Cegah Stroke dan Pikun dengan Mandi Sauna  


 Cegah Stroke dan Pikun dengan Mandi Sauna    Ilustrasi Tempat Sauna. (Livestrong)

 

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Sejak lama, mandi sauna diyakini bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian terbaru membuktikan manfaatnya bagi kesehatan fungsi otak.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Eastern Finland membuktikan bahwa laki-laki yang sering mandi sauna lebih terlindungi dari risiko pikun. 

Mandi sauna sebanyak 4-7 kali dalam sepekan bisa mengurangi risiko hingga 66 persen. Dalam penelitian ini, para ilmuwan melibatkan lebih dari 2.000 partisipan yang punya hobi mandi sauna. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan frekuensi mandi sauna, mulai dari sekali dalam sepekan hingga 4-7 kali dalam sepekan.

Melalui pengamatan riwayat kesehatan selama 20 tahun, teramati bahwa risiko penurunan fungsi otak paling paling rendah pada partisipan yang sering mandi sauna. Pria yang melakukannya 4-7 kali memiliki risiko demensia atau pikun 66 persen lebih rendah, dan risiko alzheimer 65 persen lebih rendah.

Sebuah studi juga menemukan bahwa mereka yang melakukan sauna secara berkala kemungkinan akan menghadapi risiko stroke yang lebih kecil dari mereka yang jarang melakukannya. 

Penelitian lain yang juga membahas manfaat sauna juga dipublikasikan dalam Kuopio Ischaemic Heart Disease Risk Factor Study, menyebutkan jika mandi sauna secara rutin akan membuat seseorang semakin baik dalam menjaga kesehatan organ kardiovaskular sehingga menurunkan risiko terkena kematian mendadak yang disebabkan oleh serangan jantung.

Menurut professor Jari Laukkanen, sensasi relaksasi yang didapatkan dari melakukan mandi sauna diyakini berperan besar bagi kesehatan organ kardiovaskular dan otak.

Studi yang dimuat di jurnal Neurology ini dilakukan terhadap 1.600 orang di Finlandia. Penelitian ini telah mengikuti orang-orang tersebut selama 15 tahun untuk mempelajari efek sauna terhadap kesehatan mereka.

Hasilnya, mereka yang menghabiskan waktu di sauna selama 4 - 7 hari dalam seminggu menunjukkan kecenderungan 61 persen lebih rendah terkena stroke ketimbang mereka yang hanya sauna seminggu sekali.

Mereka yang melakukan sauna sebanyak tiga hingga empat kali seminggu juga 14 persen lebih rendah kemungkinannya untuk terkena stroke.

 

 


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lifestyle Terbaru