Bungkam Everton 3-0, Manchester City Kukuh di Puncak Klasemen


  • Minggu, 14 Mei 2023 | 23:41
  • | Bola
 Bungkam Everton 3-0, Manchester City Kukuh di Puncak Klasemen Manchester City mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen setelah membungkam Everton 3-0 dalam matchday Liga Inggris ke-36. (Antaranews)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Manchester City mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen setelah membungkam Everton 3-0 dalam matchday Liga Inggris ke-36 di Goodison Park pada Minggu malam WIB. Kemenangan ini membuat The Citizens semakin dekat dengan trofi juara Liga Inggris musim ini.

City membuka keunggulan lewat gol Ilkay Gundogan di babak pertama sebelum Erling Haaland menambah keunggulan mereka beberapa menit kemudian. Gundogan memperbesar keunggulan mereka menjadi tiga gol di bababk kedua.

Hasil ini membuat The Citizens mengoleksi 85 poin, unggul empat poin dari rival terdekat mereka Arsenal dalam perburuan gelar juara liga musim ini.

Sementara itu, Everton belum aman dari ancaman degradasi dan berada di urutan 17 dengan 32 poin dari 36 laga, demikian catatan laman resmi Laga Premier Inggris dikutip Antara.

Meski mendominasi penguasaan bola sejak awal pertandingan, City agak kesulitan membongkar pertahanan solid tuan rumah. Baru pada menit ke-28, City mendapatkan peluang melalui tendangan Riyad Mahrez dari skema sepak pojok, tetapi arah bola masih melambung di atas gawang Jordan Pickford.

City kembali mengancam lewat pada menit ke-35 lewat sepakan jarak jauh Rodri, tetapi bola berhasil diamankan Pickford.

Tim tamu akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-37 berkat gol Gundogan. Umpan silang Mahrez dari sisi kanan berhasil dikontrol Gundogan di kotak penalti sebelum berbalik menendang bola ke sudut kiri gawang tanpa bisa dihalau Pickford. Skor menjadi 1-0.

Dua menit berselang, Haaland menambah keunggulan City. Gundogan memberikan umpan silang dari sisi kiri yang disundul penyerang jangkung itu di kotak penalti menjadi gol. Kedudukan menjadi 2-0.

City berhasil menambah gol ketiga di babak kedua atau menit ke-51. Phil Foden dilanggar James Garner di depan kotak penalti, Gundogan yang maju sebagai eksekutor sukses membobol gawang Pickford dengan tendangan bebasnya.

Everton memiliki beberapa peluang untuk memperkecil ketertinggalan, tetapi upaya mereka belum membuahkan hasil hingga pertandingan selesai.

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Manchester City sebelum menghadapi Real Madrid di pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Etihad Stadium pada Kamis (18/5)

Susunan pemain:

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford, Nathan Patterson, Yerry Mina, James Tarkowski, Mason Holgate (Conor Coady 56'), James Garner (Demarai Gray 76'), Idrissa Gueye (Amadou Mvom Onana 56'), Alex Iwobi, Abdoulaye Doucoure, Dwight McNeil, Dominic Calvert-Lewin (Neal Maupay 46').

Manchester City (4-2-3-1): Ederson, Aymeric Laporte, Manuel Akanji, Ruben Dias (Sergio Gomez 90+1'), Kyle Walker, Ilkay Guendogan (Bernardo Silva 78'), Rodri (Kalvin Phillips 88'), Phil Foden, Julian Alvarez, Riyad Mahrez, Erling Haaland (Jack Grealish 78').

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Bola Terbaru