Ini Alasan AS-Tiongkok Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan


 Ini Alasan AS-Tiongkok Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Presiden Donald Trump dan Xi Jinping. (ABC)

WASHINGTON, ARAHKITA.COM - Amerika Serikat dan Tiongkok sepakat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi defisit perdagangan barang-barang AS, menurut pernyataan bersama kedua negara yang dikeluarkan pada Sabtu (20/5/2018).

Defisit perdagangan AS akan berupaya diturunkan dengan membuat Tiongkok membeli lebih banyak produk-produk Amerika.

"Ada kesepakatan soal mengambil langkah-langkah efektif guna benar-benar menurunkan defisit perdagangan barang-barang Amerika Serikat dengan Tiongkok. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi yang meningkat pada masyarakat Tiongkok dan pentingnya pembangunan ekonomi berkualitas tinggi, Tiongkok akan secara signifikan meningkatkan pembelian barang dan jasa Amerika Serikat,"bunyi pernyataan bersama itu.

Pernyataan itu mengakhiri pembicaraan pada Kamis dan Jumat antara kedua negara, yang juga diikuti oleh sejumlah anggota menteri kabinet AS serta Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He sebagaimana dilansir Antara dari Reuters.

Presiden Donald Trump membuat pengurangan defisit perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok sebagai salah satu janji utamanya saat kampanye.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa Tiongkok akan "mengupayakan perubahan-perubahan relevan pada undang-undang dan peraturannya" guna memungkinkan negara itu mengimpor lebih banyak dari Amerika, termasuk perubahan dalam hal undang-undang hak cipta.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Internasional Terbaru