Desember 2022, Operasional Komersial LRT Jabodebek Akan Dimulai


 Desember 2022, Operasional Komersial LRT Jabodebek Akan Dimulai Operasional komersial LRT Jabodebek akan dimulai pada Desember 2022 atau awal tahun 2023. (Net)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mengungkapkan tahap operasional komersial LRT Jabodebek akan dimulai pada Desember 2022 atau awal tahun 2023.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa nanti pada Agustus 2022 akan ditandai dengan demo daripada grade of automation (GOA) 3 di beberapa lintas pelayanan, kemudian akan diteruskan pada Oktober 2022 akan dilakukan trial run. Pada saat trial run akan diskenariokan LRT ini sudah beroperasi seperti biasa, namun belum ada penumpangnya.

"Baru pada saat Desember 2022 atau awal tahun 2023, akan dimulai tahap operasional komersial daripada LRT Jabodebek ini. Mohon doa restu masyarakat agar penyelesaian ini bisa berjalan lancar, dan Insya Allah ini akan kita mulai di akhir 2022 atau awal tahun 2023," ujar Didiek dalam seminar daring di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dia juga menambahkan bahwa sampai dengan saat ini total progress proyek secara menyeluruh yakni 81,75 persen. Milestone-milestone yang ada sekarang itu KAI sedang menjalankan testing dan commissioning.

"Dengan demikian kalau masyarakat melihat ada lintasan-lintasan LRT yang sedang dijalankan, maka itu dalam rangka melakukan testing dan commissioning," kata Didiek diberitakan Antara.

LRT Jabodebek merupakan proyek strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di wilayah Jabodebek.

Pemerintah menginisiasi pelaksanaan percepatan pembangunan sarana dan prasarana Light Rail Transit (LRT) terintegrasi dengan menugaskan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku BUMN yang juga memiliki tujuan sebagai agen pembangunan (Agent of Development).

LRT Jabodebek diharapkan menjadi salah satu moda yang dapat diandalkan untuk mengurangi kemacetan di Jabodebek.

Kehadirannya sebagai angkutan umum massal berbasis rel diharapkan dapat meningkatkan perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

Sebelumnya PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan bahwa LRT Jabodebek yang ditargetkan beroperasi pada Agustus 2022, direncanakan akan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.45 WIB hingga 23.00 WIB.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan jam pelayanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengawali aktivitas di pagi hari sampai menjelang tengah malam.

 

 


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Ekonomi Terbaru