PDIP Desak Pelanggaran HAM Masa Lalu Diungkap


 PDIP Desak Pelanggaran HAM Masa Lalu Diungkap Politisi PDIP, Masinton Pasaribu. (Tigapilarnews)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Pengurus DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mendatangi Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta, Kamis (26/7/2018), untuk mendesak agar pelanggaran HAM masa lalu diungkap.

"Pada Kamis ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPP Bidang Hukum PDIP Trimedya Panjaitan mendatangi kantor Komnas HAM. Kami mendesak Komnas HAM untuk mengungkap kasus pelanggaran masa lalu, termasuk peristiwa 27 Juli tahun 1996, khususnya perebutan kantor DPP PDIP," kata politisi PDIP, Masinton Pasaribu ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Menurut dia, peristiwa pengambilalihan paksa kantor PDI pro-Mega di Jalan Diponegoro, Jakarta pada 27 Juli 1996 itu telah memakan banyak korban, sehingga diharapkan Komnas HAM bisa mengungkap ke publik permasalahan itu.

"Desakan kepada Komnas HAM ini akan terus dilakukan hingga Komnas HAM mengungkapkan siapa pelaku di balik peristiwa 27 Juli itu," tegas anggota Komisi III DPR RI ini.

Ia berharap kedatangan pengurus DPP PDIP ke kantor Komnas HAM dapat memperoleh kepastian langkah hukum terkait penanganan kasus tersebut sehingga peristiwa itu tidak terjadi di kemudian hari.

"Diharapkan diperoleh langkah politik, langkah hukum dan penanganan bagi korban dan bagaimana juga bamgsa ini membangun proses rekonsiliasi agar tidak terjadi kembali," ucapnya sebagaimana diberitakan Antara.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Hukum & Kriminalitas Terbaru