Lebih dari 300 Rudal Iran Bombardir Israel


 Lebih dari 300 Rudal Iran Bombardir Israel Foto Tangkapan layar video The Guardian

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Ledakan terlihat di Israel dan Tepi Barat setelah Iran meluncurkan drone dan rudal.

Israel Defense Forces (IDF) - Pasukan Pertahanan Israel - mengonfirmasi lebih dari 300 drone dan rudal diluncurkan Iran ke Israel.

“Itu termasuk rudal balistik, drone, dan rudal jelajah,” kata juru bicara IDF Avichay Adraee seperti dilansir The Guardian.

“Kami telah mencegat 99 persen ancaman terhadap wilayah Israel. Ini merupakan pencapaian strategis yang sangat penting,” kata Adraee.

Dalam postingan di X, juru bicara IDF memberikan rincian jumlah senjata yang digunakan untuk menargetkan Israel.

“Dari sekitar 170 drone yang diluncurkan oleh Iran – tidak satupun dari mereka menembus Negara Israel, karena pesawat tempur angkatan udara dan sistem pertahanan udara kami dan sekutu kami mencegat lusinan drone tersebut.”

Selain itu, lebih dari 30 rudal jelajah yang diluncurkan Iran tidak ada satupun rudal yang menembus wilayah Israel. “Pesawat tempur kami mencegat 25 rudal di luar perbatasan negara,” ujar Adraee.

Lebih dari 120 rudal balistik, sejumlah kecil berhasil menembus perbatasan Israel, sementara sisanya berhasil dicegat. Jumlah kecil ini jatuh di pangkalan angkatan udara di Nafatim dan menyebabkan kerusakan ringan pada infrastruktur.

Iran memperingatkan Israel akan serangan yang lebih besar di wilayahnya jika mereka membalas serangan drone dan rudal Teheran pada malam hari, dan menambahkan bahwa Washington telah diperingatkan untuk tidak mendukung tindakan militer Israel.

“Tanggapan kami akan jauh lebih besar daripada aksi militer malam ini jika Israel membalas,” kata kepala staf angkatan bersenjata Mayjen Mohammad Bagheri kepada TV pemerintah Iran.

Dia mengatakan bahwa Teheran memperingatkan Washington, dukungan apa pun terhadap pembalasan Israel akan mengakibatkan pangkalan-pangkalan AS menjadi sasaran.

Komandan Korps Garda Revolusi Islam Hossein Salami, juga memperingatkan Teheran akan membalas setiap serangan Israel terhadap kepentingan, pejabat, atau warga negaranya.

Hingga Minggu pagi, para pejabat Israel mengindikasikan belum ada keputusan yang diambil mengenai tanggapan Israel terhadap serangan Iran, dan seorang pejabat mengatakan setiap kemungkinan tanggapan akan dibahas pada pertemuan kabinet.

Rangkuman Kondlik Iran-Israel

  • Pada Sabtu malam, Iran meluncurkan ratusan drone serta rudal jelajah ke arah Israel, yang merupakan serangan langsung pertama terhadap Israel sebagai tanggapan atas serangan tanggal 1 April terhadap gedung diplomatik Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan seorang warga sipil, tokoh senior di Garda Revolusi Islam Iran, dan delapan perwira lainnya.
  • Juru bicara IDF mengatakan 99% dari lebih dari 300 rudal dan drone berhasil dicegat. Sirene meraung di seluruh negeri dan ledakan terlihat di langit ketika gelombang pertama mencapai Israel sekitar pukul 02.00 waktu setempat dan sistem pertahanan udara Israel mulai bekerja.
  • Serangan Iran menyebabkan kerusakan kecil pada pangkalan udara Nevatim di selatan Israel, kata juru bicara militer Daniel Hagari pada Minggu. Disebutkan, hanya sedikit rudal yang jatuh di wilayah negara Israel dengan sedikit kerusakan pada pangkalan militer di selatan, dan hanya sedikit kerusakan pada infrastruktur.
  • Presiden AS Joe Biden mengatakan Iran dibantu oleh pasukan proksinya di Yaman, Suriah, dan Irak. Dia memuji kerja personel militer AS dalam membantu menjatuhkan hampir semua drone dan rudal yang ditembakkan oleh Iran. Biden mempersingkat masa tinggalnya di akhir pekan di rumah pantainya di Delaware untuk kembali ke Gedung Putih guna bertemu dengan tim keamanan nasionalnya. Dia mengatakan dia akan mengadakan pertemuan para pemimpin G7 pada hari Minggu.
  • Jet tempur Angkatan Udara Kerajaan dan pesawat pengisian bahan bakar juga terlibat, lepas landas dari pangkalan di Siprus. Peran mereka, menurut Kementerian Pertahanan Inggris, adalah untuk menggantikan angkatan udara AS dalam serangan melawan ISIS yang biasanya dilakukan di Irak dan Suriah timur laut, namun juga untuk mencegat drone Iran jika mereka datang ke Inggris.
  • Para pemimpin dunia mengutuk serangan Iran, dan negara-negara regional termasuk Arab Saudi dan Mesir menyerukan untuk menahan diri. Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan: “Saya sangat khawatir tentang bahaya nyata dari eskalasi yang menghancurkan di seluruh kawasan. Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri semaksimal mungkin untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah.”
  • Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Minggu, atas permintaan duta besar Israel untuk PBB, kata presiden dewan tersebut dalam sebuah pernyataan kepada media.Semakin banyak pemimpin Kongres AS yang menyerukan agar rancangan undang-undang bantuan tambahan disahkan, dan pemimpin mayoritas Senat AS Chuck Schumer mengatakan ini adalah cara paling jelas untuk membantu Israel. RUU pengeluaran tambahan senilai $95 miliar mencakup $14 miliar untuk Israel, selain $60 miliar untuk Ukraina dan dukungan untuk Taiwan. RUU tersebut disahkan oleh Senat dengan dukungan 70% pada bulan Februari tetapi telah diblokir di DPR.
  • Pemimpin mayoritas DPR Steve Scalise mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa akan ada perubahan pada jadwal DPR untuk mempertimbangkan undang-undang yang mendukung Israel, namun tidak jelas apakah Scalise mengacu pada rancangan undang-undang yang berdiri sendiri untuk membantu Israel atau RUU tambahan $95 miliar.
Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Internasional Terbaru