ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

BI Catat Modal Asing Keluar dari RI Senilai 400 Juta Dolar AS

Kamis , 17 Maret 2022 | 15:30
BI Catat Modal Asing Keluar dari RI Senilai 400 Juta Dolar AS
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Net)
POPULER

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat terdapat aliran modal asing keluar atau nett outflows dari pasar keuangan domestik sebesar 400 juta dolar AS pada periode Januari hingga 15 Maret 2021.

"Aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik tertahan seiring peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Meski terdapat aliran modal asing yang keluar, nilai tukar rupiah tetap terjaga sehingga menguat sebesar 0,38 persen secara point to point dan 0,01 persen secara rerata dibandingkan dengan level akhir Februari 2022.

Ia menjelaskan perkembangan nilai tukar ditopang pasokan valas domestik dan persepsi positif terhadap prospek perekonomian domestik, di tengah meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Dengan perkembangan tersebut, rupiah sampai dengan 16 Maret 2022 mencatat depresiasi sekitar 0,42 persen dibandingkan dengan level akhir 2021.

Kendati terdepresiasi, penurunan mata uang Garuda relatif lebih rendah dibandingkan depresiasi dari mata uang sejumlah negara berkembang lainnya, seperti Malaysia 0,76 persen, India 2,53 persen, dan Filipina 2,56 persen.

"Ke depan, nilai tukar rupiah diperkirakan tetap terjaga didukung oleh kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang tetap baik," tutur Perry diberitakan Antara.

BI akan terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan bekerjanya mekanisme pasar dan fundamental ekonomi, melalui langkah-langkah mendorong efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar.

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR