Kardinal Suharyo dan Uskup Sintang Gelar Pimpin Perayaan Ekaristi untuk Umat Katolik TNI & Polri di Katedral Sintang


  • Selasa, 21 Maret 2023 | 15:00
  • | News
 Kardinal Suharyo dan Uskup Sintang Gelar Pimpin Perayaan Ekaristi untuk Umat Katolik TNI & Polri di Katedral Sintang Monsigneur Ignatius Kardinal Suharyo selaku Uskup Umat Katolik TNI Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) didampingi Uskup Sintang, Mgr Samuel Oton Siddin OFM Cap usai memimpin Perayaan Ekaristi foto bersama Umat Katolik TNI & Polri di Katedral Sintang, Kamis (16/3/2023). (Foto: Istimewa)

SINTANG, ARAHKITA.COM - Monsigneur Ignatius Kardinal Suharyo selaku Uskup Umat Katolik TNI Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI) didampingi Uskup Sintang, Mgr Samuel Oton Siddin OFM Cap menyelenggarakan pelayanan murah hati dalam semangat belarasa, menghadirkan pelayanan bagi Tuhan dalam Perayaan Ekaristi untuk Umat Katolik TNI & Polri di Katedral Sintang, Kamis (16/3/2023).

"Pelayanan murah hati dalam semangat belarasa menghadirkan pelayanan bagi Tuhan, nasionalitas cinta akan tanah air dan pemuliaan kemanusiaan yang adil dan beradab (For God, Nation, and Humanity)," jelas Romo Yos Bintoro Pr., S.Fil., M.Sc., alumni Sekolah Prajurit Perwira Karir tahun 1997 yang kini menyandang pangkat Kolonel Angkatan Udara.

Dijelaskannya, kegiatan Kunjungan Pastoral di Keuskupan Sintang kepada umat Katolik di TNI dan Polri ini untuk meneguhkan kebersamaan umat Katolik menjadi saksi iman ketika berhadapan dengan masalah, seperti ilegal logging, perdagangan manusia, penyelundupan narkoba di daerah perbatasan.

"Selain sapaan pastoral yang amat dirindukan personel TNI & Polri beserta keluarga atas kehadiran Uskupnya, kegiatan ini untuk membentengi diri terhadap keletihan saat mengabdi negara dari desersi, menghindari tindakan di luar prosedur. Tetap percaya pada kekuatan Tuhan yang mendampingi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara," kata Romo Yos Bintoro yang juga Wakil Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri.

Ditambahkannya, setiap umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri agar menghadirkan diri sebagai penerus warisan iman dengan merawat cinta akan tanah air lewat suri teladan pahlawan-pahlawan Katolik, seperti dari TNI AD, Ignatius Slamet Riyadi; TNI AL, Yos Sudarso; TNI AU, Agustinus Adisutjipto; dan Kepolisian RI, Karel Satsuitubun. 

Kunjungan pastoral Uskup TNI-Polri ini juga didampingi oleh anggota Dewan Karya Pastoral OCI (Ordinaritus Castrensis Indonesia/Keuskupan Umat Katolik di lingkungan TNI & Polri), yaitu Brigjen TNI Purn Ponitanus Gunung Sarasmoro, Kombes Pol FX Suryo Kumoro, Letkol Laut (S) Yules Verne, Kapten Caj Robertus Ardedi dan Romo Wisnu, Pr. Selain mendampingi Bapak Kardinal, mereka mewakili ketiga matra angkatan dan kepolisian RI sekaligus 2 diantaranya mempresentasikan kehadiran putera daerah, karena berasal dari daerah Landak dan Pontianak, Kalbar.

Sehari sebelumnya rombongan lawatan pastoral ini bertandang ke Danrem 121/Alam Bhana Wanawai, Sintang Brigjen TNI Pribadi Jatmiko yang didampingi Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian.  Danrem menyambut baik kegiatan ini yang tentunya membantu pembinaan rohani personel Katolik TNI AD di wilayah Sintang untuk menjaga ketahanan mental dan meningkatkan motivasi prajurit dalam menjalankan tugas pengabdian negara dengan baik  meminimalkan angka-angka pelanggaran disiplin prajurit seperti desersi, tindakan asusila dan penipuan.

Selain itu pada hari Kamis malam atas inisiatif Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Siddin OFM Cap, Bapak Kardinal menyampaikan sosialisasi Keuskupan Umat Katolik dan Polri kepada para pejabat pemerintahan, wakil ormas dan tokoh-tokoh umat Katolik se Kabupaten Sintang.

Berkat koordinasi sinergis antara TNI dan Polri kegiatan kunjungan pastoral Bapak Kardinal Ignatius Suharyo di Sintang selama 2 hari dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.

"Tuhan memberkati, Bunda Maria melindungi. Semoga menjadi kebangkitan rohani umat Katolik TNI dan Polri yang bertugas di Sintang. Tuhan memberkati," kata Romo Yos Bintoro.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru