ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Herbal Medicine

Kenali Beragam Manfaat Temu Ireng

Selasa , 05 Juli 2022 | 21:30
Kenali Beragam Manfaat Temu Ireng
Temu Ireng pada dasarnya merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki nama ilmiah Curcuma aeruginosa.(Net)
POPULER
UTA’45 Jakarta Konsisten Menyelesaikan Seluruh Permasalahan Hukum Kasus PN UKAI

MANFAAT Temu Ireng atau yang biasa dikenal juga sebagai temu hitam, memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak dahulu, tanaman herbal yang satu ini telah digunakan oleh masyarakat nusantara sebagai bagian dari pengobatan tradisional dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat Temu Ireng bagi kesehatan tubuh tersebut? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu tanaman herbal temu ireng yang mampu menghadirkan banyak manfaat tersebut sebagaimana ditinjau dr. Alvin Saputra berikut:

Temu Ireng pada dasarnya merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki nama ilmiah Curcuma aeruginosa. Bagian rimpang dari tanaman herbal yang satu ini kerap dijadikan sebagai jamu yang mampu mendatangkan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Memiliki rasa yang pahit, tanaman yang satu ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Biasanya tanaman ini tumbuh secara liar dan dapat ditemui pada area semak-semak. Batangnya sendiri tampak seperti kumpulan pelepah daun dengan panjang kurang lebih 50 cm dan memiliki tinggi 2 m. Adapun bunga dari tanaman ini pada umumnya berwarna ungu merah dengan daun berbentuk lanset lebar berwarna coklat kegelapan.

Manfaat Temu Ireng

Khasiat dan manfaat temu ireng yang beragam memang tidak datang begitu saja. Tanaman herbal yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah kurkumin, flavonoid, alkaloid, dan saponin. Manfaat yang mampu didatangkan berkat kandungan yang terdapat dalam temu ireng tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Penambah Nafsu Makan

Jika Anda memiliki masalah penurunan nafsu makan, maka mengonsumsi temu ireng mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Dalam hal ini, temu ireng memiliki kandungan kurkumin yang dapat menjadi penambah nafsu makan. Jadi, tanaman herbal yang satu ini bisa dikatakan cocok untuk Anda yang ingin menambah berat badan.

Sumber Antioksidan

Manfaat temu ireng berikutnya yang terbilang cukup penting bagi kesehatan tubuh adalah bahwa tanaman herbal yang satu ini merupakan sumber antioksidan alami. Antioksidan dalam hal ini dibutuhkan oleh tubuh demi menangkal paparan radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel tubuh. Dengan asupan antioksidan ini, maka risiko tubuh terkena kanker ataupun penyakit kardiovaskuler akan menurun.

Mampu Menyembuhkan Luka

Berkat kandungan antibakteri yang terdapat di dalamnya, temu ireng dapat menjadi obat yang mampu membantu proses penyembuhan luka. Bahkan, kandungan antibakteri di dalam temu ireng ini digadang-gadang mampu mencegah munculnya inflamasi pada luka yang Anda alami.

Mengatasi Kebotakan

Penggunaan temu ireng untuk kulit kepala ataupun rambut ternyata mampu mengatasi permasalahan kebotakan, terutama pada pria. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah penelitian terhadap 87 pria dengan masalah kebotakan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian obat dengan kandungan temu ireng selama 2x sehari selama 6 bulan berturut-turut ternyata mampu memperlambat kerontokan dan merangsang bertumbuhnya rambut baru.

Obat Cacingan

Manfaat temu ireng berikutnya ini adalah dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi cacingan terutama pada anak-anak. Hal ini karena temu ireng memiliki kandungan senyawa khusus yang bersifat antelmintik atau anti cacing. Berkat kandungan inilah masalah cacingan yang dapat menginfeksi anak dapat dicegah dengan baik.

Pelawan Bakteri

Selain dikenal sebagai obat cacingan, ternyata temu ireng juga terkenal akan khasiatnya yang mampu melawan berbagai jenis bakteri. Hal ini karena tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan flavonoid yang bersifat anti terhadap beberapa jenis bakteri seperti Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Pelancar Haid

Permasalahan haid yang tidak lancar kerap dialami oleh sebagian besar wanita. Berkaitan dengan ini, temu ireng dapat dikonsumsi sebagai obat pelancar haid. Manfaat temu ireng berikutnya ini sejatinya dapat dari sifat depuratifnya yang mampu mendetoksifikasi racun dari tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan menjadi lebih sehat, dan haid menjadi lebih lancar.

Nah sekian dulu pembahasan mengenai manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh. Selain beberapa manfaat di atas, temu ireng sejatinya memiliki manfaat lainnya terutama dalam mengatasi rematik dan wasir.

Meskipun manfaatnya sangat beragam dan terdengar menjanjikan, Anda perlu ingat bahwa temu ireng ini hanyalah tanaman herbal yang dikonsumsi demi mendukung proses penyembuhan dan penambah kesehatan tubuh. Apabila Anda mengalami masalah ataupun penyakit yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi penanganan yang tepat dan terbaik.

 

 

 

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR