ARAH DESA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE
Kemendes

Mudik Lebaran Tiba, Yuk Raih Untung di Bisnis Musiman Ini

Rabu , 15 Mei 2019 | 15:03
Mudik Lebaran Tiba, Yuk Raih Untung di Bisnis Musiman Ini
Bisnis sewa mobil sangat menjanjikan dan sangat potensial ketika musim mudik lebaran tiba. (OTOMart.id)

MUDIK adalah sebuah tradisi yang sangat kental di masyarakat kita. Bahkan tradisi mudik ini hanya ada di negara Indonesia saja.

Mudik adalah ketika banyak masyarakat berbondong–bondong pulang ke kampung atau desa tempat tinggalnya masing–masing pada saat libur lebaran telah tiba. Biasanya ketika musim mudik lebaran ini, kota–kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya yang biasanya padat keramaian menjadi sepi dan lengang.

Nah, ketika msyarakat berbondong mudik Anda bisa jalankan usaha musiman ini sebagai ladang bisnis baru untuk Anda. Apa saja peluang bisnis yang bisa Anda kerjakan ketika musim mudik lebaran ini datang, simak ulasan dari laman maxmanroe.com di bawah ini.

1. Bisnis Jasa Sewa Mobil Mudik Lebaran
Bisnis ini sangat menjanjikan dan sangat potensial ketika musim mudik lebaran tiba. Banyaknya pemudik dengan layanan transportasi yang terbilang tidak memuaskan dan kadang sulit didapatkan, menjadikan potensi dalam bisnis rental mobil ini sangat menggiurkan.

Untuk sewa mudik lebaran, biasanya tidak hanya satu atau dua hari namun sering sepekan atau mingguan. Jika harga persewaan mobil perkiraan 1 juta sampai 5 juta (tergantung jenis mobil) per hari dan itu bisa naik berkali lipat ketika semakin dekat dengan hari H, maka bisnis ini menjadi sangat menggiurkan.

Untuk bisnis seperti ini, sedikit membutuhkan dana yang lebih besar karena tentunya membutuhkan armada mobil yang tidak sedikit. Sedikit saran jika memang ingin membuka bisnis ini, maka kerjakan dengan partner untuk meringankan modal usaha.                           

2. Bisnis Jasa Sewa Sopir
Usaha bisnis ini masih berkaitan erat dengan bisni sewa mobil, ada yang memang sepaket dengan rental mobil, namun ada juga yang berdiri sendiri. Jika Anda memiliki kemampuan mengendari mobil, namun belum punya cukup modal untuk membuka usaha rental mobil, maka membuka jasa sewa sopir merupakan pilihan yang bijaksana.

Namun perlu juga Anda ketahui bahwasannya tidak harus Anda sendiri juga yang menjalankannya, Anda bisa mengkoordinir beberapa sopir untuk kemudian Anda carikan konsumen yang membutuhkan di waktu musim mudik lebaran.

Tentu banyak yang akan memanfaatkan jasa sopir saat mudik, karena mereka yang mudik biasanya cenderung lebih mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan panjang. Maka jasa sopir bisa menjadi pilihan dari beberapa masyarakat yang mudik.      

3. Bisnis Jasa Tempat Istirahat
Peluang usaha potensial di musim mudik lebaran adalah penyedia jasa tempat istirahat. Begitu banyaknya pemudik yang melewati jalan raya, tentu mereka juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Nah, jika Anda memiliki tempat atau lokasi di pinggir jalan raya, tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan.

Manfaatkan tempat tersebut sebagai rest area, atau tempat untuk istirahat. Lengkapi tempat tersebut dengan berbagai kebutuhan pemudik, seperti minuman ringan, makanan, toilet atau hal–hal yang berhubungan dengan kendaraan misalnya untuk isi angin pada ban dan lain–lain.

4. Bisnis Jasa Penitipan Hewan Peliharaan
Bagi seorang pecinta binatang tentunya sangat menyayangi binatang piaraannya. Dan sebagian pecinta binatang piaraan, terutama binatang dengan harga selangit pasti akan sangat berat hati untuk meninggalkannya ketika musim mudik lebaran.
Nah, manfaatkan peluang ini dengan membuka jasa perawatan binatang peliharaan. Yang menjadi sangat penting dalam menjalani bisnis ini adalah kepercayaan, artinya Anda harus benar–benar mampu dan dapat dipercaya oleh konsumen. Carilah staf yang memang betul–betul menguasai seluk beluk hewan piaraan baik memandikannya, memberi makan dan lain sebagainya.

5. Bisnis Jasa Penitipan Kendaraan
Hampir sama dengan penitipan hewan piaraan, namun bisnis ini berkait dengan penitipan kendaraan. Banyak yang merasa tidak aman ketika meninggalkan rumah berlama–lama, apa lagi di kota besar. Perasaan takut tentu sangat bisa dipahami, maka dengan keadaan ini tentu bisnis jasa penitipan kendaraan menjadi bisnis yang menjanjikan.
Anda bisa memanfaatkan rumah dan garasi Anda untuk menjalankan bisnis ini, yang paling penting adalah kepercayaan untuk menjamin keamanan bisnis Anda.

6. Bisnis Kuliner Jajanan Khas
Bisnis ini bisa menjadi bisnis yang sangat potensial terutama bagi Anda yang berada di daerah–daerah. Anda bisa membuka #bisnis kuliner khas dari daerah Anda. Banyak anggota keluarga maupun sanak famili yang biasanya membawa oleh–oleh khas daerah untuk di bawa ke kota. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mengais rezeki.

Kemaslah sedemikian rupa untuk membuat jajanan khas daerah Anda menjadi menarik, selain untuk mendapatkan rezeki, itu juga untuk mengangkat daerah Anda agar lebih dikenal.

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR