ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Ini Data Lengkap Korban Kecelakaan Tol Jagorawi Sentul

Minggu , 15 September 2019 | 17:45
Ini Data Lengkap Korban Kecelakaan Tol Jagorawi Sentul
Kecelakaan tunggal mobil Suzuki APV di Tol Jagorawi KM 36 Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/9/2019) pagi. (Tribunnews.com)

SENTUL, ARAHKITA.COM - Polres Bogor, Jawa Barat merilis data lengkap sembilan korban kecelakaan tunggal mobil Suzuki APV di Tol Jagorawi KM 36 Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/9/2019) pagi.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri menyebutkan bahwa tiga di antara sembilan korban penumpang mobil bernomor polisi F 1195 DH itu meninggal dunia, yakni Abraham Mbiliyora (29) warga Griya Katulampa Kota Bogor, Yehezkiel Giovanni (20) warga Kota Banjarmasin, serta Abdiwijaya Tamba (17) warga Griya Katulampa Kota Bogor.

"Tiga korban itu meninggal di tempat kejadian perkara (TKP) langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi," kata Fadli.

Sedangkan tiga di antaranya mengalami luka berat, yang salah satunya bertindak sebagai pengendara, Josni Jafet Tigor (85) warga Griya Katulampa Kota Bogor. Kemudian Santa Hagar Mbiliyora (22) warga Kabupaten Sumba Timur, dan Rasio Tamba (19) warga Kabupaten Siak. Ketiga korban luka berat ini dilarikan ke RS EMC Sentul Bogor.

Kemudian, tiga korban lainnya mengalami luka ringan yang juga dilarikan ke RS EMC Sentul Bogor. Mereka adalah Irene Betzy (21) warga Kabupaten Deli Serdang, Yuldi Bongga (26) warga Kota Depok, serta Kristine (35) warga Griya Katulampa, Kota Bogor.

Fadli mengatakan bahwa kerugian meteri akibat kecelakaan tunggal itu sekitar Rp15 juta. Ia mengaku akan menelusuri lebih dalam mengenai musabab tergulingnya mobil Suzuki AVP berwarna merah marun di Tol Jagorawi itu.

Diberitakan sebelumnya, Fadli menyebutkan bahwa kendaraan dengan nomor polisi F 1196 FH terguling ketika melaju dari arah Bogor menuju Jakarta sekitar pukul 08.30 WIB.

"Kejadian tersebut merupakan kecelakaan tunggal yang melibatkan mobil APV merah marun yang mengalami pecah ban belakang sehingga menyebabkan mobil.

Tiga penumpang mobil Suzuki APV meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi KM 36 Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/9/2019) pagi.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri menyebutkan bahwa kendaraan dengan nomor polisi F 1196 FH terguling ketika melaju dari arah Bogor menuju Jakarta sekitar pukul 08.30 WIB.

"Kejadian tersebut merupakan kecelakaan tunggal yang melibatkan mobil APV merah marun yang mengalami pecah ban belakang sehingga menyebabkan mobil terguling," ujarnya kepada ANTARA di Bogor melalui pesan singkat.

Selain menyebabkan tiga orang meninggal dunia, peristiwa tersebut juga menyebabkan tiga orang luka berat, dan tiga lainnya mengalami luka ringan.

"Jumlah korban yang meninggal dunia ada tiga orang, dan saat ini jenazah dievakuasi ke RSUD Ciawi. Sedangkan untuk tiga orang yang mengalami luka berat dievakuasi ke Rumah Sakit EMC Sentul," kata Fadli.

Video detik-detik usai tragedi itu sempat beredar di WhatsApp Group. Pada video tersebut memperlihatkan para korban tengah terkapar di tepian jalan Tol, serta menyorot mobil APV yang hancur pada bagian depan.

Sementara itu, PT Jasa Merga juga menyampaikan ihwal pristiwa tersebut melalui akun twitternya @PTJASAMARGA.

“08:34 WIB Kecelakaan Jagorawi di Sentul Selatan KM 36 Arah Jakarta, kendaraan APV dalam penanganan petugas,” tulis akun @PTJASAMARGA.

Mobil Suzuki APV bernomor polisi F 1196 DH yang terguling di KM36+500 Tol Jagorawi, Sentul, Bogor, Minggu pagi, berpenumpang sembilan orang, kata Kepala Departemen Komunikasi dan Pemasaran PT Jasa Marga Irra Susianty.

"Kendaraan berpenumpang sembilan orang itu mengalami pecah ban belakang sebelah kanan, sehingga pengemudi kehilangan kendali dan kendaraan oleng. Kecelakaan tunggal itu mengakibatkan tiga tewas dan enam lainnya terluka ," kata Irra di Jakarta.

Menurut dia, kendaraan bernomor polisi F 1196 DH yang dikendarai oleh Josni Jafet Tigor tersebut melaju dari Bogor menuju Jakarta.

Namun, saat tiba di lokasi kejadian, sekitar GT Sentul, Bogor, kendaraan itu mengalami pecah ban dan terjadi kecelakaan tunggal.

"Kejadiannya sekitar pada pukul 08.10 WIB. Penyebab kecelakaan ditengarai akibat pecah ban belakang," katanya.

Lima menit setelah kejadian, kata Irra, Polisi Jalan Raya (PJR) tiba di lokasi kecelakaan, kemudian disusul petugas ambulans. Mereka membantu evakuasi korban dan melarikan ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

"Tiga korban meninggal dunia langsung dibawa ke RSUD Ciawi, lima orang yang dibawa ke RS EMC Sentul terdiri atas tiga orang luka berat dan dua orang luka ringan, serta satu orang luka berat di bawa ke RS Bina Husada Cibinong," kata Irra.

Selain itu, petugas Layanan Jalan Tol Jasa Marga dan PJR juga melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar tempat kejadian. Pada pukul 09.15 WIB lokasi kejadian sudah bersih, dan kondisi lalu lintas normal kembali.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR