ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

In Memoriam: Sosok Ibu Alfreda da Silva Bapa di Mata KBM Jaya

Selasa , 14 Januari 2020 | 11:25
In Memoriam: Sosok Ibu Alfreda da Silva Bapa di Mata KBM Jaya
Keluarga Besar Bapak J. Blasius Bapa & Ibu Alfreda da Silva Bapa, foto bersama saat perayaan Pesta Emas pernikahan. (Foto: Istimewa)
POPULER
Penyerang Persib Bandung Wander Luiz Konfirmasi Positif Corona

KELUARGA Besar Maumere Jakarta Raya (KBM Jaya), berduka cita sangat mendalam atas meninggalnya Ibu Alfreda da Silva Bapa, istri dari bapak J. Blasius Bapa, yang telah dipanggil Tuhan Allah Bapa di Surga pada tanggal 10 Januari 2020, pkl. 13.39 WIB di Rumah Sakit Siloam, Jakarta dalam usia 76 tahun, karena menderita stroke.

Almarhumah adalah Ibunda dari Melchias Markus Mekeng, Anggota DPR RI, Fraksi Partai Golkar, Dapil NTT I, yang dengan setia mendampingi Bapak Blasius Bapa dalam berbagai aktivitas di medan pengabdian.

Sukses bapak J. Blasius Bapa dalam pengabdian dan kariernya sebagai Wartawan PAB (Harian Angkatan Bersenjata), sebagai Bisnisman, Anggota MPRS RI, aktivitas sosial di Yayasan Lions Club dan dalam peguyuban KBM Jaya, tidak terlepas dari keteguhan hati dan kesetiaan seorang ibu Alfreda da Silva Bapa dalam mengelola kehidupan keluarga, termasuk sukses mengantarkan Bapak J. Blasius Bapa pada Oktober 1989 mengorganisir segala keperluan dan kebutuhan terkait kunjungan Paus Johanes Paulus II ke Sikka, Maumere meresmikan patung Kristus Raja di Sikka.

Bagi KBM Jaya, Ibu Alfreda da Silva Bapa adalah sosok seorang Ibu yang patut diteladani terutama karena berhasil mengantarkan semua putra putrinya sukses dalam pendidikan dan masing-masing  berkarya menurut profesinya masing-masing. Selain daripada itu mendiang Ibu Alfreda da Silva Bapa juga berhasil mengajarkan semua putra putrinya untuk tampil sederhana dan rendah hati di tengah kehidupan metropolis yang glamour.

Ibu Alfreda da Silva Bapa dengan penuh pengertian bisa mengelola waktu untuk tugas-tugas Rumah Tangga sebagai seorang Istri dan Ibu dari semua putra-putrinya sekaligus Ibu dari seluruh warga KBM Jaya dalam urusan sosial karitatif. Karena sejak berdirinya KBM Jaya tahun 1978 hingga sekarang, mendiang Ibu Alfreda da Silva Bapa selalu hadir mendampingi Bapak Blasius Bapa dalam karya sosial karitatif, yang penuh pengorbanan materi dan waktu demi warga Maumere dalam peguyuban KBM Jaya pada setiap kondisi yang memerlukan keterlibatan KBM Jaya.

Lima Sukses Utama
Ada  (lima) sukses utama Mendiang Ibu Alfreda da Silva Bapa yang layak menjadi teladan bagi kita semua generasi sekarang: 
1. Sukses mengantarkan Bapak J. Blasius Bapa dalam karya Jurnalistik di masa Orde Baru, hingga berkarya di bidang politik tidak saja di PDI tetapi juga di Partai Golkar serta karya sosial karitatif lainnya; 

2. Sukses mendidik putra-putrinya hingga berhasil dalam bidang pendidikan dan berkarya di bidang keahlian masing-masing;

3. Sukses  menanamkan kesederhanaan dan kerendahan hati pada semua putra-putri dan cucu-cucunya di tengah kehidupan metropolis yang glamour;

4. Sukses menanamkan nilai Kristianitas Katolikus kepada seluruh anak cucunya;

5. Sukses menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai keibuan kepada anak-anak dan menantu-menatu terutama sikap mengayomi, penyayang, rendah hati dan harmonis.

Sukses mendiang Ibu dari 5 orang putra dan putri serta Oma dari semua cucu-cucunya menjadi simbol kesuksesan seorang Ibu Rumah Tangga dalam membangun sebuah Keluarga harmonis di tengah kehidupan kota Jakarta yang sangat dinamis.

d71dda85-d206-4a8f-b583-e1ce6e3a5045

Bapak J. Blasius Bapa bersama anak, mantu, dan cucu. (Foto: Istimewa)

Mendiang selalu dekat dengan semua putra-putri dan cucu-cucunya, hingga satu persatu cucu sudah mulai beranjak dewasa dan membangun karier dan keluarganya sendiri. 

Terakhir sempat menyaksikan secara langsung pernikahan cucu pertama (Adi), putra sulung Melchias Markus Mekeng, pada tanggal 3 Agustus 2019, juga sempat menyaksikan sukses putranya Melchias Markus Mekeng dalam karier politik dilantik menjadi Anggoa DPR RI, tanggal 2 Oktober 2019, untuk periode ke-IV,  2019-2024.  

Kegigihan yang luar biasa dari mendiang Ibu Alfreda da Silva Bapa adalah bagaimana melawan penyakit yang dideritanya untuk hidup lebih lama, terutama keinginannya untuk menyaksikan pernikahan cucu pertama (Adi), pada tanggal 3 Agustus 2019, juga ingin menyaksikan pelantikan Melchias Markus Mekeng menjadi Anggota DPR RI periode ke IV tanggal 2 Oktober 2019, dan terakhir keinginan untuk mengantarkan cucu dari putrinya Ani Bapa diwisuda menjadi sarjana S1 di Malang, pada bulan November 2019, sebelum akhirnya meninggal dunia pada tanggal 10 Januari 2020. 

feb38d41-5dd2-422b-ad0b-b67c49cf5726

Rumpun Keluarga Besar Mekeng Bemuaja Maumere dan Jakarta. (Foto: Istimewa)

Selamat jalan Ibu, Oma, Tante, Kaka Alfreda da Silva Bapa, segala hal baik yang ditinggalkan hanya bisa kami warisi dengan meneladani dan menjadikan suritauladan dalam sikap hidup sehari-hari, bukan saja oleh semua anak dan cucu, akan tetapi juga bagi kami semua Keluarga Besar KBM Jaya. KBM Jaya boleh kehilangan Mendiang Ibu Alfreda da Silva Bapa karena Kuasa Tuhan, tetapi segala jasa baik dan budi baik dalam sikap hidup, layak menjadi panutan bagi kami semua. 

Kenangan terakhir mendiang Alfreda da Silva Bapa adalah kehadirannya bersama Keluarga Besar KBM Jaya, meskipun dalam kondisi kurang sehat, Tante (yang biasa kami sapa) masih sempat hadir di tengah perayaan Natal Bersama KBM. Jaya se -Jabodetabek di Kemayoran  pada Januari 2017, setelah itu, kemunculan Tante di tengah aktivitas sosial KBM Jaya terhenti hingga Tuhan Allah Bapa di Surga memanggilnya dengan tenang, tanggal 10 Januari 2020. Selamat jalan menuju keabadian ke rumah Bapa di Surga.

Jakarta, 13 Januari 2020.

Petrus Selestinus

Ketua KBM Jaya Jakarta

Editor : Farida Denura
KOMENTAR