ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

BPK PENABUR Semai Apresiasi terhadap Keberagaman Nusantara

Jumat , 03 Mei 2019 | 15:00
BPK PENABUR Semai Apresiasi terhadap Keberagaman Nusantara
Ramuna SLTAK BPK PENABUR (Istimewa)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - BPK PENABUR Jakarta mengadakan kegiatan Raimuna jenjang SLTAK pekan lalu dengan menyasar para pramuka penegak. Pada tahun yang ke-5 ini mengusung tema “Generasi Milenial yang Berbudaya dan Berkarakter”. Maksudnya, ingin mengajak anak-anak SLTA Kelas X menunjukkan keanekaragaman nusantara melalui parade nusantara yang akan dilakukan oleh masing-masing sekolah pada upacara pembukaan. Serta nilai-nilai PKBN2K untuk tetap membentuk karakter positif para peserta didik.

Purnomo Sigit sebagai Pembina Upacara, pada saat acara berlangsung mengatakan kegiatan yang dikemas dalam kepramukaan zaman now diikuti oleh 19 sekolah dengan 2.743 peserta didik lewat kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif, kreatif, rekreatif, dan produktif.

Purnomo menambahkan, kegiatan Raimuna ini bertujuan agar peserta menjadi generasi modern yang mengenal dan mencintai budaya serta berkarakter. Kita tahu bahwa di Indonesia ada beribu-ribu pulau dan kebudayaan bukan hanya dari tarian tetapi dari makanan, bahasa dan budaya. Anak-anak yang sedang menuju dewasa ini kita didik supaya saat mereka nanti terjun ke masyaraksat mereka tidak canggung dan siap menghadapai beragam karakter budaya di Indonesia dan tentunya akan menambah rasa cinta tanah air serta diharapkan dapat meneruskan perjuangan dan kepemimpinan untuk Indonesia yang lebih baik.

Lebih lanjut Sylviana Chrisyan Kepala Sekolah SMAK 1 PENABUR Jakarta mengatakan, berdasarkan kurikulum Nasional 2013, pramuka adalah kegiatan ektra kulikuler yang wajib diikuti oleh kelas 10. Dalam kepramukaan setiap siswa diajarkan bagaimana memberi pertolongan pertama kepada teman-temannya yang sakit. Selain itu mereka juga belajar bagaimana cara budidaya tanaman hidroponik dan beberapa daftar Saka (Satuan Karya Pramuka) tingkat nasional.

Kegiatan Raimuna ini dibagi menjadi beberapa tantangan sesuai dengan muatan yang terkandung di dalamnya, dengan harapan peserta Raimuna 2019 mendapatkan wawasan dan pengetahuan untuk menguatkan skillnya serta memperolah pengalaman dan keterampilan baru untuk masa depannya.

Harapan kami, para peserta bisa menikmati semua kegiatan selama dua hari ini dengan segala keterbatasan yang ada menginap di tempat terbuka dan akan tetap survive sampai acara selesai.

 

Editor : Maria L. Martens
Reporter : Theresia Masang
KOMENTAR