ARAH DESA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Potensi Ekonomi Maritim Indonesia Capai 1,4 Triliun Dolar AS

Rabu , 04 Agustus 2021 | 18:00
Potensi Ekonomi Maritim Indonesia Capai 1,4 Triliun Dolar AS
Guru Besar IPB Prof Dr Rokhmin Dahuri MS pada webinar nasional yang digelar Fakultas Teknis Universitas Hasanuddin (Unhas), Rabu (4/8/2021). (Antaranews)

MAKASSAR, ARAHKITA.COM - Guru Besar IPB Prof Dr Rokhmin Dahuri MS mengatakan potensi ekonomi maritim Indonesia sekitar 1,4 triliun dolar AS per tahun yang tentunya dapat dimanfaatkan secara maksimal di masa mendatang untuk kemakmuran rakyat.

Prof Dr Rokhmin Dahuri pada webinar nasional yang digelar  Fakultas Teknis Universitas Hasanuddin (Unhas), Rabu (4/8/2021), mengatakan dari total potensi yang dimiliki saat ini, baru sekitar 15 persen yang bisa dimanfaatkan.

Ia menjelaskan pemanfaatan sektor ekonomi maritim dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi negara jika sektor tersebut dapat terkelola secara optimal.

"Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi 4.0, maka wilayah laut dapat dijadikan ruang pembangunan yang lebih luas serta menghasilkan komoditas, produk dan jasa kelautan baru," kata Rokhmin.

Dekan FT Unhas Prof Dr Muhammad Arsyad Thaha MT menjelaskan puncak perayaan Dies Natalis FT Unhas akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang. Beberapa rangkaian kegiatan digelar untuk memeriahkan, termasuk webinar hari ini.

"Setidaknya ada enam makna strategis yang bisa diperoleh dari tema webinar kali ini, salah satunya adalah penguatan sumber daya manusia yang inovatif utamanya di Kawasan Timur Indonesia," ujarnya.

"Tidak hanya itu, melalui webinar ini kita harapkan lahir konsep pembangunan yang adaptif dan berkelanjutan," lanjutnya pada webinar bertajuk"Penguatan SDM Teknik dan Inovasi Teknologi untuk Akselerasi Pembangunan Kawasan Timur Berbasis Negara Kepulauan Indonesia (NKI)".

Rektor Unhas Prof Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, dalam sambutanya mengharapkan akan hadir gagasan-gagasan cerdas dan mampu melahirkan serta mengembangkan ekosistem yang terintegrasi.

"FT Unhas memiliki peran yang cukup besar baik dalam segi sumber daya maupun inovasi bagi Unhas. Dengan berbagai karya yang telah dihasilkan, diharapkan dapat terhilirisasi guna membantu peningkatan ekonomi masyarakat berbasis inovasi," katanya.

 

Editor : Farida Denura
KOMENTAR