ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Arah Preneur

Cerita Bang Jack Sulap Warung Kopi jadi Warung Serba Ada

Selasa , 30 Agustus 2022 | 09:30
Cerita Bang Jack Sulap Warung Kopi jadi Warung Serba Ada
Yusuf Syarifudin atau Bang Jack berada di depan warung kopinya. (Foto: Istimewa)
POPULER

YUSUF Syarifudin, yang lebih dikenal sebagai Bang Jack, tak menyangka jika usaha warung kopi peninggalan almarhum adiknya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat dapat menjadi peluang rezeki bagi keluarganya. Berkat saran dari banyak pelanggannya, dalam rentang satu tahun Bang Jack berhasil menambah lebih banyak varian produk di warung kopinya, termasuk berbagai produk digital yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya lewat layanan Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay, yang membantunya menarik lebih banyak pelanggan. Kini omzet bulanan yang dicapainya pun berhasil mencapai angka belasan juta rupiah.

Bang Jack, yang sebelumnya sempat bekerja sebagai petugas cleaning service dan jasa service AC, tak menyangka bahwa ia juga mampu berwirausaha. Namun, berkat kemauan dan semangat pantang menyerah yang tinggi, pria berusia 42 tahun ini mencoba beberapa strategi agar bisa mengelola warung kopi sederhana tersebut secara maksimal. Perkembangan usaha Bang Jack pun mulai dirasakan sejak ia rajin bertanya kepada para pelanggan dan tetangga tentang produk apa yang paling mereka butuhkan. Banyaknya permintaan untuk menyediakan berbagai produk digital seperti pulsa, paket data hingga token listrik pun semakin terjawab berkat pertemuannya dengan tim Mitra Shopee.

Bang Jack mengatakan, "Awalnya sempat ragu untuk berjualan menggunakan aplikasi dan handphone, karena saya tidak cukup pandai menggunakan teknologi. Namun, setelah beberapa kali diarahkan tim Mitra Shopee, ternyata aplikasinya mudah dioperasikan, varian produknya banyak dan yang paling membuat saya tertarik adalah harganya yang lebih murah dibanding lainnya. Selain itu, para tetangga yang banyak belum memiliki rekening bank pun semakin senang karena mereka bisa isi saldo ShopeePay dengan mudah dan tanpa biaya admin, serta bayar pesanan Shopee mereka di warkop saya tanpa harus jauh ke ATM. Semuanya lengkap tersedia di warkop saya berkat Mitra Shopee."

Bang Jack percaya orang lain pun bisa menangkap peluang yang sama seperti dirinya, terlebih lagi dengan kemudahan teknologi dan akses internet saat ini. Untuk itu, ia membagikan langkah mudah yang tentunya bisa dilakukan orang lain untuk mengembangkan usahanya:

Amati sekitar, jeli dalam melihat peluang yang ada

Di era yang serba digital saat ini, semua orang bisa memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari peluang usaha tambahan. Seperti halnya Bang Jack yang berhasil menyulap warung kopinya menjadi warung serba ada. Kecermatannya dalam mendengar masukkan tetangga dan kebutuhan pelanggan di sekitarnya pun mampu membantunya untuk mendapat penghasilan tambahan dengan bermodalkan handphone dan aplikasi Mitra Shopee.

Fokus dalam mengembangkan usaha

Bang Jack percaya bahwa dalam berwirausaha, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Harus selalu memotivasi diri untuk mengembangkan usaha tumbuh lebih besar lagi. Tentukan target yang harus dicapai setiap tahunnya, misalnya saja menambah varian produk dan layanan untuk pelanggan. Bang Jack pun menyebutkan bahwa dengan adanya layanan isi saldo ShopeePay dan pembayaran pesanan Shopee di Mitra Shopee, ia bisa menjangkau banyak pelanggan dari kalangan anak muda dan ibu-ibu di sekitarnya.

Aktif melakukan promosi

Tak hanya menambah varian produk, untuk bisa dikenal banyak pelanggan atau konsumen, kita harus memaksimalkan promosi agar semakin banyak masyarakat sekitar yang tahu tentang bisnis kita dan menarik minat mereka untuk menjadi pelanggan. Dalam hal promosi, Bang Jack mengandalkan banner serta promosi dari mulut ke mulut. Banyaknya pengemudi ojek atau layanan pesan antar makanan online yang mampir ke warungnya pun menjadi sarana promosi ke lebih banyak pengemudi lainnya. Testimoni harga di warkop Bang Jack yang jauh lebih murah dan lengkap dibanding lainnya pun kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnisnya.

Bang Jack menyebutkan bahwa Mitra Shopee telah memberikan kesempatan bagi masyarakat yang punya keterbatasan modal untuk mendapatkan peluang usaha dengan hanya bermodalkan teknologi dan kemauan yang kuat. "Saya ingin membuktikan bahwa dengan tidak menyerah dengan keadaan, kita bisa bertahan dan maju di ibukota. Yang terpenting adalah kemauan untuk lebih gigih mencoba berbagai peluang yang ada di hadapan kita," tutup Bang Jack.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR