ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Perludem Ingatkan Presiden, Hindari Aktivitas Kontroversial, Ini Sebabnya....

Senin , 19 Maret 2018 | 13:50
Perludem Ingatkan Presiden, Hindari Aktivitas Kontroversial, Ini Sebabnya....
Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini. (Perludem.org)
POPULER
Presidensi G20 2022 Tingkatkan Pengakuan Kapabilitas Indonesia

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan Presiden sebaiknya menghindari aktivitas-aktivitas yang dapat memicu kontroversi seperti pembagian sepeda kepada publik, menjelang Pilpres.

"Sebaiknya presiden menghindari aktivitas yang sifatnya tidak berkaitan kebijakan yang cenderung menjadi kontroversi," kata Titi dijumpai di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Titi mengatakan tupoksi Presiden sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahan sudah jelas. Sehingga aktivitas yang dapat menimbulkan spekulasi, khususnya menjelang Pemilu Presiden, sebaiknya dihindari.

"Saya tidak tahu apakah sepeda itu dari dana pribadi atau dana Negara, atau apakah terprogram dalam aktivitas resmi Presiden atau tidak. Jika tidak, aktivitas yang dapat memiicu kontroversi dan spekulasi sebaiknya dihindari, apalagi kalau nanti calon hanya dua, fragmentasi politik sangat tinggi, sangat kuat," ujarnya sebagaimana dilansir Antara.

Titi mengatakan kampanye yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, tidak hanya soal penyampaian visi-misi program tapi juga mengenai citra diri. Sehingga jika ada pihak-pihak berspekulasi bahwa aktivitas populis Presiden selaku petahana sebagai bagian dari membangun citra diri, maka hal ini akan menjadi tidak konstruktif.

"Mestinya aktivitas Presiden diarahkan pada pendidikan politik yang memicu diskursus pada visi-misi program, bukan malah diskursus terhadap hal-hal yang malah menjauhkan pemilih dari membahas visi-misi program pasangan calon," jelas dia.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR