ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Wedding

Simak! Rahasia Melangsingkan Pengeluaran di Pesta Pernikahan

Minggu , 29 Juli 2018 | 18:31
Simak! Rahasia Melangsingkan Pengeluaran di Pesta Pernikahan
Ilustrasi: Rahasia melangsingkan pengeluaran pada pesta pernikahan. (Net)

URUSAN "saku" acap menjadi ganjalan bagi sebuah perkawinan yang indah dan meriah. Berikut rahasia membuat anggaran bagi hari bahagia Anda dan pasangan.

Dan, Anda tetap dapat memiliki hari perkawinan yang indah, tanpa harus menyediakan dana melimpah.

Jadwal Waktu yang “Tidak Lazim”
Ada sewaktu-waktu tertentu yang diidealkan oleh sejumlah besar orang sebagai saat yang tepat untuk melangsungkan pesta perkawinan. Di saat itu sebaiknya Anda menghindarkan diri untuk ikut-ikutan menggelar pesta karena harga jual atau sewa benda-benda melambung. Oleh karena itu, percepatlah perkawinan Anda sebelum musim itu tiba. Atau, tundalah hingga musim itu berlalu.

Hindari Pesta Siang
Bisa jadi, pesta yang digelar di pagi hari tak terlalu diminati. Namun, percayakah Anda bahwa pesta dipagi hari, orang biasanya enggan menyantap makanan secara berlebihan, sehingga kendati berada dalam jamuan makan makan, orang akan cenderung memilih makanan kecil yang sifatnya ringan.

Rumah Bukanlah Lokasi Termurah
Terkadang sebagian orang berfikir bahwa berpesta di rumah adalah alternatif baik untuk menghemat uang. Padahal, tidak demikian halnya. Lebih baik anda mencari lokasi pesta milik umum, yang tidak perlu lagi direpotkan oleh adanya dana-dana "siluman".

Pilih Gaun Pengantin dari Berbagai Jenis
Selama ini, jarang ditemukan gaun khusus pengantin yang berharga murah. Itu terjadi karena gaun tersebut identik dengan pesta yang digelar sekali seumur hidup. Ada baiknya Anda juga melihat-lihat gaun lain dari jenis yang berbeda. Misalnya, gaun pesta biasa.

Teknik Penataan yang Tepat Guna
Saat memasuki ruangan pesta perkawinan, apa yang akan selalu menarik perhatian orang? Nah, cermati hal itu. Lalu, alokasikan dana Anda untuk menata secantik mungkin, hal yang acap kali dijadikan sebagai perhatian utama para tamu. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menata dekorasi untuk semua benda secara maksimal.

Sesuaikan Bunga dengan Waktu Pesta
Bunga menjadi salah satu unsur yang dominan di dalam pesta perkawinan. Karenanya, taburan bunga di antara maraknya para tamu tak lagi dapat dipisahkan. Namun "kewajiban" untuk menampilkan kecantikan bunga tak harus menguras kocek. Bunga-bunga cantik berharga murahlah yang mesti Anda "sunting".

Hemat anggaran-1

Menyiapkan Tema Khusus
Jika pesta Anda memiliki tema khusus bagi pesta perkawinan dan para tamu mengetahui hal ini, maka saat datang perhatian mereka hanya akan terfokus pada hal-hal seputar tema tersebut. Mereka tak berharap untuk menemukan segalanya di pesta Anda. Ini dapat memperkecil anggaran, karena anda pun hanya "dituntut" untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan tema tersebut. Bahkan jika mau, Anda bisa menonjolkan kekhasan dari tema tersebut semata.

Jujur terhadap Keluarga dan Teman
Jangan pernah menutupi pada mereka orang-orang yang dekat dengan Anda berdua bahwa Anda tengah mengendalikan anggaran pesta perkawinan Anda, Sebab, bisa jadi, kelak mereka justru beringan hati membantu segala kebutuhan Anda atau menyumbangkan ide-ide briliannya. Mobil pengantin, undangan, atau lain sebagainya, bukan mustahil, akan datang dari uluran tangan mereka.

Mengundang yang Memang "Layak" Diundang
Terkadang, di hari bahagia ini Anda ingin menyebarkan sebanyak mungkin kebahagian yang Anda rasakan. Karenanya, daftar tamu akan bertambah panjang dari hari ke hari. Maka, ada baiknya Anda sadari sepenuhnya bahwa kian panjang daftar itu, kian bengkaklah daftar anggaran yang Anda susun.

Gunakan Alat Bantu dalam Menganggarkan Dana
Mencatat harga benda-benda dari waktu ke waktu membuat Anda dapat memperoleh perbandingan harga dari setiap benda yang akan Anda beli. Itulah sebabnya, mengetahui informasi harga terbaru atas suatu benda menjadi hal yang penting. Nah, untuk mengambil langkah tersebut, Anda sebaiknya menggunakan alat bantu.

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR