ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Indonesia Akhiri SEA Games dengan Posisi Urutan Ke-tiga

Senin , 23 Mei 2022 | 09:00
Indonesia Akhiri SEA Games dengan Posisi Urutan Ke-tiga
Kontingen Indonesia tempati posisi urutan ke-tiga SEA Games 2021 Vietnam (Net)
POPULER
Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Pengujian KUHP

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Kontingen Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung 12-23 Mei di peringkat tiga klasemen dengan 69 emas, 91 perak, 81 perunggu,  dan hasil tersebut sesuai dengan harapan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Demikian diwartakan Antara, Senin (23/05/2022).

Raihan medali tim Merah Putih itu jauh di bawah sang tuan rumah yang berkuasa dengan 205 emas, 125 perak, 116 perunggu, sedangkan posisi dua ditempati Thailand dengan 92 emas, 103 perak dan 136 perunggu.

Meski demikian, pencapaian Kontingen Indonesia tetap lebih baik jika dibandingkan hasil SEA Games Filipina yang finis keempat. Begitu juga dengan hasil dua kejuaraan dua tahunan itu sebelumnya yang hanya finis kelima. Indonesia terakhir juara pada SEA Games 2011.

Dari 32 cabang olahraga yang diikuti, atlet Indonesia bisa menyumbangkan medali meski ada beberapa yang meleset dari target, salah satunya adalah pencak silat. Target empat emas cabang beladiri tradisional Indonesia itu ternyata hanya terealisasi satu emas saja.

Cabang bela diri banyak yang belum sesuai harapan, kecuali karate yang sukses memenuhi target yang dibebankan.

Hasil berbeda datang dari cabang olahraga Olimpiade. Rowing, kano, menembak, dan panahan mampu menjadi lumbung emas bagi Kontingen Indonesia.

Kejutan juga terjadi di Negeri Paman Ho itu dari kolam renang yang melahirkan juara baru yakni Masniari Wolf (16 tahun) dan Flairene Candrea (17 tahun). Kedua remaja ini meraih emas dalam laga debut dan memutus paceklik emas dari atlet renang putri Indonesia.

Begitu juga dengan basket putra. Timnas Indonesia sukses meraih emas setelah di pertandingan terakhir mengalahkan juara bertahan Filipina yang selama ini menguasai podium selama 13 kali pelaksanaan kejuaraan dua tahunan itu.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR