Sabtu, 24 Februari 2024

Lima Seri Balapan Sepeda Motor 2024 Digelar di Mandalika


  • Senin, 12 Februari 2024 | 22:30
  • | News
 Lima Seri Balapan Sepeda Motor 2024 Digelar di Mandalika

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Sebanyak lima seri balapan sepeda motor akan mewarnai gelaran Mandalika Racing Series 2024, setelah pada musim 2023 hanya menyelenggarakan tiga seri.

Balapan berlabel Kejuaraan Nasional (Kejurnas) itu akan menjadi pembuka rangkaian kejuaraan balap sepeda motor di Indonesia, yang diawali pada 2 dan 3 Maret mendatang di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Terdapat tiga kelas utama yang akan dilombakan, yakni Sport 150 cc, Sport 250 cc, dan Super Sport 600 cc. Selain ketiga kelas utama tersebut, terdapat pula kelas Underbone 150 U-20, Supersport 600 cc, dan Superbike 1000 cc Community.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyebut pelaksanaan balap sepeda motor itu menjadi salah satu langkah untuk pembinaan pembalap muda di Indonesia.

“Kami dari MGPA akan terus memfasilitasi pembinaan untuk membangun prestasi para pembalap Indonesia agar bisa menapak jenjang balapan lebih tinggi. Mandalika Racing Series telah menjadi ikon kejuaraan nasional yang telah memunculkan para pembalap juara di level yang lebih tinggi seperti ARRC dan Asia Talent Cup,” kata Priandhi pada acara konferensi pers di Cikini, Jakarta, Senin.

“Dengan akan dilangsungkannya lima putaran tahun 2024 ini, diharapkan ajang MRS (Mandala Racing Series) bisa kembali mendapatkan para pemenang baru untuk meneruskan supremasi balap motor Indonesia di masa mendatang,” tambahnya.

Berbagai peningkatan telah dilakukan untuk Mandalika Racing Series 2024, di antaranya dengan regulasi teknik yakni registrasi produk komponen sepeda motor balap.

“Tahun ini kami mengeluarkan aturan mengenai registrasi produk agar semua komponen yang digunakan sudah didaftarkan ke IMI, jadi bisa dilindungi pengaplikasiannya di ajang balap. Ini upaya kami menjaga roda kompetisi di tingkat nasional bisa terus berjalan dengan dukungan para sponsor,” kata Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra dikutip Antara.

Selain regulasi teknik, hal lain yang membedakan dengan Mandalika Racing Series 2023 adalah adanya balap superpole, yang dilakukan untuk menentukan susunan pembalap yang akan menghuni posisi start.

Kelima seri balapan itu akan berlangsung pada putaran pertama, 2 dan 3 Maret, putaran kedua 25 dan 26 Mei, putaran ketiga 13 dan 14 Juli, putaran keempat 24 dan 25 Agustus, dan putaran kelima, 19 dan 20 Oktober.

 

Editor : Lintang Rowe

News Terbaru