Gandeng Himpunan Mahasiswa FBE UAJY, KBC Bakal Gelar Forum Bisnis #1


  Gandeng Himpunan Mahasiswa FBE UAJY, KBC Bakal Gelar Forum Bisnis #1 Ketua Kegiatan Forum Bisnis #1, Theresia Diah Widiastuti, S.E., M.Si. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, ARAHKITA.COM -  KAMAJAYA (Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta) Business Club bersama dengan Himpunan Mahasiswa Fakultas Bisnis Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) akan mengadakan Business Forum #1. Kegiatan digelar untuk mengubah pandangan tradisional terhadap Gen Z sebagai sebuah tantangan dan perlu diubah menjadi peluang untuk berkolaborasi.

Ketua Kegiatan Forum Bisnis #1, Theresia Diah Widiastuti, S.E., M.Si kepada media ini, Senin (5/2/2024) menjelaskan bahwa melalui kegiatan Mini Talkshow dan Diskusi Panel, Mini Expo, KBC hendak untuk membuka mata para pemimpin bisnis terhadap potensi luar biasa yang dimiliki Gen Z.

“Kami percaya bahwa kolaborasi antar generasi akan menjadi kunci kesuksesan jangka panjang, dan melalui tema “Unlocking the Gen Z Goldmine: Menavigasi Demografi Bisnis Masa Depan – Peluang atau Tantangan?", kami mengundang para pemimpin bisnis untuk mengeksplorasi peluang dan tantangan yang dihadirkan oleh Gen Z di tempat kerja yang selalu berubah,”ungkap Diah.

Pentingnya pemahaman bahwa Gen Z membawa keunggulan tertentu dalam pengembangan bisnis, seperti keterampilan digital, kreativitas, dan pemikiran inovatif, menjadi fokus utama acara ini. “Kami percaya bahwa pengetahuan mendalam tentang karakteristik generasi ini akan membantu perusahaan memanfaatkan potensi mereka secara maksimal. Oleh karena itu, para pemimpin bisnis diajak untuk bergabung dalam forum ini, berkolaborasi, dan merancang langkah- langkah strategis untuk menghadapi dinamika bisnis masa depan dengan berani dan bijaksana,”jelas Diah.

Kegiatan akan digelar Minggu 25 Februari 2024 pukul 17.00-20.00 di Resapi Kopi, Jalan Glagahsari No. 84, Umbulharjo, Yogyakarta dengan target peserta 100 orang terdiri  50 peserta dari Mahasiswa aktif UAJY (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) dan 50 peserta dari Alumni UAJY.

Dengan adanya berbagai kekhawatiran akan tantangan yang ada dalam bisnis yang akan berhadapan dengan Generasi Z, KBC melalui Mini Talkshow akan menghadirkan alumni Atma Jaya yang sukses dalam memberdayakan dan memanfaatkan potensi dari Gen Z pada perusahaan mereka. “Kami menghadirkan alumni tersebut sebagai pembicara yang nantinya akan memberikan pengalaman dan tips dalam memanfaatkan potensi dan peluang Gen Z terhadap kemajuan bisnis,”jelas Diah.

Pembicara yang juga alumni dalam mini talkshow adalah Dr Fardyansyah, S.E, M.M yang juga merupakan alumni Manajemen (2002) dan alumni Magister Manajemen (2007) serta owner Optik Cendrawasih, UD, FCM, Circle Coffee Papua,  Wenefrida Mahestu Noviandra K, S.E, Ms.C, Ph.D. Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY.

Sementara untuk jenis kegiatan Panel Diskusi akan digelar diskusi interaktif antara para alumni UAJY bertujuan membagikan pengalaman bisnis, khususnya dalam berhadapan dengan Gen Z. Melalui pertanyaan dan interaksi, kami yakin akan muncul wawasan berharga yang dapat memperkaya pengetahuan peserta, termasuk mahasiswa UAJY yang terlibat. Kegiatan ini menjadi platform untuk memperkuat jaringan dan relasi antara alumni yang memiliki ilmu dan pengalaman bisnis yang inspiratif.

Sedangkan untuk kegiatan Mini Expo akan diadakan di tempat kegiatan berlangsung. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis kecil yang dijalankan oleh peserta expo kepada seluruh peserta dalam Forum Bisnis #1 ini. “Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan peluang peserta expo untuk mencapai keuntungan bisnis dalam acara singkat ini,”ujar Diah.

Tujuan digelarnya kegiatan ini:

  1. Transformasi Pandangan dengan mengubah pandangan Gen Z dari tantangan menjadi peluang, mendalamkan pemahaman pemimpin bisnis terhadap nilai Gen Z sebagai aset kerja.
  2. Kolaborasi Jangka Panjang dimana dengan menekankan pentingnya kolaborasi antar generasi untuk sukses jangka panjang, mendorong adaptasi dan inklusivitas di lingkungan kerja.
  3. Maksimalkan Keunggulan Gen Z: Fokus pada keahlian digital dan kreativitas Gen Z, strategis memanfaatkan potensi untuk pertumbuhan bisnis Eksplorasi Peluang dan Tantangan: Melalui diskusi terbuka tentang peluang dan tantangan dengan kehadiran Gen Z, mengeksplorasi     strategi menghadapi dinamika bisnis masa depan.
  1. Eksplorasi Peluang dan Tantangan: Melalui diskusi terbuka tentang peluang dan tantangan dengan      kehadiran        Gen      Z, mengeksplorasi       strategi menghadapi dinamika bisnis masa depan.
  2. Rancang Langkah-langkah Strategis: Rancang rencana tindakan untuk mengoptimalkan potensi Gen Z, membantu pemimpin bisnis bersiap menghadapi perubahann dengan merancang langkah-langkah konkret.

Dari kelima tujuan tersebut pada akhirnya tambah Diah bertujuan mengakrabkan paara alumni dalam Koridor Entrepreneur untuk bersinergi, semangat membantu sesama dalam bisnis, mendukung penuh program KAMAJAYA Pusat, mendorong inovasi bisnis serta berbagi pengetahuan.

 

 

 

 

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

KBC News Terbaru