan sehingga kamu tidak perlu keluar rumah. Pastikan plastik dan bungkus makanan sudah kamu bersihkan agar tidak ada kuman sebelum kamu menyentuh dan membukanya.

9. Melindungi Anak-anak

Ketika kamu memiliki anak-anak di rumah, pastikan kamu tidak panik. Pastikan kamu mengajak anak untuk ikut membersihkan tangan dan practice personal hygienes. Jika khawatir, jangan dulu membawa anak ke tempat bermain.

Cobalah mencari ide-ide kreatif untuk membuat anak tetap senang dan aktif seperti biasanya.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR