ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Kesehatan

Khasiat Jintan Hitam, Tubuh dan Hubungan pun Terasa Maksimal

Senin , 17 Februari 2020 | 18:30
Khasiat Jintan Hitam, Tubuh dan Hubungan pun Terasa Maksimal
Khasiat jintan hitam (Net)
POPULER
Penyerang Persib Bandung Wander Luiz Konfirmasi Positif Corona

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Tuntutan kerja di kota besar, memang membuahkan persaingan kerja yang tidak mudah. Rentang waktu kerja yang dilalui, membutuhkan kondisi tubuh yang tetap fit dan bertenaga. Daya tahun tubuh pun, harus jadi prioritas agar tidak mudah sakit.

Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh, adalah mengonsumsi vitamin. Selain itu, ramuan tradisional, juga ditengarai dapat mengatasi keletihan fisik lantaran deraan pekerjaan yang menumpuk. Cobalah mengonsumsi madu dan ekstrak jintan hitam. Rempah-rempah kuno ini bisa diandalkan untuk mengatasi kelelahan dalam bekerja atau menjalani aktivitas lainnya.

Jintan hitam sendiri merupakan rempah-rempah yang sudah lama terkenal sebagai tanaman obat dan penguat stamina tubuh. Dia mempunyai banyak nama. Diantaranya, black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, dan kaludru.
Berbagai riset dan penelitian modern juga meneguhkan beragam manfaat intan hitam bagi kesehatan. Terutama dalam membantu menguatkan daya tahan tubuh.

Jintan hitam diketahui bisa membantu meningkatkan kadar jumlah sel T (limfosit) dalam tubuh. Sel T ini memegang peranan penting dalam sistem toleran tubuh dan daya kendali terhadap sel lain untuk membangun imun tubuh. Dan dengan imun tubuh yang kuat, serangan berbagai penyakit bisa ditangkal sejak dini.

Selain membantu menurunkan kolesterol, jintan hitam juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh melalui bijinya yang sudah diekstrak menjadi minyak. Hanya saja, khasiat jintan hitam tak akan optimal bila hanya digunakan sebagai bumbu dapur. Setidaknya butuh takaran yang lebih. Misalnya, satu gram atau beberapa kapsul untuk dikonsumsi dalam satu hari. Ekstrak biji jintan hitam juga bisa menyegarkan fungsi kekebalan tubuh manusia.

Kemanjuran jintan hitam terletak pada senyawa thymoquinone yang terkandung di dalamnya. Thymoquinone merupakan antioksidan yang ampuh dan efektif menghancurkan racun tubuh. Senyawa ini juga berkhasiat sebagai antiradang sekaligus antinyeri. Thymoquinone juga dapat menahan pertumbuhan sel kanker pankreas dan membunuh sel tersebut dengan meningkatkan proses apoptosis atau proses kematian sel.

Berikut manfaat lain jintan hitam:

Menjaga stamina
Mencegah penumpukan kolesterol jahat
Meredakan diabetes militus
Melawan alergi
Melawan kanker
Meningkatkan kesuburan pria

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR