ARAH DESA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Zerobank Design Factory Tawarkan Sistem Perbankan Full-Cloud

Rabu , 30 November 2022 | 15:24
Zerobank Design Factory Tawarkan Sistem Perbankan Full-Cloud
Google Cloud adalah merek dagang Google LLC. (Foto: Iistimewa)

TOKYO, ARAHKITA.COM  -  Zerobank Design Factory Co.,Ltd. (ZDF), anak perusahaan Fukuoka Financial Group kini menawarkan sistem perbankan full-cloud. Sistem ini dibangun berdasarkan sistem inti yang dikembangkan oleh ZDF dan Accenture untuk Minna Bank.

ZDF menyediakan sistem ini untuk lembaga keuangan domestik dan luar negeri, serta bisnis non-keuangan yang ingin memperkenalkan layanan perbankan baru. Dengan mempromosikan transformasi digital dalam industri keuangan global, ZDF bermaksud mewujudkan misinya untuk 'Memberikan koneksi yang berharga kepada semua orang'.

Dalam rilis yang diterima media ini dijelaskan bahwa sistem ini akan memungkinkan bisnis untuk membangun sistem perbankan dari awal di cloud dan memungkinkan mereka untuk memperluas layanan keuangan yang dioptimalkan untuk setiap pelanggan. Semua layanan dapat dilakukan di ponsel pintar melalui user interface intuitif yang membuat pembukaan rekening, pembuatan deposit, transfer uang, dan pengajuan pinjaman menjadi mudah. Selain itu, sistem ini menyertakan mesin analitik yang memungkinkan operator  memvisualisasikan proses akun seperti setoran dan penarikan, bunga akrual, dan biaya untuk membuat personalisasi penawaran yang lebih baik untuk setiap pelanggan. Layanan digital yang inovatif dan pengalaman pelanggan baru ini akan meningkatkan nilai perusahaan.

Fitur Teknis

Arsitektur sistem ini dapat memastikan skalabilitas, toleransi kesalahan, dan fleksibilitas dengan menggunakan public cloud. Aplikasi yang dibangun di atasnya dapat dikembangkan secara fleksibel karena desainnya memakai perpaduan yang fleksibel antara layanan mikro dan arsitektur API. Untuk penggunaan yang lancar, terdapat juga aset terkait untuk pengembangan dan operasi yang efisien, termasuk manajemen pipeline dan aset. Selain itu, platform BaaS, sistem integrasi API yang memenuhi standar keamanan internasional FAPI, memungkinkan integrasi yang mudah dengan penyedia API dan mitra bisnis yang tertarik untuk membuat layanan baru. Inisiatif pengembangan sistem ini memenangkan grand prize di Japan Financial Innovation Award 2020.

Kenichi Nagayoshi, Presiden dan CEO ZDF dan Minna Bank, berkomentar,"Minna Bank yang didirikan pada Mei 2021 sebagai bank digital pertama di Jepang menjadi sangat populer di kalangan generasi melek digital dengan 1 juta unduhan aplikasi dan 400.000 rekening baru pada tahun pertama. Selama periode ini, kami terus bekerja dengan Accenture untuk memperluas pengetahuan kami tentang sistem, fungsi, dan desain yang dibutuhkan oleh bank digital dan untuk memperbarui teknologi kami sesuai kebutuhan. Kami yakin bahwa sistem full-cloud ini adalah solusi bagi berbagai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang ingin memasuki bisnis perbankan. Dengan berbagi pengalaman sukses kami dengan nasabah di berbagai industri, kami berharap kami dapat berkontribusi pada pengembangan perbankan digital di Jepang dan luar negeri.”

ZDF adalah perusahaan pengembangan sistem yang membangun sistem inti Minna Bank dan pengembang pertama di Jepang yang membangun sistem perbankan inti di public cloud. ZDF adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fukuoka Financial Group.

Sementara Minna Bank, Ltd. adalah bank digital pertama di Jepang yang mulai beroperasi secara komersial pada 28 Mei 2021. Minna Bank memiliki arti “bank untuk semua orang” dalam bahasa Jepang. Misi Minna Bank adalah untuk "Memberikan koneksi yang berharga kepada semua orang". Minna Bank berusaha untuk menjadi pionir dalam industri jasa keuangan, menciptakan serta menghubungkan ekosistem termasuk nasabah konsumer dan bisnis serta berbagai komunitas. Minna Bank adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Fukuoka Financial Group.

 

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR