ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Presiden Dijadwalkan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Ende, NTT

Selasa , 31 Mei 2022 | 13:00
Presiden Dijadwalkan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Ende, NTT
Presiden RI, Joko Widodo (Net)
POPULER

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Presiden Joko Widodo dijadwalkan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu (01/06/2022).

“Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan di Ende,” kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo sebagaimana dilansir dari siaran pers di laman resmi BPIP, Selasa (31/05/2022).

Benny juga mengungkapkan, Presiden Jokowi akan menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende, setelah Presiden Pertama RI, Soekarno.

Sebelumnya Bupati Ende, Nusa Tenggara Timur, Djafar Achmad memastikan persiapan yang dilakukan H-2 menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Ende mencapai 99 persen dan sudah rampung.

"Kami sudah siap 99 persen. Tinggal satu persen itu kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Secara umum apa yang disyaratkan Protokol Istana dan Paspampres dari jauh-jauh hari sudah dirampungkan H-2 ini," kata Bupati Ende Djafar Achmad di Ende, kemarin.

Menjelang kedatangan Presiden RI ke kota Ende, Ia menjelaskan berbagai persiapan telah dirampungkan. Dia menyebut persiapan sarana dan prasarana seperti toilet dan ruang perawatan intensif atau ICU yang dekat dengan lapangan upacara telah rampung. Begitu pula dengan hal lain yang menjadi prasyarat dari Protokol Istana.

Bupati Ende mengajak masyarakat daerah ini untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan masing-masing. Hal yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan dan keindahan kota Ende.

"Ada banyak tamu di sini. Saya imbau masyarakat Kabupaten Ende tetap menjaga kebersihan kota ini. Kita harus menjaga," kata dia.

Ia memastikan Presiden RI akan tiba di Ende pada pukul 17.50 Wita, tanggal 31 Mei 2022. Selanjutnya Presiden akan menginap semalam dan melakukan berbagai jadwal yang telah diagendakan.

Adapun Presiden RI Joko Widodo akan didampingi beberapa tamu di antaranya Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan lainnya.

Bupati Ende menyebut sekurang-kurangnya ada 18 tamu yang dipastikan hadir dan menginap di Ende untuk memperingati momen penting 1 Juni 2022 itu.

Dalam kunjungan sehari ke Kabupaten Ende, Presiden RI akan menerima Gelar Adat Mosalaki di dalam Rumah Adat Ende.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR