ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Herbal Medicine

5 Langkah Mengelola Ambeien

Rabu , 06 November 2019 | 16:00
5 Langkah Mengelola Ambeien
Ilustrasi: Perempuan penderita yang menderita ambeien atau wasir. (Harapan Rakyat)

Diasuh oleh: dr. Prapti Utami, M.Si

AMBEIEN atau wasir adalah suatu kondisi dimana terjadi pelebaran pembuluh darah (seperti varises) di rectum (pangkal usus besar dekat dubur), dubur dan di luar dubur. Dalam dunia medis disebut hemoroid, dibagi menjadi hemoroid dalam (interna) dan luar (externa) dan untuk memudahkan memberikan tindakan maka dibagi 4 stadium:

  1. Stadium 1 muncul pembengkakan/benjolan kecil di sekitar dubur, dapat diraba dan tidak menyebabkan gangguan
  2. Stadium 2, pembengkakan terjadi di dalam dubur dan ketika buang air besar dapat keluar dan bisa masuk sendiri
  3. Stadium 3, beberapa benjolan menggantung dalam dubur, ketika buang air besar dapat keluar dan harus dibantu untuk dimasukkan
  4. Stadium 4, benjolan besar menggantung dan tidak bisa dimasukkan ke dalam

Ketika keluhan wasir dirasakan, maka akan membuat produktifitas kerja tidak optimal. Ada juga yang tidak pernah berfikir bahwa itu adalah gejala dan tanda adanya wasir.

Apakah anda merasakan hal hal di bawah ini, mari evaluasi sama sama supaya kita segera mencari solusinya:

  1. Merasa nyeri dan gatal di seputar dubur
  2. Tidak betah duduk lama karena nyeri
  3. Keluar darah atau lendir setelah BAB
  4. Muncul benjolan di luar dubur (wasir externa)

Keempat tanda dan gejala di atas adalah bagian dari banyak keluhan yang mungkin dirasakan oleh kit ajika ada wasir. Sebelum memikirkan solusinya, di bawah ini ada beberapa faktor resiko yang yang menjadi penyebab wasir:

  1. Kurang minum air putih
  2. Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat
  3. Kegiatan sehari hari banyak dihabiskan dengan duduk

Berikut 5 langkah yang dapat dilakukan di rumah untuk mencegah dan mengelola ambeien, yaitu dengan meminimalkan faktor resiko:

  1. Cukup minum air putih. Air adalah kebutuhan utama tubuh kita, karena 70% tubuh kita tersusun oleh air. Peran air menjadi sangat penting, dalam kasus ambeien akan sangat berarti jika tubuh tercukupi air. Kebutuhan air orang dewasa ketika tidak melakukan apa apa dapat dihitung dengan rumus 0.03x berat badan, akan didapat angka dengan satuan liter. Tidak mungkin kita tidak melakukan apa apa bukan? Jadi bisa ditambahkan sesuai aktifitas yang dilakukan sehari hari.
  2. Banyak makan sayur dan buah. Serat sangat dibutuhkan sebagai bagian dari makanan untuk membantu saluran cerna, dan membentuk feces. Buah dan sayur adalah unsur makanan dalam gizi seimbang, sehingga volume buah dan sayur yang cukup setiap hari akan mencegah terjadinya ambeien dan jika sudah ada tidak lebih parah stadiumnya. Karbohidrat, lemak, dan protein tetap diperlukan dalam keseharian kita.
  3. Sempatkan waktu untuk olah raga. Duduk lama akan membuat otot di pinggang dan pinggul menjadi kaku, aliran darah tidak lancar, sehingga akan memperberat kerja otot dan merangsan pelebaran pembuluh darah memicu terjadinya ambeien. Jika bekerja di kantor, usahakan tiap 30 menit berdiri supaya aliran darah menuju kaki dan menuju jantung lebih lancar. Biasakan berolah raga sehari 30 menit.
  4. Minum herbal seperti daun ungu, rebusan kayu manis, kunyit dll. Rempah di dapu dapat menjadi solusi pencegahan ambeien dan mengelolanya. Daun ungu atau Graptophyllum pictum, orang Sunda menyebutnya handeleum adalah tanaman obat yang sangat bersahabat dengan ambeien. Kayu manis yang direbus bersama kunyit juga akan sangat membantu kita memiliki kebiasaan BAB lebih teratur.
  5. Hindari pencetus, misalnya makan makanan yang pedas, angkat berat. Setiap penderita ambeien memiliki faktor pencetus yang hampir sama, setelah BAB berdarah karena makan makanan yang berasa pedas, makanan yang kering, banyak karbohidrat kurang serat. Sehingga mengatur pola makan menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah dan mengelola ambeien. Angkat berat juga sebaiknya dihindari, karena akan membuat otot perut kontraksi yang akan meningkatkan tekanan rongga perut, dapat menyebabkan terbentuknya ambeien.

Mari jaga kesehatan dengan mencegah terjadinya ambeien, dengan pola makan seimbang, cukup air dan berolah raga, tentu ini membutuhkan kesadaran bahwa KESEHATAN ADALAH KEWAJIBAN kita masing masing. Bukan kewajiban pasangan, orang tua, anak, dokter, Puskesmas bahkan bukan kewajiba BPJS. Mari sambut pemerintahan Indonesia maju dengan bersama sama melakukan gerakan promotive prefentif healthy living menuju Kedaulatan Kesehatan Keluarga menggunakan bahan alam yang melimpah.

 

WA: 08788 2000 782

IG: @herbalmedicineclass

FB: Tanaman Obat Keluarga Sekar Utami

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR