ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Tekno

Lenovo Segera Rilis Laptop Layar Lipat

Sabtu , 18 Mei 2019 | 06:00
Lenovo Segera Rilis Laptop Layar Lipat
Lenovo segera rilis laptop layar lipat. (USA News)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Teknologi smartphone layar lipat yang bertahun-tahun lalu dikembangkan untuk teknologi masa depan, kini sudah bisa diwujudkan. Sekarang giliran laptop dengan layar lipat yang tengah diupayakan keberadaannya.

Lenovo sudah membuat laptop layar lipat yang mungkin tidak akan lama lagi dihadirkan ke pasar. Meski belum diungkap apa namanya, Lenovo telah membocorkan laptop terbarunya mendatang yang sudah dibekali teknologi layar lipat (foldable screen).

Uniknya, Lenovo tidak mengembangkan smartphone layar lipat, melainkan sebuah laptop dengan layar yang bisa dilipat.

Lenovo memperkenalkan "PC lipat" pertama di dunia ini menggunakan layar OLED dan menjalankan sistem Android. Lenovo sendiri tidak ingin terburu-buru merilis produk terbarunya tersebut.

Lenovo menggunakan panel layar LG dengan resolusi 2K dan dapat dilipat ke dalam untuk melindungi layar. Layar ini juga dapat dilipat setengah, berfungsi seperti laptop dengan layar di bagian atas dan keyboard terletak di layar bagian bawah.

Ketika laptop ini dibuka secara utuh, pengguna akan melihat tampilan dengan ukuran 4:3.

Laptop juga didukung Stylus Wacom pada sisi perangkat. Selain itu pengguna apat menggunakan notebook ini dengan keyboard Bluetooth. Ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan laptop biasa berukuran 13,3 inci, dan tidak seperti Yoga Lenovo dual screen, Anda dapat menggunakan laptop ini dengan layar penuh atau tidak ada bezel di tengahnya.

Saat ini laptop dengan layar lipat memang masih dalam pengembangan dan jauh dari komersialisasi, sebab ada berbagai aspek perangkat yang perlu ditangani.

Misalnya, perusahaan ini belum mengetahui bagaimana keyboard fisik akan masuk ke dalam komputer.

Prototipe laptop layar lipat Lenovo ThinkPad X1 ini memiliki engsel yang memungkinkan layar untuk dimiringkan (ditekuk) ke berbagai sudut pandang.

Perangkat ini memiliki layar 13,3 inci dan menjalankan sistem operasi Microsoft Windows. 

Lenovo menyebut, pihaknya telah mengembangkan perangkat ini selama tiga tahun terakhir. Namun, mereka tidak berencana merilisnya hingga tahun 2020. Kemungkinan karena tak ingin memiliki nasib yang sama seperti Galaxy Fold.

Kepastian mengenai akan meluncurnya laptop layar lipat Lenovo juga diungkapkan oleh Chairman dan CEO Lenovo Yuaqing Yang lewat akun medsos pribadinya.

"Hari ini, kami memperlihatkan laptop pertama di dunia dengan layar yang dapat dilipat - menantang status quo dan mengubah apa yang mungkin. #LenovoAccelerate," tulis Yang di Twitter, dikutip Jumat (17/5/2019).

Selain rencana baru soal laptop layar lipat, Lenovo juga sudah mengkonfirmasi untuk memproduksi smartphone layar lipat Motorola Razr, brand yang pernah populer pada tahun 2000-an.

Meskipun foto-foto desain sudah Motorola Razr wajah baru berlayar lipat sudah banyak beredar, tapi Lenovo belum mengumumkan secara resmi kapan ponsel itu akan hadir di pasar.

Lenovo sepakat membeli Motorola dari Google pada 2014 dengan harga 2,91 miliar dolar atau sekitar Rp35 triliun.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR