Cegah Aksi Kriminal, Polisi Gelar Operasi Kejahatan Jalanan di Jakarta Utara


 Cegah Aksi Kriminal, Polisi Gelar Operasi Kejahatan Jalanan di Jakarta Utara Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Polisi Gidion Arif Setyawan saat apel Operasi Kejahatan Jalanan di Ramp Barat Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Sabtu (25/5/2034) malam. (Antaranews)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Kepolisian Metro Jakarta Utara menggelar Operasi Kejahatan Jalanan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya aksi kriminal di wilayah utara Jakarta tersebut.

"Saya mengajak kita semua untuk mengecas kembali, nyalakan lagi semangatnya guna menekan gangguan kriminal,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Polisi Gidion Arif Setyawan saat apel Operasi Kejahatan Jalanan di Ramp Barat Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Sabtu (25/5/2034) malam.

Ia mengatakan ada beberapa tindak kriminal terjadi di wilayah hukum Jakarta Utara, bahkan ada kasus viral dan pelaku merupakan warga Tanjung Priok.

“Kita tahu beberapa hari lalu terjadi begal di Cilincing dan ada pula begal yang menimpa korban seorang casis bintara Polri. Ternyata pelakunya dari Tanjung Priok,” kata dia.

Selain itu, juga terjadi aksi pembacokan yang mengakibatkan korban meninggal di Cilincing.

Gidion mengatakan, setiap tindak kriminal pasti dapat diungkap jika ada langkah tegas dari anggota Kepolisian yang merupakan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Terlalu naif kita kalau tidak bisa mengungkap kasus pembunuhan yang disebabkan oleh aksi tawuran, Polres jangan diam saja,” kata dia dikutip Antara.

Alumni Akademi Kepolisian 1996 itu menyatakan tidak ada tempat bagi para pelaku tindak kriminal di wilayah Jakarta Utara. “Tidak ada sejengkal tanah pun bagi para pelaku kriminal di Jakarta Utara,” kata dia.

Ia berharap setiap tugas yang dijalankan bersama dapat berdampak hingga terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat. "Semua perjuangan kita tidak sia-sia dan pasti ada manfaatnya," kata dia.

Kegiatan apel tersebut dihadiri jajaran Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Metro Jakarta Utara, Polsek, Kodim 0502/JU, Suku Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Pokdar Kamtibmas serta masyarakat setempat.

Patroli Masuk Gang

Kombes Pol Gidion menyatakan akan menggiatkan patroli masuk gang sebagai upaya dalam mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan di daerah setempat.

"Kami minta ke seluruh Polsek dan seluruh personel agar serius dalam menjalankan program patroli ke wilayah dan benar-benar bekerja dalam menjalankan tugas," kata Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Ia mengatakan dalam menjalankan aktifitas patroli tidak dilakukan secara normatif atau menjalankan tugas saja tapi juga bekerja keras dan turun untuk mengantisipasi aksi kejahatan.

"Patroli tidak hanya jalan tapi berhenti menyapa dan mendapati orang-orang yang berpotensi melakukan aksi kejahatan sehingga dapat dilakukan aksi pencegahan," kata dia.

Ia menegaskan jangan berikan sejengkal tanah pun di Jakarta Utara untuk oknum melakukan aksi kejahatan.

Bagi yang piket, katanya agar berupaya selama dirinya piket tidak terjadi aksi kejahatan. Atau Bhabinkamtibmas yang bertugas bagaimana agar tidak terjadi aksi kejahatan di wilayah mereka bertugas.

"Rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas untuk mencegah aksi kejahatan perlu kita perkuat terus agar semangat ini terus membara," kata dia

Ia mengatakan mulai malam ini Operasi Kejahatan Jalanan telah dilaksanakan bersama untuk melakukan patroli presisi.

"Patroli ini digiatkan oleh seluruh Polsek sehingga masyarakat merasakan kehadiran petugas di lapangan dan mampu memberikan solusi atas persoalan masyarakat," kata dia.

 

Ia mengakui jumlah petugas tidak memenuhi kebutuhan dan pihaknya merangkul masyarakat dalam meningkatkan pengamanan mulai dari Pokdar Kamtibmas, dan lainnya yang terus membantu kepolisian.

"Kami memiliki keterbatasan dan di sini ada masyarakat yang membantu mencegah aksi kejahatan," kata dia.

 

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Hukum & Kriminalitas Terbaru