Peluang Menjanjikan,Yuk Belajar Berbisnis Produk Kebutuhan Ibu dan Bayi di E-Commerce


 Peluang Menjanjikan,Yuk Belajar Berbisnis Produk Kebutuhan Ibu dan Bayi di E-Commerce Produk ibu dan bayi tampaknya akan terus dibutuhkan sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. (Net)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Produk ibu dan bayi tampaknya akan terus dibutuhkan sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Platform belanja daring Tokopedia bahkan mencatat bahwa selama pada periode 1 Januari hingga 14 Februari 2023, produk ibu dan bayi atau anak menjadi kategori yang paling diminati.

"Tokopedia mencatat beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di kategori Ibu dan Bayi, yaitu Bandar Lampung, Bandung Barat, Sukoharjo, Denpasar, hingga Makassar,” kata Category Development (Mom and Baby) Senior Lead Tokopedia Ditra Putra Komala dalam keterangan resmi, Kamis (2/3/2023).

Salah satu contoh pelaku usaha yang mengalami pertumbuhan penjualan dalam kategori tersebut adalah Gasol Organik dengan kenaikan transaksi hampir dua kali lipat selama Januari 2023 dibandingkan bulan sebelumnya, dan Ardenleon yang pertumbuhannya melonjak lebih dari 2,5 lipat.

Agar dapat mengikuti jejak Gasol Organik dan Ardenleon dalam berbisnis produk kebutuhan ibu dan bayi, berikut ini tips untuk Anda dilansir Antara:

Pelajari produk yang paling laris

Di Tokopedia, pada awal tahun 2023, subkategori perawatan bayi, popok, makanan dan susu bayi, mainan dan aktivitas bayi, serta perlengkapan makan bayi menjadi yang paling laris di kategori Ibu dan Bayi.

Sementara di kategori Ibu dan Anak, produk terlarisnya adalah popok sekali pakai, susu untuk bayi di atas satu tahun, shampo dan sabun bayi, kapas dan tisu bayi, serta minyak telon.

Beri deskripsi produk dan foto yang lengkap

Jelaskan produk secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, diperuntukkan bagi anak usia berapa, kelengkapan, warna, bahan, cara perawatan hingga opsi layanan kurir, serta jadwal pengiriman. Informasikan juga sertifikasi yang telah didapatkan, misalnya label SNI untuk baju atau sertifikasi BPOM dan halal untuk makanan bayi.

Untuk foto, pastikan pencahayaan cukup dan gunakan background yang sederhana untuk menonjolkan kelebihan produk. Penjual juga bisa menyiapkan foto produk dari berbagai sisi hingga detail bahan produk.

Ikuti kampanye online

Penjual bisa memperluas jangkauan pasar lewat berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya lewat kampanye tahunan Tokopedia Parents Fair, yang tahun ini berlangsung hingga 3 Maret 2023.

Pada kampanye tersebut, penjual bisa memberi lebih banyak penawaran menarik untuk pembeli, mulai dari flash sale, cashback, peluncuran eksklusif hingga live shopping.

Maksimalkan pemasaran lewat fitur beriklan otomatis dan live shopping

Manfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produk perlengkapan bayi dan anak yang dijual tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

Selain itu, buatlah live video streaming lewat Tokopedia PLAY untuk berinteraksi dengan calon pembeli. Video live streaming cocok untuk peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga penyelenggaraan kuis atau giveaway.

"Pada 2022, transaksi live shopping di Tokopedia PLAY tercatat naik 2,5 kali lipat dibandingkan 2021," ujar Ditra.

Perluas jangkau pasar lewat layanan gudang pintar

Penjual bisa memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar. Layanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah-wilayah dengan permintaan tertinggi.

Layanan Dilayani Tokopedia juga membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan dan pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Selain itu, ongkos kirim yang ditawarkan ke pembeli bisa lebih murah bahkan gratis.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Arah Preneur Terbaru