Lapis Legit dengan Aroma Khas Spekuk yang Menggoda


 Lapis Legit dengan Aroma Khas Spekuk yang Menggoda Lapis Legit (Pinterest)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Anda pasti sudah mengenal Lapis Legit yang banyak dijual di pasaran. Kue lapis ini banyak dijual dalam bentuk kemasan kedap udara yang siap santap.

Berbagai merk menjamin bahwa rasanya lezat dan juga awet disimpan. Lapis legit ini terkenal karena wangi khas spekuk dan juga lapisan adonan berwarna kuning dan coklat yang berlapis-lapis sehingga cantik untuk dilihat.

Meskipun banyak beredar di pasaran dan terlihat rumit untuk dibuat, ada cara yang cukup sederhana untuk membuat Lapis Legit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak sukar untuk didapat.

Anda membutuhkan ketelatenan dalam membuat lapisan-lapisan ketika memanggang, agar hasilnya baik. Kami sajikan resepnya di bawah ini, seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan-bahan

  • 20 kuning telur
  • 250 g gula pasir
  • ½ sdt vanilli bubuk
  • 1 sdm bumbu spekuk
  • 75 g tepung tergiu
  • 500 g mentega, kocok
  • 3 sdm susu kental manis

Cara membuat

  1. Panaskan oven pada suhu 200ºC. Siapkan loyang ukuran 20x20x8 cm olesi mentega dan beri alas kertas roti.
  2. Kocok kuning telur, gula dan vanilli sampai naik.
  3. Masukkan bumbu spekuk dan terigu, kocok rata.
  4. Masukkan mentega kocok dan susu kental manis, aduk rata kembali.
  5. Tuang merata 3-4 sdm adonan ke dalam loyang, panggang selama 5 menit sampai kuning. Olesi mentega kocok lalu tekan-tekan lapisan yang sudah matang.
  6. Tuang 3-4 sdm lapisan berikutnya, panggang lagi dan lakukan hal yang sama sampai adonan habis dan berlapis, angkat, setelah dingin keluarkan dari loyang lalu potong persegi.
  7. Sajikan.

 Lapis legit memiliki tekstur yang padat, oleh karena itu perlu dilakukan penekanan lapisan. Memanggang lapis legit umumnya dengan suhu yang tinggi selama 5 menit saja untuk setiap lapisnya (hingga bagian atas mulai berwarna kecoklatan). Pastikan lapisan matang sebelum melapisi dengan adonan kembali.

Tekan-tekan lapisan yang sudah matang dengan menggunakan spatula khusus yang sudah diolesi dengan butter atau mentega agar lapisan tetep lembut. Meskipun membutuhkan kesabaran tinggi namun Anda pasti dapat membuatnya dengan beberapa langkah di atas. Selamat mencoba!


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Kuliner Terbaru