ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Polda Kalteng Sita 123 Gram Sabu dari 3 Tersangka

Selasa , 23 Juli 2019 | 06:00
Polda Kalteng Sita 123 Gram Sabu dari 3 Tersangka
Anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng penggeledahan dikediaman satu d

PALANGKA RAYA, ARAHKITA.COM - Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng menangkap tiga orang di beberapa lokasi berbeda di Kabupaten Kotawaringin Timur karena diduga menjadi bandar narkoba dan mengamankan barang bukti sabu sekitar 123 gram lebih.

"Ketiga orang itu ternyata satu jaringan dan sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kepemilikan narkoba sebanyak itu," kata Kasubdit I Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng AKBP Muhammad Fadli di Palangka Raya, Senin.

Fadli mengatakan, ketiga tersangka yang sudah mendekam di rumah tahanan Mapolda Kalteng tersebut bernama Bagus Nopidianto, Zulkifli dan terakhir Agus Sofi. Ketiganya kini juga dikenakan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Mengenai ancaman hukumannya ketiga tersangka dalam kepemilikan narkoba tersebut, masing-masing paling tinggi seumur hidup dan paling rendah 20 tahun penjara. Pasal yang diberikan tersebut tidak lain agar para pelaku jera dan tidak lagi mengulangi perbuatannya itu.

"Memang hasil pengembangan dari tiga tersangka ini sudah mentok, namun kami terus berusaha untuk berupaya mencari siapa bandar besar yang diduga selama ini beroperasi di Kalteng," katanya.

Perwira berpangkat melati dua itu menjelaskan, tertangkapnya tiga warga Kotim tersebut dilakukan pada Jumat (12/7/19). Terbongkarnya perbuatan tiga bandar sabu ini berawal dari tertangkapnya Bagus Nipidianto di kediamannya di Jalan Kembali V kelurahan Mentawa Baru, Kecamatan Mentawa Baru Sampit dengan barang bukti sabu-sabu seberat 8,89 gram.

Setelah dilakukan pengembangan, petugas mengamankan Zulkifli warga Jalan Ir.H Juanda Sampit kemudian di Jalan Kembali V tidak jauh dari kediaman Bagus Nopidianto tanpa perlawanan apapun.

"Ketika dilakukan penggeledahan terhadap Zulkifli, anggota menemukan empat paket sabu seberat 20 gram yang dibungkus menggunakan plastik warna hitam," ucap Fadli.

Tim yang di pimpin perwira menengah Polda Kalteng itu tidak mau putus di situ saja. Ia kembali melakukan pengembangan, alhasil petugas kembali membekuk bandar sabu bernama Agus Sofi di rumahnya di Jalan Walter Condrad Gang Surono.

Dari tangan Agus Sofi anggota menemukan 18 paket besar sabu dengan berat kotor 95 gram. Selain barang haram tersebut, pihaknya juga mengamankan satu timbangan digital, satu plastik warna hitam, satu buah sendok sabu.

"Setiap penangkapan ketiga tersangka itu juga disaksikan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan warga yang berada di sekitar lokasi penangkapan, agar masyarakat bisa menjaga kompleknya dan terhindar dari bahaya narkoba yang kian merambah ke tiap kelurahan dan ke pedesaan yang ada di Kalteng," demikian Fadli.

 

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR