ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Herbal Medicine

Cek Manfaat Rempah Serbaguna Kapulaga bagi Kesehatan

Sabtu , 17 Oktober 2020 | 12:00
Cek Manfaat Rempah Serbaguna Kapulaga bagi Kesehatan
Kapulaga telah lama digunakan sebagai komponen pengobatan tradisional sejak berabad-abad silam. (Net)
POPULER
Presiden Tegaskan Sumpah Pemuda Membawa Energi Positif Persatukan Bangsa

KAPULAGA merupakan salah satu jenis rempah yang serbaguna. Kapulaga biasa digunakan sebagai bumbu dapur, karena dapat menghilangkan bau anyir dan amis pada daging serta mengharumkan masakan.

Makanan yang diracik dengan Kapulaga biasanya akan terasa sedikit pedas manis yang khas. Pasalnya, Kapulaga memiliki rasa yang mirip seperti mint tapi pedas-manisnya cenderung gurih.

Selain dijadikan bumbu masakan, Kapulaga telah lama digunakan sebagai komponen pengobatan tradisional sejak berabad-abad silam. Mulai dari biji, minyak, hingga ekstraknya kini banyak digunakan sebagai bahan minyak esensial.

Berikut adalah manfaat Kapulaga untuk kesehatan yang tak boleh terlewatkan:

kapulaga_1280x720-1200x900

Biji, minyak, dan ekstraknya ini diyakini baik untuk menjaga kesehatan tubuh yakni membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Pada sebuah studi, para peneliti memberikan tiga gram bubuk Kapulaga per hari kepada orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi. Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah menurun secara signifikan.

Para peneliti melihat bahwa kadar antioksidan yang tinggi dan efek diuretic dalam Kapulaga bertanggung jawab atas hal tersebut. Faktanya, status antioksudan partisipan meningkat hingga 90% pada akhir studi.

Manfaat lainnya adalah juga ampuh untuk menyelesaikan masalah buang air kecil.

Kapulaga yang memiliki sifat diuretic ini berguna untuk menjaga kesehatan ginjal.

Selain itu, Kapulaga juga ampuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih dan juga peradangan pada ginjal. Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

Pada sejumlah studi juga menunjukkan bahwa bubuk Kapulaga dapat meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang kemudian membantu melawan kanker. Bumbu rempah ini juga bisa meningkatkan kemampuan sel-sel untuk menghadang tumor-tumor.

 

 

 

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR