ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Wedding

Potluck Wedding: ‘Saweran’ Makanan dan Minuman (1)

Selasa , 13 Agustus 2019 | 18:30
Potluck Wedding: ‘Saweran’ Makanan dan Minuman (1)
Dengan Potluck Wedding, tamu-tamu jadi saling kenalan, mulai dari tukeran resep dan sekarang sudah jadi temenan. (Net)

IDE kreatif dibutuhkan ketika hendak menggelar resepsi pernikahan. Kreatif! Kreatif! Kreatif! Itulah yang Anda butuhkan. Mungkin cara Benny dan Susan menggelar pesta yang hangat, penuh makanan lezat, dan irit dengan Potluck Wedding bisa menjadi pilihan. Apa pula makna pesta itu?

Masih asing dengan Potluck Wedding? Potluck berasal dari istilah orang Amerika Serikat yang berasal dari kata Potlatch atau Pot Lucke. Artinya “beruntung mendapatkan sesuatu (makanan) dari dalam panci”. Orang-orang datang membawa makanan dan minuman untuk tuan rumah yang menggelar hajatan. Seperti saweran makanan dan minuman.

Sejak awal, Benny dan Susan ingin pesta pernikahan tidak saja berkesan bagi mereka, tapi juga bagi tamu yang hadir.

“Dengan Potluck Wedding, tamu-tamu jadi saling kenalan, mulai dari tukeran resep dan sekarang sudah jadi temenan,” kata Susan yang baru dua tahun menikah.

Susan menambahkan, yang tak kalah penting, biaya untuk konsumsi benar-benar minim. Mereka hanya menyediakan tempat dan alat-alat makan, karena para tamu membawa makanan sebagai hadiah buat pengantin. “Seru dan tak terlupakan,” kata sekretaris di sebuah perusahaan pertambangan ini.

Susan mendapatkan ide untuk menggelar pesta potluck dari tayangan For Better or for Worse—pasangan pengantin membuat tim kecil dan mempercayakan mereka merancang pestanya bersama wedding planner dengan bujet US$ 5.000 dalam tempo tujuh hari—di sebuah televisi kabel. Dia langsung mencari tahu tentang potluck dan memutuskan untuk menggelar pestanya dengan cara sederhana dan hemat biaya ini.

Potluck sudah satu abad menjadi kebutuhan keluarga-keluarga tradisional di Amerika. Budaya ini makin populer di akhir tahun 60-an, era baby boomers, saat banyak keluarga dengan banyak anak terpaksa harus berhemat untuk dapat bertahan hidup. Belakangan, budaya saweran makanan ini berkembang dan merasuki gaya hidup modern. Potluck Wedding kini menjadi pilihan bagi pasangan dengan motto “do it your self.”

Sebenarnya, kebiasaan kumpul bareng dengan membawa makanan dan minuman sendiri juga sudah jamak dilakukan di Indonesia. Masyarakat Sunda misalnya, mengenal istilah papadangan yaitu membawa makanan sendiri-sendiri untuk dimakan beramai-ramai. Jadi, siapa bilang, Potluck hanya cocok untuk pesta orang bule saja? Anda bisa melakukan Potluck untuk pesta pernikahan. Semudah meminta tante tercinta membawa ayam goreng kremesnya yang terkenal enak di pesta perrnikahan Anda.

Susan dan Benny menemukan berbagai kesenangan dalam merancang Potluck Wedding-nya. Besar dalam keluarga yang senang masak, mudah bagi Susan untuk memesan makanan dari saudara-saudaranya yang rasa dan kualitasnya sudah “teruji” . Misalnya, seorang bibinya datang dengan Sate Ayam serta Lontong. Saudaranya yang tinggal di Bogor membawa asinan serta pai apel. “Nggak apa-apa kali minta hadiah makanan, apalagi di hari istimewaku,” kata dia. Praktis dan ekonomis, bukan?

potluck--pesta saweran

Kartu Menu
Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah membuat kartu menu makanan dan menyelipkannya dalam undangan pernikahan. Kartu menu ini berisi tema pesta, misalnya BBQ, makanan Indonesia atau barat serta daftar menu. Agar lebih menarik, Anda juga dapat mencantumkan menu untuk anak-anak, vegetarian, dan diet.

