Binmas Polres Sorsel Rangkul Warga  Gelar Rekonsiliasi Penetapan Ibu Kota Maybrat


  • Selasa, 22 Mei 2018 | 22:42
  • | News
 Binmas Polres Sorsel Rangkul Warga  Gelar Rekonsiliasi Penetapan Ibu Kota Maybrat Binmas Polres Sorsel berhasil merangkul  warga Maybrat menunjang  pelaksanaan rekonsiliasi penetapan ibu kota Kabupaten Maybrat. (Istimewa)

TEMINABUAN , SORSEL , ARAHKITA.COM - Binmas Polres Sorsel berhasil merangkul  warga Maybrat menunjang  pelaksanaan rekonsiliasi penetapan ibu kota Kabupaten Maybrat yang digelar sejak 14 Mei hingga 19  Mei 2018 belum lama ini, di lima  lokasi diwilayah kabupaten Maybrat.

Kegiatan sambang dan tatap muka  yang digelar di lima lokasi di antaranya Distrik Mare,Yukase , Ayamaru, Kumurkek, Sabah Aifat Timur, dan Aitinyo berlangsung dengan aman dan lancar. Hal ini  berkat kesigapan Satuan Binmas Polres Sorong Selatan.

Prosesi pendekatan  ini dilaksanakan dalam rangka mendengarkan dan menerima aspirasi warga Maybrat di lima lokasi sebagai langkah rekonsiliasi untuk menentukan Ibukota Kabupaten Maybrat.

Kasat Binmas Polres Sorong Selatan IPDA Marthinus S Mangiri,S.Sos saat memberikan keterangan  mengatakan kegiatan tersebut  dapat terselengara dengan aman dan damai berkat kerja sama dari kepolisian dengan semua warga Maybrat

Dijelaskannya bahwa dengan menggerakan sejumlah personilnya, pihaknya berhasil menyambangi  dan melakukan tatap muka  serta melakukan  temu sapa senyum salam, kepada  tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat , tokoh pemuda serta  tokoh perempuan di lima titik wilayah  kabupaten Maybrat yang dijadwalkan sosialisasi.

Kasat Binmas menambahkan bahwa Polres Sorong Selatan memiliki kewajiban untuk menjaga situasi  keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap aman dan kondusif menyambut kedatangan  tim rekonsiliasi sosial dan adatDengan kegiatan sambang dan tatap muka ini  pihaknya berupaya meredam hal-hal yang tidak diinginkan sehingga prosesi rekonsiliasi dapat berlangsung  baik secara kekeluargaan.

Menyokong prosesi perdamaian ini suatu metode yang dilakukan Kasat Binmas Polres Sorong Selatan adalah melalui pola pendekatan yang dilaksanakan sesuai dengan motto Polda Papua Barat yaitu melayani dengan hati dan kasih atau yang lebih dikenal dengan  Waaja Keena Kapoka.

“Bentuk pelayanan prima yang  kami terapkan dari Satuan Binmas Polres Sorong Selatan  adalah mendekati ,merangkul dan menggalang seluruh tokoh  masyarakat,tokoh  adat yang  berpengaruh agar dapat bekerjasama menjaga kamtibmas  sehingga, Tim Rekonsiliasi dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam situasi yang aman dan terkendali ,” imbuh Kasat Binmas.

Kegiatan sambang dan tatap muka serta merangkul seluruh tokoh masyarakat Maybrat berjalan sukses dan lancar untuk mendengarkan ungkapan hati orang Maybrat tentang penempatan ibu kota kabupaten Maybrat

Satuan Binmas berupaya mengajak seluruh lapisan mayarakat agar dapatmenjaga kamtibmas selama kegiatan tim rekonsiliasi  sosial dan adat berlangsung IPDA MS Mangiri,S.Sos mengatakan Tim yang dipimpin oleh Drs Otto Ihalauw,MA  mantan Bupati Sorong Selatan di dampingi Herman Saut, Marthinus Salossa, Wolas Krenak ,dan Wali Kota Sorong Drs Ec Lamberthus Jitmau MM ,berhasil mendengar  secara langsung  aspirasi dari  masyarakat dilima lokasi.

Dijelaskanya dalam pertemuan ini  masyarakat menyampaikan aspirasinya di antaranya pernyataan  mendukung penempatan ibu kota Maybrat di Kumurkek dan pernyataan yang ingin tetap di Ayamaru.

Perlu diketahui juga bahwa Ibukota kabupaten Maybrat pada saat terbentuk beribukota di Kumurkek berdasarkan UU No 13 Tahun 2009 Pasal 7.tentang Pembentukan Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat.

Kegiatan ini berjalan aman dan lancar  semua aspirasi yang disampaikan kepada Tim Rekonsiliasi secara  keseluruhanya akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dikaji lebih lanjut,”ungkap Mangiri,S.Sos

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru