ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | SCHOLAE

Update News

Rp58 Miliar, Inilah Gratifikasi yang Telah Dikembalikan Jokowi ke KPK

Selasa , 13 Maret 2018 | 07:05
Rp58 Miliar, Inilah Gratifikasi yang Telah Dikembalikan Jokowi ke KPK
Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprabdiono. (Nusantara News)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beri apresiasi setinggi-tingginya untuk Presiden Joko Widodo atas sikapnya untuk mengembalikan pemberian yang dikategorikan gratifikasi itu.

Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprabdiono mengatakan, langkah Joko Widodo yang rajin kembalikan pemberian itu bisa menjadi contoh bagi pejabat lainnya soal pelaporan gratifikasi.

"Presiden pun juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai pelapor gratifikasi dengan nilai terbesar pada akhir tahun kemarin saat Hari Anti-Korupsi Dunia," kata Giri, Senin (12/3/2018).

Joko Widodo telah laporkan barang-barang pemberian lainnya kepada KPK dalam kurun waktu dari 2017 hingga sekarang. Menurut Giri, terdapat sebanyak enam box barang pemberian kepada Jokowi dengan nilai sekitar Rp58 miliar.

"Barang-barangnya cukup banyak, yang bisa sampaikan adalah ada sekitar enam box yang lumayan besar juga. Cuma memang ada permintaan agar pemberi dll untuk tidak dipublikasikan. Namun demikian nilai bisa saya sampaikan sekitar Rp58 miliar," kata Giri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokow) peroleh dua ekor kuda pemberian masyarakat Sumba. Kuda ini telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kuda ini pun dititipkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Editor : Farida Denura
KOMENTAR