Hadiri Rakor Pilwako di KPUD, Wali Kota Tidore: Pemda Berkomitmen Pemilukada Lancar dan Sukses


 Hadiri Rakor Pilwako di KPUD, Wali Kota Tidore: Pemda Berkomitmen Pemilukada Lancar dan Sukses Rakor Pilwako di KPUD Kota Tidore yang dihadiri Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt.Ali Ibrahim, Ketua dan Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, Kajari Soasio, Polres Tidore, Kodim 1505 Tidore, bersama Organisasi Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan. (Arahkita/Apriyanto Daud)

TIDORE, ARAHKITA.COM - Jelang awal tahapan Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan yang menyisakan waktu sekitar satu bulan lebih, Komisi Pemulihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat koordinasi bersama Pemerintah Daerah dan Instansi terkait dalam rangka persiapan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, bertempat di Aula KPU Kota Tidore Kepulauan, Senin (21/10/2019).

Rapat koordinasi ini dihadiri Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt.Ali Ibrahim, Ketua dan Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, Kajari Soasio, Polres Tidore, Kodim 1505 Tidore, bersama Organisasi Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim dalam rakor ini mengatakan Pemerintah Daerah sangat berkomitmen agar penyelenggaraan hajatan Demokrasi Pemilukada Kota Tidore Kepulauan dapat berlangsung lancar, sukses dan kondusif. Demi kesuksesan ini, Wali Kota juga meminta agar setiap SKPD ikut berkontribusi membantu KPU Kota Tidore Kepulauan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Untuk kelancaran distribusi logistik, sebagai daerah kepulauan membutuhkan transportasi darat dan laut yang handal, oleh karena itu rencananya pada bulan Desember mendatang, Kota Tidore Kepulauan akan kedatangan kapal penyeberangan antar pulau, oleh karena itu Kapal tersebut nantinya akan disiapkan untuk mendistribusikan seluruh logistik Pemilu ke Kecamatan-kecamatan yang ada di wilayah Oba.

"Terkait dukungan dana penyelenggaraan Pemilukada, Pemkot Tidore Kepulauan sudah menyetujui anggaran sebesar Rp17,5 Miliar kepada KPU Kota Tidore Kepulauan, untuk Bawaslu sebesar Rp7 Miliar, dana pengamanan Pemilu kepada Polri sebesar Rp2,5 Miliar dan TNI sebesar Rp1 Miliar. dengan harapan keseluruhan dana hibah ini dapat digunakan di semua tahapan Pemilukada sampai tahap penetapan," kata Ali Ibrahim.

Pada kesempatan ini Ali Ibrahim mengapresiasi KPU Kota Tidore Kepulauan yang selalu berkinerja terbaik. Bahkan secara nasional KPU Tidore masuk kategori terbaik. Oleh karena itu Ali Ibrahim berharap agar prestasi ini terus dipertahankan dan dapat dimaksimalkan pada pelaksanaan Pemilukada mendatang.

Sementara itu dari laporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan, bahwa data kependudukan per 25 September 2019 jumlah Penduduk Kota Tidore Kepulauan sebanyak 11.393 jiwa, dari jumlah tersebut, penduduk yang wajib KTP-El sebanyak 81.634 jiwa. Dari jumlah wajib KTP-El tersebut hanya sekitar 6.715 jiwa yang belum melakukan perekaman KTP-El.

Oleh karena itu untuk mencapai seratus persen Perekaman Wajib KTP-El, Walikota Capt. Ali Ibrahim mendatangkan mobil perekaman data pada tahun 2020 yang diberi nama SIJOLA (Sistem Jemput Bola) yang akan mendatangi langsung Desa/Kelurahan di semua kecamatan untuk melakukan perekaman data KTP-El," Mudah-mudahan jika semua Wajib KTP sudah dilakukan perekaman data maka kedepan penyusunan DPS-DPT dapat dilakukan dengan baik dan Pemilukada berlangsung sukses," tutupnya.

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Politik Terbaru