Kartu menu juga dapat menunjukkan perkiraan jumlah tamu yang hadir dan nomor kontak agar para tamu dapat mengkonfirmasi untuk membawa makanan secukupnya. Dalam pengalaman Susan, ada lima tamu yang sama-sama membawa brownies. “Jadi brownies-nya jadi aneka rasa dan bentuk,” kata dia.

Tema besar pesta Potluck adalah berbagi dalam berbagai aspek. Menikmati cinta dan kasih para tamu dalam wujud hidangan hasil buah tangan atau masakan jadi favorit. Biarkan ini menjadi kesempatan indah bagi setiap orang untuk bergabung bersama dan datang membawa makanan favorit masing-masing untuk merayakan pernikahan impian Anda!

Lokasi
Ada beberapa tempat yang pas untuk lokasi Potluck Wedding. Rumah adalah tempat yang paling popular untuk Potluck. Halaman belakang, teras, atau taman bisa Anda sulap menjadi tempat makanan yang menarik dan cantik. Namanya juga pesta di rumah, Anda punya waktu yang cukup untuk mendekor, membersihkan, mengontrol segala hal, dan tidak mengeluarkan uang untuk biaya sewa sehingga bisa menyimpan uang untuk kebutuhan lain.

Gedung milik pemerintah atau instansi juga bisa menjadi lokasi sempurna untuk acara Wedding Potluck. Anda bisa menyewa tempatnya saja dan membawa sendiri peralatan yang dibutuhkan.

Jika, Anda tinggal dekat kampus atau sekolah, cobalah untuk menengok lokasinya. Beberapa kampus memang menyewakan gedung pertemuan dengan harga yang ramah dompet. Jika gedungnya tidak terlalu indah, Anda bisa mengerahkan segenap kreativitas atau menyerahkan pada teman yang berbakat untuk mendadaninya agar menawan sebagai lokasi pesta pernikahan. Galeri seni juga bisa Anda jadikan lokasi menarik.

Ada beberapa orang yang memilih berpesta di kawasan industri dengan mengontak pemiliknya untuk menyewa gedung kosong atau gudang atau kawasan pertanian selama akhir pekan.

Meja makan akan terlihat indah dengan kain penutup pilihan plus bunga-bunga hidup maupun plastik. Variasi makanan juga akan mempercantik pesta. Anda bisa memilih mengaturnya dalam meja panjang yang besar untuk acara prasmanan atau menghidangkan seperti jamuan makan malam.

potluck wedding-1

Tamu
Tamu-tamu dengan busana pesta dan high heels membawa makanan adalah salah satu pemandangan menarik yang akan Anda temui dalam Potluck Wedding. Jika pada pernikahan umum, tamu mengisi buku tamu dan memasukkan amplop, dalam Potluck Wedding, tamu-tamu kerap menempelkan namanya di kertas pembungkus makanan.

Hal terpenting dalam resepsi Potluck adalah memastikan siapa membawa apa. Pastikan hanya sepuluh orang saja yang membawa nasi goreng masing-masing untuk 10 orang misalnya. Para tamu yang membawa makanan sudah harus datang sebelum acara dimulai dan menemui seseorang yang bertanggung jawab dengan urusan makanan ini. Termasuk pula menerima makanan dari tamu yang terburu-buru karena datang terlambat dan mengaturnya di meja atau dalam ruangan khusus untuk penyimpanan makanan.

Agar teratur, sebaiknya ada orang yang bertanggung jawab menerima makanan, mengatur di meja, dan mengawasi ruangan khusus untuk penyimpanan makanan. Untuk memudahkan, Anda bisa menempatkan gantungan bernuansa Tionghoa di meja China’s Food, misalnya. Dengan demikian, seseorang dapat dengan mudah menunjukkan makanannya ke tamu-tamu lain dan sebaliknya.

Pesta Potluck adalah saat-saat teman-teman, keluarga, dan para kenalan berkumpul bersama sebagai simbol untuk mendukung kedua mempelai memulai sebuah pernikahan. Pesta ini semua berjalan atas dukungan orang-orang terdekat Anda. Karena itu, Anda harus memikirkan untuk membiarkan para tamu pulang dengan membawa ucapan terima kasih spesial dari Anda. Ini pesta pernikahan Anda, lakukan sesuai keinginan dan kemampuan Anda! Bagi yang berencana menikah dalam waktu dekat, Anda bisa mencoba pesta nikah model ini. Selamat mencoba!

Editor : Farida Denura
KOMENTAR