ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Herbal Medicine

Khasiat Rimpang Alang-Alang Sembuhkan Ragam Penyakit

Kamis , 05 Agustus 2021 | 06:00
Khasiat Rimpang Alang-Alang Sembuhkan Ragam Penyakit
Alang-Alang mengandung zat aktif yang bersifat anti piretik, diuretik, dan hemostatik. (Net)
POPULER
Presidensi G20 2022 Tingkatkan Pengakuan Kapabilitas Indonesia

ALANG-alang adalah rumput liar yang diketahui memiliki banyak manfaat. Alang-alang sering juga disebut sebagai rumput ilalang di beberapa daerah. Alang alang (Imperata cylindrica L) adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman yang sering dianggap sebagai gulma oleh masyarakat.

Alang-alang sering tumbuh liar di pekarangan, sawah, lapangan atau halaman kosong yang tidak terawat. Alang-Alang sering dianggap sebagai rumput liar yang mengganggu tanaman padi. Padahal, Alang-Alang mempunyai rasa yang manis dan sejuk. Manfaat Alang-Alang juga ternyata sangat banyak. Alang-Alang mengandung zat aktif yang bersifat anti piretik, diuretik, dan hemostatik. Ini yang membuatnya berkhasiat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat Alang-Alang yang sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti demam, infeksi saluran kemih, kencing darah, mimisan, muntah.

Resep tradisional:

Infeksi Saluran Kemih dan Kencing Sedikit: Bila menderita infeksi pada saluran kemih, sebaiknya segera diperiksakan pada dokter. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat alternatif disamping pengobatan dari dokter.

Ramuan: Rimpang Alang-alang 6 gram - Rimpang Kunci pepet 5 gram - Daun Kumis kucing 4 gram - Air 115 ml Cara pembuatan: Diseduh, dibuat infus atau pil.

Cara pernakaian: - Diminum 1 kali sehari, tiap kali minum 100 ml. Untuk yang berbentuk pil diminum 3 kali sehari 9 pil.

Lama pengobatan: -Diulang selama 14 hari. Mimisan, Kencing Darah, dan Muntah Darah.

Bila menderita kencing darah atau muntah darah, sebaiknya segera diperiksakan pada dokter.

Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat alternatif disamping pengobatan dari dokter.

Ramuan: - Rimpang Alang-alang 6 gram -Daun sendok segar 6 gram -Daun Andong segar 2 helai -Air 110 ml

Cara pembuatan: - Diseduh, dipipis, dibuat infus atau pil. Cara pemakaian: - Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml. (untuk infus). Untuk pipisan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 1/4 cangkir. Untuk pil diminum 3 kali sehari 9 pil. Lama pengobatan:-Diulang sampai sembuh

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR