ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Herbal Medicine

Bakung, Penyedap Masakan Sekaligus Menyehatkan

Kamis , 07 Oktober 2021 | 12:30
Bakung, Penyedap Masakan Sekaligus Menyehatkan
Tanaman Bakung (Net)
POPULER
Ciptakan Rekor Lelang, Sepatu Kets Michael Jordan terjual Rp21 miliar

BUNGA Bakung yang banyak diminati sebagai tanaman hias, tak cuma menebarkan keindahan. Dauh hijau yang menjulang melengkapi keunikan kembang berwarna putih ini, juga menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Dikenal dengan nama ilmiah crinum asiaticum, bunga bakung memiliki khasiat di semua bagian. Beberapa khasiat tanaman ini dapat menyembuhkan bisul, borok, radang kulit bernanah, rematik, dan bengkak pada bagian tubuh.

Cara pemanfaatannya pun, terbilang mudah. Misalnya untuk rematik, radang kulit, bisul dan borok, cukup diobati dengan remasan daun bakung yang telag dipanaskan di atas api kecil. Hasil remasan tersebut, dapat ditempelkan pada bagian yang sakit. Selain memberikan efek nyaman, remasan daun bunga bakung ini dapat meringankan bengkak yang ditimbulkannya. Daun bakung juga sangat mujarab untuk membantu menghentikan pendarahan sekaligus mengobatinya.

Manfaat lainnya, dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan dan panas dalam. Hal ini karena daun bakung bersifat anti inflamasi, sehingga dengan mengonsumsi daun bakung, peradangan pun dapat berkurang. Gejala panas dalam dan radang tenggorokan yang diderita pun, bisa diatasi dengan mudah bahkan bisa cepat teratasi.

Buat para pekerja yang tengah dikejar deadline, bisa memanfaatkan daun bakung untuk menambah stamina dan kekuatan otot. Karena selain bersifat antiinflamasi, daun bakung juga mengandung potassium yang bermanfaat untuk menambah stamia dan kekuatan. Pekerjaan dapat selesai dan kesegaran tubuh pun terjaga.

Karyawan yang sering bekerja di depan komputer pun, bisa menggunakan daun bakung sebagai ramuan mengatasi mata berair, kering, gatal, pandangan kabur, dan gejala lain yang dialami mata. Termasuk mereka yang kesehariannya berkutat dengan computer dan gadget, siapkan daun ini sebagai obat tradisional yang aman. Kandungan vitamin A yang terdapat didalamnya, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain mengatasi beberapa keluhan secara tradisional, terkadang orang memanfaatkan daunnya sebagai campuran sayuran berkuah atau tumisan. Sajian masakan yang memadukan kesegaran daun bakung, bisa menambah selera makan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena daun hijaunya memuat niacin, kalsium, fosfor, potassium, vitamin A, B kompleks, dan masih banyak lagi.

Nah, buat yang penggemar tanaman hias, jangan lupa menambahkan tanaman bakung sebagai koleksi. Karena tidak hanya keunikan yang didapat, khasiatnya pun sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

Editor : Maria L. Martens
KOMENTAR