Ini Penyebab Terbaliknya Speedboat di Tanjung Selor Menurut Basarnas

Selasa , 02 Januari 2018 | 03:05
Ini Penyebab Terbaliknya Speedboat di Tanjung Selor Menurut Basarnas
Kecelakaan speedboat di Tanjung Selor, Kalimantan Utara

BULUNGAN,  Badan SAR Nasional (Basarnas) mendapatkan informasi dari warga di sekitar lokasi kejadian bahwa kapal cepat (speedboat) Anugrah Express terbalik setelah menabrak batang kayu yang terapung di sungai.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kaltim-Kaltara, Gusti Anwar Mulyadi di Balikpapan, Senin (1/1/2018) menyatakan bahwa informasi yang dihimpun Pos SAR Tarakan yang langsung terjun melakukan evakuasi di lokasi kejadian bahwa penyebab speedboat terbalik akibat menabrak batang kayu.

"Kejadiannya, ketika speedboat yang mengangkut penumpang sebanyak 43 orang dalam manifes itu baru berangkat dari Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor dengan tujuan Pelabuhan Tengkayu Kota Tarakan," ujarnya.

Menurut keterangan warga yang menyaksikan langsung kejadian itu, pada 08.15 wita dekat dari Lapangan Futsal Sabanar Lama Tanjung Selor tiba-tiba menabrak batang kayu.

Benturan keras itu menyebabkan penumpang panik sehingga speedboat oleng ke kanan sehingga dalam posisi miring sehingga kemasukan air dan langsung terbalik.

Gusti Anwar menyebutkan bahwa data sementara setelah dilakukan pencarian dan evakuasi penumpang hingga pukul 14.15 wita jumlah penumpang selamat sebanyak 28 orang termasuk seorang tidak terdaftar di manifes bernama Fadliansyah, lima meninggal dunia.

Kemudian, 15 penumpang lainnya ditambah lima anak-anak masih dilakukan pencarian oleh tim SAR dibantuk masyarakat menggunakan rubber set, perahu bermesin dan speedboat berbagai jenis.

Tags :

KOMENTAR