Biro Umum dan PBJ, Sekretariat Jenderal, KKP Akan Luncurkan One Click Service Akhir November 2023


  • Jumat, 03 November 2023 | 10:17
  • | News
 Biro Umum dan PBJ, Sekretariat Jenderal, KKP Akan Luncurkan One Click Service Akhir November 2023 Aplikasi One Click Service. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Biro Umum dan PBJ Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan Forum Komunikasi Publik (FKP) dengan tema “Integrasi Layanan melalui One Click Service” di Gedung Mina Bahari IV lantai 15 (31/10/2023). FKP ini dibuka oleh Kepala Biro Umum dan PBJ KKP dan dihadiri oleh perwakilan seluruh eselon I di KKP, Kepala KPKNL Jakarta II, Kepala Balai Diklat Aparatur Sukamandi KKP, serta mitra kerja sama di sekitar kantor KKP seperti Lurah Gambir dan Puskesmas Kecamatan Gambir.

Achmad Al Farisi, S.E., M.A.B., Kabag Rumah Tangga dan Perlengkapan KKP, menjelaskan bahwa aplikasi One Click Service akan diluncurkan pada akhir November 2023 ini. “Integrasi Layanan pada Biro Umum dan PBJ melalui One Click Service ini merupakan Layanan terintegrasi dengan 1 (satu) nomor pelanggan (call center) dan 1 (satu) operator/admin untuk semua layanan sehingga lebih efisien dalam penggunaan anggaran, SDM serta mudah diakses oleh pengguna layanan” jelasnya.

Dasar hukum dari pembuatan One Click Service ini adalah Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, dan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2021 tentang Road Map Reformasi Birokrasi KKP Tahun 2020 – 2024 tentang penerapan SPBE terintegrasi dan transformasi pelayanan publik berbasis elektronik (e-service).

Integrasi Layanan

Aplikasi Halo-BUPBJ.com menyediakan portal yang terhubung ke semua jenis layanan yang menjadi tanggung jawab Biro Umum dan PBJ meliputi layanan bus jemputan pegawai, klinik pratama KKP, Taman Anak Sejahtera (TAS), ruang rapat, layanan kebersihan, keamanan, pengelolaan gedung serta sarana penggunaan ruang olahraga.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengaduan yang bermanfaat untuk menerima feedback dari pengguna layanan sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan layanan dan juga telah terintegrasi dengan Collaboration Office pada portal.kkp.go.id.

Menurut Faris, melalui aksi perubahan integrasi layanan melalui One Click Services ini, dapat terwujud peningkatan layanan pada Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa sehingga tercipta sistem atau proses bisnis yang memudahkan pengguna layanan baik dalam mengakses layanan ataupun menyampaikan aduan, pertanyaan, kritik dan saran, serta mewujudkan sinergi antara penyelenggara layanan dan pengguna layanan. (IP)

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru