ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Wedding

Mengapa Cincin Kawin Dikenakan di Jari Manis Tangan Kanan?

Rabu , 12 Juni 2019 | 06:31
Mengapa Cincin Kawin Dikenakan di Jari Manis Tangan Kanan?
Mengapa cincin kawin dikenakan di jari manis tangan kanan. (Net)

DI BEBERAPA negara seperti Inggris, beberapa negara Persemakmuran Inggris, Amerika Serikat, Brazil, cincin pernikahan dikenakan di jari tangan kanan jari manis (jari keempat dihitung dari jempol) tangan kiri. Sementara di banyak negara, cincin kawin dikenakan di jari manis tangan kanan. Negara tersebut adalah Norwagia, Argentina, Azeerbaijan, Bulgaria, Jerman, Polandia atau Rusia. Seperti dikutip dari forumkompas, untuk menjawab mengapa cincin pernikahan harus di jari manis, maka kita tentu sepakat dengan alasan tersebut.

Beberapa langkah disarankan dalam forumkompas dan menurut forum tersebut benar-benar ajaib, yang berasal dari kutipan Tiongkok. Langkah tersebut adalah, pertama, tunjukkan telapak tangan Anda, kemudian jari tengah Anda ditekuk ke dalam. Lalu, 4 jari yang lain pertemukan ujungnya. Permainan dimulai, maka 5 pasang jari tetap, dan hanya 1 pasang yang tidak terpisahkan. Cobalah membuka ibu jari Anda. Ibu jari mewakili orang tua, ibu jari bisa dibuka karena semua manusia mengalami sakit dan mati.

Dengan demikian orang tua kita akan meninggalkan kita suatu hari nanti. Selanjutnya, tutup kembali ibu jari Anda, dan buka jari telunjuk Anda. Jari telunjuk mewakili kakak dan adik Anda. Mereka memiliki keluarga sendiri, sehingga mereka juga akan meninggalkan kita. Lalu, sekarang tutup kembali jari telunjuk Anda, buka jari kelingking, yang mewakili anak-anak. Cepat atau lambat anak-anak juga akan meninggalkan kita karena harus berkeluarga sendiri.

Selanjutnya, tutup jari kelingking Anda, bukalah jari manis Anda tempat dimana kita menaruh cincin perkawinan. Anda akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Karena jari manis mewakili suami dan istri, selama hidup Anda dan pasangan Anda akan terus melekat satu sama lain. Jari manis adalah penghubung cinta langsung bertaut ke hati. Anda setuju?

Terus menerus mengenakan cincin bukanlah jaminan bisa terhindar dari godaan. Terpenting adalah bagaimana usaha si pemakai cincin baik pria maupun wanita tidak mudah termakan bujuk rayu orang lain untuk berselingkuh dengan yang bukan pasangannya.  

Budaya Indonesia tak mewajibkan pemakaian cincin. Namun ketika kita hidup di negara lain, budayanya berbeda, karena orang akan melihat status seseorang dari pemakaian cincin. Jika memakainya di jari manis tangan kiri, maka orang tersebut masih tunangan. Sebaliknya jika di jari manis tangan kanan maka orang tersebut sudah menikah.

Nah, Anda sudah tahu, bukan? Jika Anda dan pasangan berencana melangsungkan pernikahan pada tahun ini bergegaslah membeli sekarang.

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR